Soal TKP Profesionalisme

Profesionalisme mengedepankan kemampuan dan keinginan besar CPNS untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sesuai dengan tugas dan fungsi pekerjaanya dengan penuh tanggung jawab.

Pada soal ini biasanya terdapat ciri adanya gangguan terhadap pekerjaan atau ada pilihan antara pekerjaan dengan sesuatu yang lainnya. Oleh karena itu, cara memilih jawabannya yaitu dengan tetap fokus pada pekerjaan apapun gangguannya.

Contoh Soal
1. Ketika menjadi panitia sebuah acara di kampus anda, anda mendapatkan telpon dari pacar anda bahwa dia membutuhkan bantuan anda untuk menjemputnya ke stasiun kota, pacar anda mengatakan jika sudah mencoba menghubungi jasa angkutan online tapi tidak ada yang mengambil orderannya, sedangkan tugas anda masih banyak dan harus selesei hari ini juga mengingat acara akan dilaksanakan besok harinya, sikap anda
  • Minta maaf dan mengatakan bahwa anda tidak bisa datang untuk menjemputnya
  • Memintanya untuk mencoba lagi untuk memesan jasa kendraan online
  • Menjemputnya terlebih dahulu dan melanjutkan pekerjaan yang tertunda selama anda pergi
  • Meminta rekan anda yang lain untuk menyelesaikan tugas anda dan pergi menjemput pacar anda
  • Tidak datang menjemput dan resiko diputusin pacar oleh pacar anda

b. Memintanya untuk mencoba lagi untuk memesan jasa kendraan online

1. Pada suatu hari kantor Anda mengadakan lembur kerja sampai malam dikarenakan ada deadline pekerjaan yang harus diselesaikan pada hari itu juga. Hal tersebut dikarenakan pimpinan unit Anda ada rapat para pimpinan unit di instansi tempat Anda bekerja sehingga perlu ada laporan yang harus disampaikan oleh atasan pada rapat tersebut. Namun Anda ada pekerjaan sampingan rutin yang sudah terjadwal secara teratur Anda lakukan. Sikap Anda dalam menghadapi kondisi tersebut adalah …..
  • Meminta ijin kepada atasan agar saya tidak lembur karena sudah banyak rekan kerja lain yang bersedia lembur dan menjelaskan bahwa saya ada pekerjaan rutin yang telah terjadwal
  • Menolak untuk kerja lembur dikarena saya ada pekerjaan sampingan rutin yang sudah terjadwal sebelumnya. Saya akan menjelaskan bahwa penolakan tersebut karena permintaan kerja lembur terlalu mendadak. Bila diinformasikan jauh hari sebelumnya, saya bisa mengatur jadwalnya
  • Ikut lembur dan meninggalkan pekerjaan sampingan rutin yang telah dijadwalkan karena perintah atasan dan demi kinerja unit tempat saya bekerja
  • Terima permintaan lembur karena merupakan tanggung jawab sebagai karyawan dan hasil kerja tim merupakan kinerja unit kerja saya
  • Terima lembur sambil melakukan pekerjaan sampingan agar dapat diselesaikan semuanya, namun pekerjaan kantor lebih diprioritaskan

e. Terima lembur sambil melakukan pekerjaan sampingan agar dapat diselesaikan semuanya, namun pekerjaan kantor lebih diprioritaskan

2. Di kantor anda beredar kabar bahwa salah seorang rekan kerja anda menggelapkan uang penjualan bulanan untuk keperluan pribadinya. Dan sudah beberapa hari ini rekan tersebut tidak masuk bekerja. Kabar ini sangat cepat menyebar keseluruh karyawan, sehingga menjadi buah bibir dikantor anda, menurut anda
  • Pihak perusahaan harus memberikan sanksi yang tegas terhadap pelaku
  • Sifat teman tersebut sudah diluar batas dan dapat menyebabkan kerugian besar pada perusahaan
  • Kabar tersebut belum pasti jadi saya tidak mau berkomentar lebih jauh
  • Saya akan mencari kebenaran informasi tersebut sebelum memberikan pendapat
  • Saya tanyakan kepada teman teman yang lainnya apakah informasi tersebut benar adanya

