Pengertian Debit Aliran dan Pengukurannya

Img: Tempo
PENGERTIAN
Data debit atau aliran sungai merupakan informasi yang paling penting bagi pengelola sumber daya air.

Debit puncak (banjir) diperlukan untuk merancang bangunan pengendali banjir. Sementara data debit aliran kecil diperlukan untuk perencanaan alokasi (pemanfaatan) air untuk berbagai macam keperluan, terutama pada musim kemarau panjang.

Debit aliran rata-rata tahunan dapat memberikan gambaran potensi sumebr daya air yang dapat dimanfaatkan dari suatu daerah aliran sungai.

Debit aliran adalah laju aliran air (dalam bentuk volume air) yang melewati suatu penampang per satuan waktu. Dalam sistem satuan SI besarnya debit dinyatakan satuan meter kubik per detik (m3/dt).

Dalam laporan-laporan teknis, debit aliran biasanya ditunjukkan dalam bentuk hidrograf aliran. Hidrografi aliran adalah suatu perilaku debit sebagai respons adanya perubahan karakteristik biogeofisik yang berlangsung dalam suatu DAS (oleh adanya kegiatan pengelolaan DAS) dan/atau adanya perubahan (fluktuasi musiman atau tahunan) iklim lokal.

Berikut ini adakan dikemukakan cara pengukuran debit, alat atau bangunan yang digunakan untuk mengukur besarnya debit serta metoda rakiraan besarnya debit berdasarkan persamaan-persamaan empiris.

Cara pengukuran debit aliran akan dibedakan menjadi dua, yaitu pengukuran debit untuk sungai-sungai yang berukuran kecil hingga sedang dan untuk sungai-sungai besar yang banyak dijumpai di pulau-pulau diluar Jawa.

PENGUKURAN DEBIT
Teknik pengukuran debit aliran langsung di lapangan pada dasarnya dapat dilakukan melalui empat kategori (Gordon et al., 1992):

(1) Pengukuran volume air sungai.

(2) Pengukruan debit dengan cara mengukur kecepatan aliran dan menentukan luas penampang melintang sungai.

(3) Pengukuran debit dengan menggunakan bahan kimia (pewarna) yang dialirkan dalam aliran sungai (substance tracing method).

(4) Pengukuran debit dengan membuat bangunan pengukur debit seperti weir (aliran air lambat)  atau flume (aliran air cepat).

SUMBER:

Asdak, Chay. 2010. Hidrologi  dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Yogyakarta:  Gadjah Mada University Press.

iklan tengah