AIR PERMUKAAN

Img: Wanderwisdom
Investigasi air permukaan memerlukan evaluasi besarnya debit aliran (sungai). Dengan kata lain, ketersediaan air (permukaan) dengan segala variasi atau fluktuasi besarnya air permukaan tersebut seiring perubahan musim. Dalam investigasi air permukaan ada dua hal yang perlu dipertimbangkan (Asdak, 2010:150), yaitu:


Pertama,
Cara pengukuran kecepatan aliran air (sungai) untuk keseluruhan penampang melintang salah satu bagian sungai yang selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk menetukan besarnya volume air permukaan dalam kaitannya dengan tinggi muka air sungai. 

Cara menetukan besarnya volume air permukaan ini bersifat menyita banyak waktu karena perhitungan harus didasarkan pada pengukuran besarnya kecepatan aliran air pada tinggi muka air yang berbeda-beda (Asdak, 2010:150).

Namun demikian, apabila data besarnya kecepatan aliran untuk ketinggian yang berbeda dan data tinggi muka air sungai pada satu bagian sungai telah dapat dikumpulkan dalam jumlah banyak (tahunan, mingguan), maka dapat dibuat persamaan kurva hubungan debit aliran dan tinggi muka air sungai atau dikenal dengan istilah stage-discharge rating curve. 

Apabila kurva hubungan debit-ketinggian muka air telah diketahui, maka untuk mengetahui besarnya debit suatu sungai cukup dengan menngukur tinggi muka air sungai di tempat dimana persamaan kurva hubungan tersebut dihasilkan (Asdak, 2010:150).

Kedua,
Memepertimbangkan bahwa sering terjadi perubahan bentuk penampang melintang pada suatu bagian sungai dan adanya ketidaktelitian dalam mengukur besarnya debit banjir (peak flow), maka tingkat ketelitian bentuk hubungan antara debit aliran dan tinggi permukaan air sungai sering kali kurang akurat dan oleh karenanya perlu pengecekan ulang secara menyeluruh (Asdak, 2010:150).

Berikut ini akan diuraikan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan masalah pengertian dan macam-macam air permukaan, cara menentukan besarnya air permukaan (prakiraan dan pengukuran langsung) dan faktor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya air permukaan.







iklan tengah