7 Jenis Danau

Danau
Danau adalah suatu tubuh air yang berasal dari curah hujan, sungai, mata air, dan air tanah dalam cekungan yang bentuknya bisa sangat bervariasi. Ada danau yang bersifat tertutup dan ada pula yang terbuka.

Danau tertutup adalah danau yang tidak memiliki alira air keluar. Danau terbuka adalah danau yang airnya dapat mengalir melalui sungai menuju laut. Berdasarkan kejadiannya, danau dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

1. Danau Tektonik
Proses Terjadinya Danau Tektonik
Danau tektonik terbentuk oleh proses-proses tektonik, seperti lipatan, patahan, dan gerakan kulit bumi. Hal ini mengakibatkan bentuk sebagian permukaan bumi menjadi lebih tinggi atau lebih rendah. Di wilayah yang lebih rendah, air akan terkumpul dan menggenang sehingga terbentuklah danau.
Contoh:  Danau Tondano di Sulawesi dan Danau Singkarak di Sumatera





2. Danau Vulkanik
Proses Terbentuknya Danau Vulkanis
Danau vulkanik terbentuk karena proses vulkanis. Ketika gunung berapi meletus, puncak gunung akan terbuka dan menimbulkan depresi vulkanis dalam bentuk cekungan. Dasar cekungan ini tertutup oleh material vulkanik yang tidak tembus air. Akibatnya, ketika hujan turun, air hujan akan tertampung di sana dan membentuk danau vulkanik. Contoh: Danau Batur di Bali dan Danau Kelimutu di Flores.



3. Danau Tekto-vulkanik
Proses terbentuknya danau tekto-vulkanik
Danau tekto-vulkanik adalah danau yang tebentuk dari gabungan proses tektonis dan vulkanis. Contohnya Danau Toba




4. Danau Glasial
Proses terbentuknya danau glasial
Danau glasial adalah danau yang terjadi karena erosi oleh gletser. Danau glasial biasanya terdapat di kaki gunung atau pegunungan bersalju. Contohnya Great Lakes di Amerika Utara.





5. Danau Karst
Danau karst (dolina) adalah danau kecil di daerah batu gamping. Batu gamping mudah larut oleh air sehingga dapat membentuk cekungan. Apabila di dasar dan tebing dolina terdapat bahan yang tidak tembus air,  maka air hujan yang tertampung membentuk dolina. Contohnya dolina di daerah Gunung Kidul.




6. Danau Terbendung
Danau terbendung
Danau terbendung adalah danau yang terbentuk ketika aliran air sungai terbendung oleh bahan-bahan seperti runtuhan gunung, moraine dari gletser, dan aliran lava. Contohnya Danau Air Tawar di Aceh.





7. Danau Buatan
Danau buatan
Danau buatan adalah danau yang sengaja dibuat oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan air.




iklan tengah