c. Kabar tersebut belum pasti jadi saya tidak mau berkomentar lebih jauh

3. Siang ini anda menerima panggilan untuk proses rekrutment pada sebuah perusahaan. Ketika anda berangkat untuk mengikuti rekrutment tersebut di tengah perjalanan anda melihat kerumunan orang di pinggir jalan dan ternyata telah terjadi kecelakaan dengan korban tabrak lari , sedangkan anda harus sesegera mungkin sampai diperusahaan untuk memulai seleksi, maka sikap anda
  • Tetap melanjutkan perjalanan untuk tepat waktu mengikuti tes pekerjaan
  • Mengabaikannya karena harus mengikuti tes yang akan dimulai sebentar lagi
  • Tetap melanjutkan perjalanan setelah yakin ada orang lain yang menolong
  • Menolongnya, kemudian membawanya ke rumah sakit atau kantor polisi
  • Mengejar pelaku tabrak lari dan memintanya untuk bertanggung jawab atas perbuatannya

a. Tetap melanjutkan perjalanan untuk tepat waktu mengikuti tes pekerjaan

4. Anda bekerja sebagai seorang karyawan di instansi pemerintahan, hari ini adalah hari terakhir anda bekerja, karena anda sudah mengambil cuti selama seminggu kedepan untuk menjenguk orang tua suami/istri anda yang lagi dilanda musibah. Sebelum cuti anda harus menyelesaikan tugas-tugas penting terlebih dahulu. Namun tiba-tiba anda diajak atasan anda untuk menemaninya ke kantin untuk mengobrol mengenai pekerjaan & makan di waktu jam kerja. Hal apa yang akan anda lakukan
  • Menyetujui nya dan segera langsung ke kantin
  • Menyelesaikan tugas-tugas penting terlebih dahulu, baru kemudian bergegas menuju ke kantin memenuhi panggilan atasan
  • Menolaknya ke kantin dan mengingatkannya degan sopan agar menjaga profesionalisme kerja
  • Melaporkannya atasan anda kepada Badan Kepegawaian agar mendapat teguran
  • Meminta tolong rekan kerja lain untuk menggantikan anda menemani atasan di kantin

c. Menolaknya ke kantin dan mengingatkannya degan sopan agar menjaga profesionalisme kerja

5. Anda bekerja sebagai juru masak di sebuah restoran besar di ibu kota. Ketika restoran sedang ramai, tiba-tiba saudara anda datang meminta tolong kepada anda untuk mengantarkan ke bandara, karena tidak ada yang bisa mengantarkannya, Sikap anda,
  • Meminta izin pemilik restoran untuk mengantar saudara Anda ke bandara
  • Meminta izin pemilik restoran untuk mengantar saudara anda ke bandara karena tidak ada yg bisa mengantarkan
  • Menyarankan saudara Anda untuk naik angkutan umum menuju bandara karena restoran sedang ramai
  • Meminta saudara Anda untuk menunggu karena restoran ramai dan mengantarkan ke bandara setelah restoran sepi
  • Meminta teman untuk mengantarkan saudara anda ke bandara karena restoran ramai sehingga anda tidak dapat mengantarkan sendiri

c. Menyarankan saudara Anda untuk naik angkutan umum menuju bandara karena restoran sedang ramai

6. Ketika sedang melaksanakan presentasi, saya menerima kabar bahwa anak saya mengelami kecelakaan dan sekarang dirawat di rumah sakit. Saya akan.....
  • Tetap melanjutkan presentasi
  • Mencari tahu kondisi anak saya dan kemudian memutuskan apakah tetap presentasi atau ke rumah sakit
  • Menghentikan presentasi dan langsung ke rumah sakit
  • Menghentikan presentasi dan mencari tahu kondisi anak saya
  • Menelfon istri menanyakan kondisi anak saya dan tetap melanjutkan presentasi

b. Mencari tahu kondisi anak saya dan kemudian memutuskan apakah tetap presentasi atau ke rumah sakit

