Unsur Hara Mikro dalam Tanah

Img: Pengertian-definisi
Tujuh dari 16 unsur hara esensiil tanaman dikatan sebagai unsur hara mikro adalah : boron, tembaga, klor, besi, mangan, molibdenum dan seng.

Ketujuh unsur hara mikro tersebut mempunyai fungsi yang penting seperti halnya unsur hara makro dan unsur hara sekunder, akan tetapi unsur hara mikro dibutuhkan tidak sebanyak unsur hara makro maupun unsur hara sekunder.

Kekurangan unsur hara mikro di dalam tanah juga dapat membatasi pertumbuhan tanaman, walaupun semua unsur hara lainnya tersedia dengan cukup

Kebutuhan tanaman akan unsur hara mikro telah diketahui cukup lama. Akan tetapi penggunaan secara luas unsur hara mikro dalam pupuk baru dilakukan akhir-akhir ini.

Berikut adalah beberapa faktor mengapa unsur hara mikro penting pada akhri-akhri ini.

1. Hasil tanaman
Peningkatan hasil tanaman per satuan tanah berarti akan mengangkut atau menghilangkan unsur hara mikro yang ada di dalam tanah juga tinggi, sehingga makin lama tanah sudah tidak sanggup lagi untuk menyediakan dari proses pelapukan mineral untuk mencukupi kebutuhan tanaman.

2. Praktek pemupukan yang telah dilakukan
Apabila hasil tanaman dan pemberian pupuk NPK tidak setinggi pada saat ini, biasanya satu dari ketiga unsur hara makro tersebut yang menjadi faktor pembatas pertumbuhan tanaman.

3. Teknologi pupuk
Teknologi pembuatan pupuk saat ini sangat pesat atau bahan produksi-produksi pupuk saat ini mempunyai kemurnian tinggi atau bahan pengotor yang ada menjadi sangat sedikit. Sehingga unsur hara miro yang selama ini sebagai pengotor atau bahan ikutan yang diberikan bersama-sama pupuk menjadi sangat sedikit.


SUMBER:

Winarso, Sugeng. 2005. Kesuburan Tanah: Dasar-Dasar Kesehatan dan Kualitas Tanah. Yogyakarta: Gava Media.

iklan tengah