Interpretasi Jaringan Jalan Dari Citra

Img: Eventzero
Jaringan jalan mempengaruhi bentuk lahan dan merupakan prasarana transportasi daratan, maka perbincangan mengenai interpretasi jaringan jalan akan dibahas mengenai model jaringan trasnportasi, identifikasi jaringan jalan, dan pemetaan jaringan jalan.

MODEL JARINGAN TRANSPORTASI
Transportasi mempunyai kaitan erat dan hubungan timbal balik dengan perkembangan wilayah.

Tranportasi dapat mamacu perkembangan wilayah, sebaliknya perkembangan wilayah dapat membangkitkan transportasi.

Suatu wilayah tidak akan berkembang tanpa didukung dengan adanya transportasi, sehingga tranportasi dapat berperan sebagai agent of development suatu wilayah.

Transportasi merupakan salah satu utilitas vital untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Studi sosial ekonomi transportasi sama pentingnya dengan studi teknis-mekanis transportasi.

Transportasi sebagai suatu sistem sangat dipengaruhi oleh struktur sosial, ekonomi, dan politik suatu wilayah.

Transportasi merupakan salah satu bentuk interaksi keruangan (spasial). Intraksi terjadi karena adanya variasi spasial seperti perbedaan kondisi fisik daerah, adanya variasi kegiatan sosial ekonomi, demografis dan sebagainya. 

Oelh karena itu, transportasi masuk dalam disiplin ilmu geografi. Geografi transportasi termasuk dalam disiplin ilmu geografi manusia, yang mencakup tiga konsep dasar yang saling terkait satu sama lain, yaitu (Purwadhi, 2000):

1) Konsep organisasi dan analisis spasial.
2) Konsep ekonomi ddalam geografi transportasi.
3) Kemungkinan pengembangan konsep transportasi.


SUMBER

Purwadhi, Sri Handiyanti dan Tjaturahono Budi Sanjoto. 2008. Pengantar Interpretasi Citra Penginderaan Jauh. Semarang: Pusat Data Penginderaan Jauh LAPAN dan Jurusan Geografi FIS UNNES.

iklan tengah