7. Karena lembur kerja kemarin, siang ini saya sangat merasa mengantuk, kerjaan tidak ada yang selesai karena tidak fokus, sebaiknya saya......
  • segera tidur siang
  • segera makan siang
  • meminta izin atasan untuk istirahat sejenak
  • Meminta teman untuk memijat
  • Segera ke musholah untuk tidur

c. meminta izin atasan untuk istirahat sejenak

8. Sebagai seorang artis papan atas, anda sedang menyelesaikan sinetron stripping dan sedang kejar tayang, padahal anda sangat lelah dan ingin beristirahat beberapa hari, maka sikap anda......
  • Memohon izin cuti beberapa hari
  • Tetap melanjutkan shooting karena harus profesional
  • Mengonsumsi suplemen dan vitamin agar bisa tetap fit untuk mnyelesaikan shooting
  • Pura-pura sakit
  • Bekerja asal-asalan

c. Mengonsumsi suplemen dan vitamin agar bisa tetap fit untuk mnyelesaikan shooting

9. Saya sedang dalam perjalanan ke kantor menggunakan kendaraan umum. Tiba-tiba kendaraan tersebut mogok di jalan. Saya akan
  • Menunggu kendaraan tersebut selesai diperbaiki
  • Berusaha mencari kendaraan lain untuk kekantor
  • Mengabari teman di kantor dan menyampaikan bahwa saya akan terlambat
  • Meminta teman kantor untuk menjemput saya
  • Berusaha secepatnya untuk ke kantor supaya tidak terlambat

E Berusaha secepatnya untuk ke kantor supaya tidak terlambat

10. Ketika kantor mengadakan rapat saya biasanya datang
  • Sedikit terlambat
  • Telat setelah rapat dimulai
  • Setelah semua peserta rapat hadir
  • Paling awal
  • Tidak pernah terlambat, namun bukan yang paling awal

D Paling awal

11. Saya senang melakukan pekerjaan yang....
  • saya senangi
  • penuh tantangan
  • sesuai kemampuan
  • seperti rutinitas biasa
  • tidak memiliki resiko

a. saya senangi

12. Saya termasuk pegawai yang berprestasi di kantor saya. Suatu waktu, perusahaan saingan kantor saya menawarkan pekerjaan dengan gaji yang lebih besar dari yang saya terima dari perusahaan saat ini. Saya akan......
  • Tanpa berpikir panjang segera mengambil tawaran tersebut.
  • Menolak tawaran tersebut, bagi saya uang bukan segalanya
  • Mempertimbangkan tawaran tersebut dengan keluarga
  • Memanfaatkan adanya tawaran untuk meminta kenaikan gaji
  • Melaporkan tindakan perusahaan saingan tersebut kepada atasan

b. Menolak tawaran tersebut, bagi saya uang bukan segalanya

13. Pada suatu hari libur handphone saya berbunyi, tampak panggilan dari atasan. Biasanya atasan akan mengajak bermain tenis. Padahal saya sudah merencanakan untuk pergi piknik bersama keluarga. Saya.....
  • Membiarkan saja panggilan itu
  • Mengangkat panggilan itu, siapa tahu ada yang penting
  • Membiarkan panggilan itu, dan menelpon balik ketika sudah sampai di tempat pikinik
  • Menyuruh orang lain untuk mengangkat panggilan itu
  • Mengangkat panggilan dan mengajak atasan untuk piknik bersama

b. Mengangkat panggilan itu, siapa tahu ada yang penting

14. Jika saya sedang mengerjakan sesuatu, kondisi yang dapat mendukung saya bekerja optimal adalah.....
  • Kondisi tenang dan santai
  • Saat tidak ada seorang pun dalam ruangan
  • Dengan ruangan nyaman dan dingin
  • Apapun kondisinya saya berusaha sekuat tenaga
  • Saya gunakan pikiran saya agar fokus pekerjaan bukan masalah tempat

e. Saya gunakan pikiran saya agar fokus pekerjaan bukan masalah tempat

15. Jika Anda mendapatkan suatu pekerjaan yang bayarannya sangat besar, maka Anda akan...
  • Bertanggung jawab dalam melakukan pekerjaan Anda
  • Lebih semangat
  • Takut
  • Merasa terharu
  • Biasa saja

