Persebaran Fauna Dunia

Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan peserta didik mampu menentukan persebaran fauna di dunia dengan tepat.

A. MENGAMATI
Berikan pendapat Saudara tentang fauna pada gambar berikut.

B. MENANYA
1. Apakah jenis-jenis fauna yang ada di seluruh penjuru dunia sama?
2. Apakah banteng, zebra, dan badak, dapat kita temukan di seluruh penjuru dunia?
3. Di Benua Asia, Australia, Afrika, Amerika, Eropa terdapat hewan apa saja?

C. EKSPLORASI
Tuhan telah menciptakan berbagai macam spesies fauna di dunia ini. Fauna tersebut tersebar mulai dari benua Afrika, Asia, sampai Amerika. Menurut Wallace, persebaran fauna di dunia dapat dikelompokkan menjadi enam wilayah fauna, yaitu sebagai berikut:
Wilayah fauna neartik meliputi Amerika Utara dan Greenland, Amerika Utara bagian timur pada hutan gugur, Amerika Utara pada bagian tengah pada padang rumput, dan Amerika Utara pada hutan konifer.

Lingkungan fisik Greenland tertutup salju dengan ketebalan 2-15 m. Hewan yang terdapat di wilayah Neartik antara lain, beruang cokelat, berang-berang, elang bondol, salamander, bison, karibu, antelop, praire dog, kalkun.

Nama-nama hewan tersebut dapat dibuat jembatan keledai, menjadi "Bra Coklat KaKa BiSa diBondol Berang-berang"
Wilayah fauna Neotropik meliputi Meksiko bagian selatan, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Wilayah ini sebagian besar beriklim tropis dan beriklim sedang di zona selatan.

Hewan-hewan di wilayah Neotropik, misalnya kukang, armadilo, tapir, ilama, kelelawar penghisap darah, siamang, orang utan, trenggiling, menjangan, ikan arapaima, dan ular anaconda.

Nama-nama hewan tersebut bisa disingkat menjadi "Tapir Jangan Ke Giling Si ArIl dan AlAn"
Wilayah fauna Paleartik meliputi hampir seluruh daratan Eurasia, sebagian daerah Himalaya, Afganistan, Afrika, Inggris, dan Jepang. Lingkungan fisik wilayah fauna Paleartik cukup bervariasi, antara lain memiliki perbedaan suhu yang tinggi dan curah hujan yang berbeda-beda.

Hewan-hewan di wilayah Paleartik antara lain, lynx, landak, macan tutul salju, rusa kutub, panda, serigala, dan bison.


Wilayah fauna Ethiopian meliputi seluruh daratan Benua Afrika, Madagaskar, dan daratan Arab bagian selatan. Di bagian utara wilayah Ethiopian terdapat Gurun Shara yang merupakan gurun pasir terluas di dunia.

Contoh hewan di wilayah fauna Ethiopian adalah gorila, simpanse, burung unta, kudanil, zebra, jerapah, keledai, babon, dan gazelle.

Nama-nama hewan tersebut dapat disingkat menjadi "Burung Unta dan Kudanil GoSip GaJe di keBon"
Zona ini membentang dari Asia Selatan, Asia Tenggara, hingga bagian Asia Timur. Sebagian besar zona Oriental adalah hutan tropis yang memiliki keanekaragaman mamalia yang tinggi.

Contoh hewan di wilayah fauna oriental adalah tupai, kelelawar hidung babi, tarsius, kubung, siamang, harimau, badak bercula satu, macan tutul, beruang madu, babi hutan, dan gajah.
Zona Australis meliputi Australia dan Papua Nugini serta beberapa Kepulauan di Indonesia Timur, seperti Kepulauan Maluku, Lombok, Nusa Tenggara, serta beberapa kepulauan di daerah Pasifik. Sebagian besar Australia adalah gurun pasir.

Contoh hewan di wilayah Australis adalah kanguru, koala, burung emu, landak mini, bandikut,  wombat, platypus, posum, marsupial, serigala tasmania, kuskus.


D. MENCOBA
Buatlah peta persebaran fauna dunia yang dilengkapi gambar jenis faunanya.

E. MENGKOMUNIKASIKAN
1. Tunjuk dan jelaskan karakteristik alam di masing-masing wilayah persebaran fauna pada peta yang telah Anda buat!
2. Sebutkan jenis fauna yang terdapat pada masing-masing wilayah persebaran fauna!

iklan tengah