Pengertian Ostracoda dan Morfologinya

Img: Ostracodaiceland
PENGERTIAN
Ostracoda merupakan seklompok binatang yang berukuran kecil dan hidup di air, baik air laut maupun air tawar.

Karena ukurannya kecil, maka untuk mengadakan penelitian harus menggunakan mikroskop. Dengan demikian maka fosil ostracoda termasuk dalam fosil micro dan studi tentang fosil ostracoda merupakan bagian dari ilmu micropaleontologi.

Dibandingkan dengan fosil foraminifera, plankton, fosil-fosil ostracoda mempunyai ukuran yang relatif lebih besar.

Ostracoda telah muncul sejak zaman Kambrium dan masih ada yang hidup sampai sekarang.

Penyelidikan-penyelidikan yang pernah dilakukan menunjukan bahwasanya banyak spesies ostracoda yang mempunyai umur pendek sehingga dapat dipakai untuk menentukan umur suatu lapisan batuan.

Selain dari  itu ternyata banyak pula ostracoda yang hanya dapat hidup pada lingkungan tertentu sehingga baik dipakai untuk indikator lingkungan pengendapan.

Oleh karenanya fosil-fosil ostracoda mempunyai arti yang penting untuk stratigrafi, bahkan dalam kepentingan korelasi golongan ini menduduki tempat kedua setelah foraminifera.

Ostracoda termasuk binatang pemakan bangkai (scavenger) dan cara hidupnya dapat bermacam-macam.

Ada yang hidup  dengan cara menggali dasar sekungan, merayap pada permukaan sedimen, melekat pada tumbuh-tumbuhan air dan ada pula yang berenang. Masing-masing dicirikan oleh morfologi yang berbeda.

Binatangnya mempunyai dua buah cangkang (bivalve), dimana kedua cangkang ini menutupi bagian lunaknya yang terdapat di dalam.

Cangkang ostracoda disebut carapace, umumnya mempunyai ukuran berkisar antara 0,5 sampai 4 milimeter meskipun beberapa jenis ada yang mempunyai ukuran lebih besar.


SUMBER:

Sartono. 1980. Buku Petunjuk Praktek Paleontologi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

iklan tengah