A. Bertanggung jawab dalam melakukan pekerjaan Anda

16. Ketika hendak berangkat ke kantor, tiba-tiba motor yang anda parkir di depan rumah hilang, sikap anda...
  • Melaporkan kehilangan sambil menyampaikan ke atasan
  • Meminta kerabat dan para tetangga untuk mencarinya
  • Membiarkan polisi yang mengurusinya
  • Tetap berangkat ke kantor karena itu lebih penting
  • Berangkat ke kantor dengan pikiran tak karuan

A. Melaporkan kehilangan sambil menyampaikan ke atasan

17. Pada saat anda sendang melakukan wawancara dengan narasumber, tiba-tiba tetangga anda menelpon dan memberi tahu bahwa baru saja terjadi pencurian di rumah anda, sikap anda...
  • Segera kembali ke rumah
  • Memohon maaf dan meminta izin pada narasumber tersebut
  • Mengabaikan urusan rumah karena masih sibuk
  • Kembali setelah wawancara selesai
  • Menelpon meminta kerabat mengurusinya dulu

B. Memohon maaf dan meminta izin pada narasumber tersebut

18. Jika Anda mendapatkan suatu pekerjaan dengna gaji yang sangat kecil, maka anda akan...
  • Bertanggung jawab dalam melakukan pekerjaan Anda
  • Lebih semangat
  • Takut
  • Merasa terharu
  • Biasa saja

A. Bertanggung jawab dalam melakukan pekerjaan Anda

19. Orang tua saya tidak menyukai jenis pekerjaan saya, sikap saya...
  • Menanyakan alasan orang tua saya mengatakan hal tersebut
  • Menjelaskan bahwa saya mencintai pekerjaan saya
  • Mempertimbangkan untuk berhenti dari pekerjaan saya
  • Tetap memilih pekerjaan saya dengan resiko menyakiti hati orang tua
  • Membawa orang tua saya ketempat saya bekerja dan membiarkan mereka menilai

A. Menanyakan alasan orang tua saya mengatakan hal tersebut

20. Saya mendadak diminta untuk mendampingi atasan di sebuah acara pertemuan sepulang kerja. Saya sudah berjanji untuk menemani istri saya cek kandungan ke Rumah Sakit Ibu dan Anak. Sikap saya...
  • Pulang dengan diam-diam, tanpa sepengetahuan pimpinan
  • Berpura-pura sakit agar dapat diizinkan untuk segera pulang
  • Menghubungi istri saya menjelaskan agar naik taksi saja
  • Menuruti permintaan, karena yakin istri saya memaklumi
  • Meminta izin pimpinan mengantar istri saya dahulu kemudian mendampingi pimpinan pergi ke acara tersebut

E. Meminta izin pimpinan mengantar istri saya dahulu kemudian mendampingi pimpinan pergi ke acara tersebut

21. Pada saat berangkat kerja, anda dalam perjalanan kendaraan anda mogok, padahal anda sudah ditunggu oleh pimpinan untuk menyampaikan laporan. Yang anda lakukan adalah...
  • Marah pada diri sendiri karena tidak mengecek kendaraan
  • Mencoba memperbaiki kendaraan
  • Menitipkan ke bengkel dan menggunakan kendaraan lain ke kantor
  • Menghubungi pimpinan dan menyampaikan akan terlambat
  • Membatalkan ke kantor

