Istilah-Istilah Dalam Siklus Hidrologi

Istilah-istilah dalam siklus hidrologi

Evaporasi
Evaporasi adalah proses penguapan air oleh panas matahari. Penguapan tersebut mengubah wujud air menjadi gas. Panas yang diterima menyebabkan molekul dalam air bergerak lebih cepat dan saling berbenturan. Beberapa molekul akhirnya melepaskan diri dari molekul lain dan berubah menjadi uap air.



Sublimasi
Sublimasi adalah proses evaporasi yang terjadi pada salju dan es. Proses sublimasi melewati proses perubahan padat menjadi cair lalu menjadi gas atau uap air



Transpirasi
Transpirasi adalah proses penguapan air dari tumbuh-tumbuhan melalui stomata atau mulut daun.




Evapotranspirasi
Evapotrasnpirasi  dalah gabungan dari evaporasi dan transpirasi.



Kondensasi
Kondensasi adalah proses perubahan wujud uap air menjadi awan kemudian menjadi tetesan air yang cair karena pendinginan. Proses kondensasi terjadi di atmosfer ketika suhu lebih dingin dari titik embun uap air. Proses ini menyebabkan terjadinya awan.



Adveksi
Adveksi adalah proses gerakan air secara horizontal (dalam bentuk padat, cair dan uap) melalui atmosfer karena perbedaan tekanan udara. Proses adveksi membantu pergerakan  air dari satu tempat ke tempat lainnya. Tanpa adveksi, air yang menguap di atas lautan tidak dapat jatuh sebagai hujan di atas tanah.



Presipitasi
Presipitasi adalah proses ketika uap air yang terkondensasi jatuh ke permukaan bumi sebagai hujan. Proses ini mencakup hujan air, hujan es, dan hujan salju.



Run Off (Aliran Permukaan)
Aliran permukaan adalah proses mengalirnya air di permukaan tanah. Ketika air mengalir, ada kemungkinan air merembes ke dalam tanah, menguap ke udara, mengalir ke danau atau laut, atau diambil untuk keperluan manusia.



10. Infiltrasi
Infiltrasi atau perkolasi adalah proses perembesan air ke dalam tanah secara vertikal dan horizontal melalui pori-pori tanah dan batuan. Melalui proses ini, air permukaan dapat terseimpan dan menjadi air tanah.



iklan tengah