Unsur-Unsur Kimia di Laut

Img: Travellblog
Unsur-unsur kimia yang terdapat di laut antara lain adalah garam-garam inorganik, gas-gas yang terlarut dalam dan senyawa-senyawa organik.

Garam-garam inorganik tersebut berasal dari hasil erosi batu-batuan yang terjadi di daratan yang kemudian oleh sungai diangkut ke laut. Proses ini telah berlangsung semenjak terjadinya laut di permukaan bumi ini.

Senyawa-senyawa lain terutama gas-gas terlarut, berasal dari udara yang merembes masuk ke dalam ari laut. Perembesan gas-gas air laut ini dikenal sebagai proses "difusi".

Selain itu, gas-gas yang terdapat di laut dapat pula berasal dari organisme-organisme yang hidup di laut.

Sedangkan senyawa-senyawa organik yang ada di laut terutama disebabkan oleh pengotoran minyak yang terjadi di laut.

Dengan demikian unsur-unsur kimia yang terdapat di laut selain berasal dari luar juga berasal dari laut itu sendiri. Sehingga kejadian-kejadian tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa laut merupakan penampung dan akibatnya laut menjadi penuh dengan segala jenis senyawa yang kita kenal.

SENYAWA-SENYAWA KIMIA DI LAUT
Menurut pendapat seorang ahli geologi bernama Macintyre, bahwa pada bagian lapisan kulit bumi (mantel bumi) yang terdapat di bawah permukaan laut, selalu mengeluarkan air yang disebut "air juvenil". 

Air juvenil ada air yang sebelumnya belum pernah berbentuk cair. Air juvenil yang dikeluarkan lapisan kulit bumi ini, mengandung unsur-unsur kimia antara lain: Khlor (Cl), Brom (Br), Yf (I), Karbon (C), Boron (B), Nitrogen (N), dan lain-lainya.

Selain itu adanya proses pengikisan batuan yang terjadi di daratan (weathering process) memberikan pula unsur-unsur Natrium (Na), Magnesium (Mg), Kalsium (Ca), dan unsur lainnya ke dalam laut. Dengan demikian mengakibatkan air laut mengandung banyak garam-garam terlarut tidak seperti air tawar.

Dari jumlah 105 elemen kimia yang terdapat di alam, sebanyak 57 elemen di antaranya diketahui terdapat di laut. Elemen-elemen kimia yang ada di laut itu umumnya terdapat dalam bentuk terlarut dan dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu:

(1) Kelompok elemen kimia utama (major elements).
(2) Keleompok elemen kimia tambahan (minor lements).
(3) Kelompok elemen kimia jarang (trace elements).

1. Kelompok Elemen Kimia Utama
Disebut kelompok elemen kimia utama karena elemen kimia ini terdapat di laut dalam kadar yang besar, yaitu terdapat dalam jumlah lebih dari 31,67 miligram elemen dalam 1 liter air laut. Bahkan untuk elemen Khlor (Cl) kadarnya mencapai 21,474 miligram per liter air laut atau 21,5 g/l.

Kelompok elemen kimia utama serta kadarnya dapat dilihat pada tabel dibawah ini.


Nama Elemen Kimia di Laut
Sumber: Raharjo dan Harpasis, 1982
Karena kelompok elemen kimia ini jumlahnya atau kadarnya besar dibandingkan dengan kelompok elemen kimia tambahan, maka kadarnya yang terdapat di laut relatif tetap (konstan) dan pada umumnya kadar elemen kimia utama ini dipakai sebagai baku (standard) untuk menentukan besarnya kadar garam atau salinitas yang ada di laut.

2. Kelompok Elemen Kimia Tambahan
Kelompok elemen kimia tambahan terdapat dalam kadar yang lebih kecil dibadingkan dengan kelompok elemen kimia utama, sehingga elemen-elemen ini dimasukkan kedalam kelompok elemen kimia tambahan atau minor elements.

Kadarnya di laut mempunyai nilai kisaran 5,52 mg sampai 0,079 mg yang terdapat dalam satu liter air laut. Karena kadarnya yang relatif kecil maka kelompok atau jenis elemen kimia ini mudah lenyap dari perairan laut yang disebabkan oleh proses absorbsi atau penyerapan oleh partikel-partikel maupun organisme-organisme yang ada dan hidup di laut.

Berbeda dengan kelompok elemen kimia utama, maka untuk menentukan kadar dari kelompok elemen kimia tambahan yang ada di laut diperlukan contoh air yang banyak. Contoh dari elemen kimia tambahan dan kadarnya yang terdapat di laut dapat dilihat pada tabel dibawah ini.


Nama Elemen Kimia Tambahan di Laut
Sumber: Raharjo dan Harpasis, 1982

SUMBER:

Rahardjo, Sntoso dan Harpasis S. S. 1982. Oseanografi Perikanan. Jakarta:Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.


iklan tengah