C. Menitipkan ke bengkel dan menggunakan kendaraan lain ke kantor

22. Saat saya sedang mempersiapkan diri untuk liburan bersama keluarga, atasan memberikan saya tugas yang sangat mendadak. Saya akan...
  • Melaksanakan tugas dan meminta waktu pengganti liburan
  • Melaksanakan tugas dan membatalkan acara liburan
  • Menawarkan teman untuk menggantikan tugas tersebut
  • Melaksanakan tugas setelah pulang liburan
  • Menolak tugas tersebut dan tetap pergi berlibut

b. Melaksanakan tugas dan membatalkan acara liburan

23. Saya adalah seorang asisten pribadi seorang direktur pada sebuah perusahaan internasional. Suatu hari, atasan memberikan saya sebuah tugas pada hari libur. Saya akan...
  • Melaksanakan tugas dengan terpaksa
  • Meminta kepada atasan untuk mengubah ke dalam hari kerja
  • Meminta teman untuk menggantikan pekerjaan tersebut
  • Tetap mengerjakan tugas tersebut karena hal tersebut sudah biasa
  • Mengerjakan tugas tersebut dengan baik

e. Mengerjakan tugas tersebut dengan baik

24. Karena sebagian besar pegawai pulang kampung dan saya diminta menunda cuti lebaran oleh pimpinan. Saya berjanji pada orang tua untuk mudik di hari lebaran, sikap saya...
  • Tetap mengambil cuti
  • Memberi pengertia kepada orang tua
  • Memberi pengertian kepada pimpinan agar diperbolehkan pulang kampung
  • Meminta anggota keluarga lain untuk membujuk orang tua
  • Meminta teman untuk menggantikan penundaan cuti

B. Memberi pengertia kepada orang tua

25. Ketika sedang diminta pimpinan untuk bekerja lembur, tiba-tiba ada telepon dari rumah memberitahu bahwa anak sedang sakit, sikap kita..
  • Segera kembali ke rumah
  • Pekerjaan kantor lebih penting
  • Meminta istri untuk lembur selesai
  • Melihat dulu kondisinya, apabila sakit parah segera kembali ke rumah
  • Sudah ada istri dan pembantu di rumah

d. Melihat dulu kondisinya, apabila sakit parah segera kembali ke rumah

26. Atasan saya tiba-tiba memberi saya tugas yang memaksa saya untuk bekerja lembur. Padahal saya telah berjanji akan mengantar anak saya ke acara ulang tahun temannya. Yang saya lakukan adalah....
  • Menolak tugas yang diberikan atasan
  • Menerima tugas dan membatalkan janji dengan baik
  • Menyarankan kepada atasan untuk memberikan tugas kepada pegawai lain
  • Menerima tugas dan kemudian meminta bantuan teman untuk mengerjakannya
  • Menerima tugas, namun meminta ijin untuk mengantarkan anak terlebih dahulu dan kemudian kembali ke kantor untuk menyelesaikan tugas

e. Menerima tugas, namun meminta ijin untuk mengantarkan anak terlebih dahulu dan kemudian kembali ke kantor untuk menyelesaikan tuga

27. Saya diminta untuk lembur kerja sedangkan saya sudah berjanji kepada anak saya untuk mengantarnya ke pesta ulang tahun sahabatnya. Sikap saya.....
  • Pulang dengan diam-diam tanpa sepengetahuan pimpinan
  • Berpura-pura sakit agar dapat diizinkan untuk segera pulang
  • Menghubungi anak saya menjelaskan agar naik taksi saja
  • Bekerja lembur, karena yakin anak saya pasti memaklumi
  • Meminta izin pimpinan mengantar anak saya kemudian kembali ke kantor untuk bekerja lembur

e. Meminta izin pimpinan mengantar anak saya kemudian kembali ke kantor untuk bekerja lembur

28. Mengangkat telepon saat rapat menurut saya...
  • Boleh saja
  • Tidak boleh
  • Boleh asal pimpinan menyetujui
  • Boleh asal sudah memberi usulan atau kontribusi ide dalam rapat
  • Boleh asal tidak ketahuan

