Lapisan-Lapisan Atmosfer


KOMPETENSI DASAR
3.6 Menganalisis dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
Peserta didik dapat merinci (C4) fungsi masing-masing lapisan atmosfer
4.6 Menyajikan proses dinamika atmosfer menggunakan peta, bagan, gambar, tabel, grafik, video, dan/atau animasi.
Peserta didik dapat melengkapi (P3) gambar lapisan-lapisan atmsofer dengan benar.


MATERI
Troposfer adalah lapisan terbawah atmosfer, yaitu pada ketinggian (0-18 km). Pada lapisan ini terjadi peristiwa cuaca dan iklim. Selain itu 80% dari seluruh massa gas yang terkandung dalam atmosfer terdapat pada lapisan ini.


Lapisan stratosfer terletak pada ketinggian 18-49 km dari permukaan bumi. Pada lapisan ini suhu bertambah tinggi seiring dengan kenaikan ketinggian. Kenaikan suhu mulai terhenti pada puncak stratosfer  (lapisan stratopause) sekitar 0°C.


Mesosfer terletak pada ketinggian 49-82 km dari permukaan bumi. Lapisan ini merupakan lapisan pelindung bumi dari jatuhan meteor atau benda-benda angkasa luar lainnya. Lapisan ini ditandai dengan penurunan suhu udara rata-rata 0,4°C per seratus meter. Temperatur terendah mesosfer adalah -81°C.


Termosfer terletak pada ketinggian 82-800 km dari permukaan bumi. Lapisan ini disebut lapisan ionosfer karena merupakan tempat terjadinya ionisasi partikel-partikel yang dapat memberikan efek pada perambatan/refleksi gelombang radio, baik gelombang panjang maupun gelombang pendek.


Eksosfer terletak pada ketinggian 800-1000 km dari permukaan bumi. Pada lapisan ini terjadi gerakan atom-atom secara tidak beraturan. Lapisan ini merupakan yang terpanas dan molekul udara dapat meninggalkan atmosfer sampai ketinggian 3.150 km dari permukaan bumi.





TUGAS
Jelaskan fungsi masing-masing lapisan atmosfer dibawah ini!

Lengkapilah diagram atmosfer di bawah ini:



iklan tengah