Soal TKP Sosial Budaya

Sosial budaya terdiri dari dua kata yaitu sosial dan budaya. Sosial berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat sekitar.  Sedangkan budaya berasal dari kata bodhya yang artinya pikiran dan akal budi.

Budaya juga diartikan sebagai segala hal yang dibuat manusia berdasarkan pikiran dan akal budinya yang mengandung cinta dan rasa.  Jadi kesimpulannya adalah sosial budaya merupakan segala hal yang di ciptakan manusia dengan pikiran dan budinya dalam kehidupan bermasyarakat.

Sosial budaya dapat memberikan dampak- dampak tersendiri bagi bagi masyarakat sekitar. Dampak ini dapat berupa positif dan negatif. Dampak positifnya bisa berupa:

  • Sebagai pedoman dalam hubungan antara manusia dengan komunitas atau kelompoknya.
  • Sebagai simbol pembeda antara manusia dengan binatang.
  • Sebagai petunjuk atau tata cara tentang bagaimana manusia harus berperilaku dalam kehidupan sosialnya.
  • Sebagai modal dan dasar dalam pembangunan kehidupan manusia.
  • Sebagai suatu ciri khas setiap kelompok manusia.


Sementara itu, dampak negatifnya adalah:

  • Menimbulkan kerusakan lingkungan dan kelangsungan ekosistem alam.
  • Mengakibatkan adanya kesenjangan sosial yang kemudian menjadi penyebab munculnya penyakitpenyakit sosial, termasuknya tingginya tingkat kriminalitas.
  • Mengurangi bahkan dapat menghilangkan ikatan batin dan moral yang biasanya dekat dalam hubungan sosial antar masyarakat.

Jadi, terciptanya sebuah kebudayaan atau sosial budaya di masyarakat dikarenakan oleh interaksi antar manusia dengan alam sekitarnya. Sehingga kita seharusnya menjaga dan melestarikan kebudayaan yang sudah lama kita pertahankan.

 

Proses Sistem Sosial Budaya Indonesia

Masyarakat memiliki bentuk-bentuk struktual, yang dinamakan struktur sosial. Struktur sosial ini memiliki sifat yang statis serta bentuk dinamika masyarakat disebut proses sosial dan perubahan sosial. Masyarakat yang memiliki bentuk-bentuk strukturalnya tentu mengalami pola-pola prilaku yang berbeda-beda. masyarakat juga tergantung dengan situasi yang dihadapi masyarakat tersebut.

Perkembangan dan perubahan pada masyarakat yang mengarah pada suatu dinamika sosial berawal dari masyarakat tersebut melakukan sebuah komunikasi dengan masyarakat lainnya, mereka membina hubungan baik itu secara kelompok ataupun perorangan.

Namun sebelum hubungan bisa terjadi perlu ada proses berkaitan dengan nilai-nilai sosial dan budaya dalam masyarakat. Dengan masyarakat yang melihat nilai sisoal yang berkaitan dengan nilai sosial dan budaya masyarakat lain hubungan nisa terbentuk. Maka bisa diartikan bahwa proses sosial merupakan sebagai pengaruh rimbal balik antara semua segi kehidupan bersama.

Proses sistem sosial budaya Indonesia bagian yang tidak bisa terpisahkan dari proses pembangunan nasional

Pengalaman Pancasila, yang ada hakekat pembangunan semua rakyat Indonesia. pada dasarnya proses  sistem sosial budaya Indonesia selalu memiliki keterkaitan dengan pembangunan nasional dimana berlangsung dan beriringan dengan pembangunan nasional,bahkan terkadang dapat mendahului pembangunan nasional agar masyarakat bisa memerima pembangunan, lalu menyiapkan agar manusia dan masyarakat bisa mempunyai peran serta dalam proses pembangunan nasional tersebut dengan mempunyai kulitas sebagai berikut:

  • Beriman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Berbudi pekerti luhur
  • Berkepribadian
  • Bekerja keras
  • Berdisiplin
  • Tangguh
  • Bertanggung jawab
  • Mandiri
  • Cerdas dan terampil
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Cinta tanah air
  • Memiliki sifat kebangsaan dan kesetiakawanan sosial
  • Percaya pada diri sendiri dan memiliki (harga diri)
  • Inovatif dan kreatif
  • Produktif dan berorientasi ke masa depan


Contoh Soal TKP Tentang Sosial Budaya

1. Terdapat himbauan dan ajakan dari pemerintah kepada masyarakat terutama aparatur sipil negara untuk mengurangi pemanasan global akibat dari efek gas rumah kaca yang sudah terjadi hampir di seluruh belahan dunia, kontribusi yang dapat anda lakukan untuk mendukung program pemerintah tersebut sebagai seorang ASN yang setiap harinya berangkat untuk bekerja
A. Menanami pekarangan rumah dengan pohon pohon hijau
B. Menggunakan transpotasi umum untuk berpergian
C. Mematikan peralatan listrik yang tidak penting
D. Membuang sampah pada tempatnya
E. Membatasi penggunaan limbah plastik dalam kegiatan sehari-hari