B. Tidak boleh

29. Perusahaan tempat saya bekerja sedang mengalami kesulitan keuangan. Pendapat saya terhadap kondisi ini adalah....
  • Saya tidak merasa khawatir dan saya tidak akan pindah perusahaan karena saya merasa cocok dengan pekerjaan ini.
  • Setiap perusahaan pasti pernah mengalami kesulitan keuangan
  • Perusahaan harus segera bertindak untuk mengatasi masalah ini
  • Saya mulai mencari pekerjaan lain sembari tetap bekerja di perusahaan saat ini
  • Saya tidak berpikir dua kali untuk segera keluar dari perusahaan tersebut walaupun belum memiliki pekerjaan lain

a. Saya tidak merasa khawatir dan saya tidak akan pindah perusahaan karena saya merasa cocok dengan pekerjaan ini.

30.  Anda sedang terburu-buru pergi ke kantor karena ada rapat mendadak dengan atasan Anda, tetapi Anda mendapat piring di lantai dapur rumah Anda yang dapat membahayakan orang lain. Tindakan Anda......
  • Membiarkan saja dan terburu-buru pergi ke kantor
  • Menelpon teman Anda untuk menggantikan Anda rapat
  • Menelpon teman Anda sedikit terlambat datang dan membersihkan pecahan piring terlebih dahulu
  • Membersihkan pecahan tersebut lalu datang terlambat
  • Menutup pecahan piring dengan kain karena terburu-buru agar tidak terlambat rapat dengan atasan Anda.

e. Menutup pecahan piring dengan kain karena terburu-buru agar tidak terlambat rapat dengan atasan Anda.

31. Saya sedang dalam perjalanan ke kantor menggunakan kendaraan umum, Tiba-tiba kendaraan tersebut mogok di jalan. Saya akan....
  • Menunggu kendaraan tersebut selesai diperbaiki
  • Berusaha mencari kendaraan lain untuk ke kantor
  • Mengabari teman di kantor dan menyampaikan bahwa saya akan terlambat
  • Meminta teman kantor untuk menjemput saya
  • Berusaha secepatnya untuk ke kantor supaya tidak terlambat

e. Berusaha secepatnya untuk ke kantor supaya tidak terlambat

33. Setelah meminta bantuan saya untuk lembur semalam demi kepentingan pribadinya, atasan membebaskan saya untuk tidak masuk kantor selama satu hari. Saya akan....
  • Menerimanya karena bisa saya gunakan untuk beritirahat
  • Tetap masuk kerja karena saya lembur bukan urusan kantor
  • Menerimanya karena memang saya lelah membantunya
  • Meminta jatah libur pada saat saya membutuhkan saja
  • Tetap masuk kerja karena saya sudah mendapat imbalan uang

b. Tetap masuk kerja karena saya lembur bukan urusan kantor

33. Jika pasangan saya tidak menyukai tempat dimana saya bekerja maka sikap saya...
  • Menanyakan alasan pasangan saya mengatakan hal tersebut.
  • Menjelaskan bahwa saya juga mencintai pekerjaan saya.
  • Mempertimbangkan untuk berhenti dari pekerjaan saya
  • Tetap memilih pekerjaan saya dengan resiko memutus
  • Membawa pasangan saya ketempat saya bekerja dan membiarkan dirinya menilai

a. Menanyakan alasan pasangan saya mengatakan hal tersebut.

34. Orang tua saya menyarankan saya untuk berpindah tempat kerja. Padahal saya merasa nyaman bekerja di tempat saya bekerja, meskipun gajinya memang cukup kecil. Saya akan...
  • Menuruti saran orang tua dan mencari pekerjaan lain
  • Menolak saran orang tua dan bekerja seperti biasa
  • Tetap bekerja seperti biasa dan memberikan pengertian kepada orang tua
  • Meminta saran dari teman-teman
  • Meminta pertimbangan atasan saya

c. Tetap bekerja seperti biasa dan memberikan pengertian kepada orang tua

iklan tengah