Pengertian Gempa Bumi dan Pengamatannya

Img: Nationalgeographic
PENGERTIAN GEMPA BUMI
Gempa bumi merupakan gejala alam yang sangat dikenal di Indonesia karena seringkali terjadi di wilayah ini.

Gempa bumi menurut Santoso (2002:39) didefinisikan sebagai getaran yang bersifat alamiah, terletak pada lokasi tertentu, dan sifatnya tidak berkelanjutan. Oleh manusia, gempa bumi dapat dirasakan secara langsung atau hanya dapat diamati dengan memakai alat tertentu.

Selain disebabkan oleh gempa, getaran di permukaan bumi juga disebabkan oleh gejala lain yang sifatnya lebih halus atau berupa getaran kecil-kecil yang sulit dirasakan manusia.

Getaran kecil tersebut disebabkan oleh lalu-lintas, mobil, kereta api, dan tiupan angin pada pohon atau bangunan tinggi. Semua getaran itu dinamakan mikroseismisitas.

Gejala yang berupa getaran ini hanya dapat direkam atau diukur dengan alat. Adapun contoh rekaman mikroseismitas dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Contoh rekaman mikroseismisitas
Img: Csgrecorder
Pada gambar diatas terlihat getaran itu seakan-akan menerus karena terjadi di permukaan bumi secara silih berganti.

Gempa bumi dapat melahirkan sejumlah bencana, misalnya kerusakan pada berbagai struktur bangunan, longsoran, maupun tsunami.

Selain itu, ada pula gejala alam yang disebut sebagai liquafaction, yaitu peristiwa berubahnya lapisan sedimen lepas (pasir) menjadi bersifat seperti fluida karena adanya getaran yang mengenai endapan tersebut.

Akibatnya sudah dapat dipastikan semua bangunan yang ada di atas permukaan akan runtuh.












iklan tengah