B. Menggunakan transpotasi umum untuk berpergian

2. Kamu mempunyai keluarga di luar negeri dan hari ini salah satu dari anak keluargamu tersebut akan liburan di Indonesia dan dititipkan dirumahmu, apa yang akan kamu lakukan untuk menjelaskan padanya mengenai keberagaman di Indonesia
A. Mengajaknya mengenal budaya dengan menceritakan sejarah di tempat-tempat yang di lewati
B. Mengajak orang-orang di lingkungan buat memperkenalkan keberagaman kepada anak tersebut
C. Mengajaknya main ketempat tempat ibadah
D. Jadi wakil orang tuanya buat ngedidik dia tentang keberagaman
E. Menjadi perpanjangan tangan orang tua untuk mengajarinya tentang keberagaman melalui tindakan sehari-hari

D. Menjadi perpanjangan tangan orang tua untuk mengajarinya tentang keberagaman melalui tindakan sehari-hari

3. Kita hidup di negara yang memiliki ragam kepercayaan, budaya dan adat istiadat yang berbeda-beda. Di perusahaan anda sendiri terdiri dari orang orang yang berbeda latarbelakang, banyak karyawan muslim yang mengeluhkan sulitnya beribadah karena ketersediaan tempat atau pada jam untuk beribadah mereka harus tetap bekerja, sikap anda
A. Akan memfasilitasi tempat untuk beribadah mereka di lingkungan perusahaan
B. Mendiskusikan hal ini dengan jajaran pimpinan dan pemilik perusahaan untuk dicari solusinya
C. Karena pemilik perusahaan seorang non muslim, maka itu sudah menjadi aturan yang harus dipatuhi karyawan
D. Memberikan kebijakan yang bersifat toleran kepada karyawan
E. Bersifat toleran dan menyediakan semua fasilitas ibadah karyawan

B. Mendiskusikan hal ini dengan jajaran pimpinan dan pemilik perusahaan untuk dicari solusinya

4. Suatu hari anda pergi ke suatu daerah yang disana ada sebuah kebudayaan dimana salah satu binatang dianggap membawa aura negatif bagi warga suku tersebut yaitu anjing sebagai binatang yang menimbulkan aura negatif maka kepala suku biasanya memerintahkan untuk membunuh anjing-anjing tersebut. Namun anda ingat pemerintah saat ini sedang menggalangkan kampanye menyayangi hewan. Sedangkan pembunuhan terhadap hewan eksploitasi hewan untuk sirkus dll adalah suatu hal yang melanggar hukum. Sikap anda adalah
A. Mengkomunikasikan hal tersebut dengan kepala suku, bahwa pemerintah sedang menggalakkan program untuk menyayangi hewan
B. Melaporkan kepada pihak terkait untuk segera di usut
C. Memfoto kemudian mengupload ke instagram dan mengadakan petisi
D. Ikut melakukan adat tersebut sebagai upaya menghormati adat
E. Saya akan bertindak pura-pura tidak tau

a. Mengkomunikasikan hal tersebut dengan kepala suku, bahwa pemerintah sedang 

5. Ketika anda hendak berangkat ke kantor, anda melewati jalan raya dan anda melihat banyak orang membuang sampah di dekat tempat pembuangan sampah dan sampah tersebut berserahkan dipinggir jalan yang mengganggu pandangan dan jalannya kendaraan. Apakah yang akan anda lakukan melihat keadaan tersebut
A. Segera merapikan sampah itu tanpa pikir panjang, demi kepentingan penggguna jalan lain dan masyarakat banyak
B. Melewati dan membiarkannya begitu saja karena bukan tanggung jawab saya
C. Memberitahu orang yang ada disekitar jalan untuk memungut sampah tersebut dan membuah pada tempat pembuangan sampah yang telah disediakan
D. Memvidoe dan foto selanjutnya diviralkan melalui media sosial agar semua orang paham kondisi di sekitar tempat pembuangan sampah
E. Menelepon pihak berwenang yang bertanggung jawab dengan sampah ini

c. Memberitahu orang yang ada disekitar jalan untuk memungut sampah tersebut dan membuah pada tempat pembuangan sampah yang telah disediakan

6. Warga perumahan di tempat saya sepakat untuk mengadakan ronda siskamling secara bergiliran. Sementara jadwal harian saya sangat padat dan terkadang sampai di rumah larut malam. Saya akan.....
A. Meminta tetangga untuk menggantikan jadwal saya dan memberinya kompensasi
B. Memilih untuk membayar denda dan tidak mengikuti jadwal ronda siskamling
C. Meminta jadwal pada hari di mana saya tidak sibuk
D. Ikut jadwal ronda di hari yang saya bisa, meskipun bukan jadwal saya
E. Berusaha menepati jadwal ronda yang ditentukan dengan mengatur jadwal harian saya

e. berusaha menepati jadwal ronda yang ditentukan dengan mengatur jadwal harian saya

7. Saya baru saja pindah ke lingkungan yang baru, dan ingin mengadakan syukuran dengan mengundang pentas musik. Seorang tetangga mengingatkan saya kalau budaya di lingkungan tersebut menganggap pentas musik adalah sesuatu yang kurang baik. Yang saya lakukan adalah...
A. Mengganti acara dengan yang lebih cocok untuk lingkungan tersebut
B. Tetap mengadakan pentas musik seperti rencana semula
C. Membatalkan dan tidak jadi mengadakan acara
D. Tetap mengadakan pentas musik dengan pengisi acara yang disesuaikan dengan selera lingkungan sekitar
E. Berkomunikasi dengan keluarga untuk mencari solusi permasalahan

a. Mengganti acara dengan yang lebih cocok untuk lingkungan tersebut

8. Saya baru saja ingat kalau hari ini ada jadwal pertemuan RT, padahal saya baru saja pulang kerja dan terasa sangat lelah. Saya akan...
A. Meminta ijin untuk tidak menghadiri pertemuan RT
B. Berangkat menghadiri pertemuan RT seperti biasa
C. Istirahat dan tidak menghadiri pertemuan RT
D. Menghadiri pertemuan RT sebentar saja
E. Meminta tetangga untuk membayarkan iuran RT saya

b. Berangkat menghadiri pertemuan RT seperti biasa

9. Masalah sampah sedang menjadi persoalan serius di kota saya. Sebagian besar TPA ditutup, dan tukang sampah kesulitan membuang sampah, termasuk di perumahan saya. Yang saya lakukan adalah...
A. Tetap membuang sampah di tempat sampah depan rumah, masalah TPA merupakan masalah tukang sampah
B. Membuat pengelolaan sampah seerhana di lingkungan rumah untuk mengurangi masalah sampah
C. Mengurangi jumlah sampah yang dibuang
D. Mencari informasi TPA yang dapat digunakan untuk membuang sampah dari perumahan saya
E. Berkomunikasi dengan pengurus RT untuk mencari solusi permasalahan sampah ini

d. Mencari informasi TPA yang dapat digunakan untuk membuang sampah dari perumahan saya

10. Anda senang tinggal dalam lingkungan yang.....
A. Rumahnya berdekatan
B. Tertutup
C. Sepi
D. Suasananya individual
E. Suasana penuh kekeluargaan

e Suasana penuh kekeluargaan

11. Ketika ketua RT Anda membutuhkan warganya untuk melakukan kerja bakti di lingkungan rumah Anda dan sekitarnya, Anda sedang sibuk. Maka Anda akan...
A. Tetap ikut dalam kerja bakti walau Anda sedang punya tugas mendadak
B. Menemui Pak RT dan warga dengan membawa maaf dan makanan
C. Meminta salah seorang pekerja Anda untuk ikut serta dalam kerja bakti
D. Tidak ambil peduli dengan semua yang terjadi
E. Meminta orang lain untuk mewakili Anda dalam kerja bakti tersebut

b. Menemui Pak RT dan warga dengan membawa maaf dan makanan

12. Suatu hari Anda menginap di rumah salah seorang keluarga Anda. Keluarga Anda kemudian menghidangkan sebuah hidangan yang tidak Anda sukai, maka Anda akan...
A. Makan nasinya saja tanpa menyentuh hidangan tersebut
B. Makan saja untuk menghormati tuan rumah
C. Mengatakan bahwa Anda sudah kenyang
D. Makan dengan garam dan kerupuk saja
E. Jujur dan tidak mau makan

b. Makan saja untuk menghormati tuan rumah

13. Ketika banyak anggota tim kerja anda yang berbeda suku dengan anda, maka anda akan...
A. Bersikap toleran dan menghormati mereka
B. Menjaga jarak dengan mereka
C. Waspada dalam bersikap
D. Khawatir jika ucapan anda dapat menyinggung mereka
E. Meminta atasan untuk memindahkan anda ke tim kerja yang lain saja

a. Bersikap toleran dan menghormati mereka

14. Ketika banyak anggota tim kerja anda yang berbeda agama dengan anda, maka anda akan....
A. Bersikap toleran dan menghormati mereka
B. Menjaga jarak dengan mereka
C. Waspada dalam bersikap
D. Khawatir jika ucapan anda dapat menyinggung mereka
E. Meminta atasan untuk memindahkan anda ke tim kerja yang lain saja

a. Bersikap toleran dan menghormati mereka

15. Agar semua penghuni baru di lingkungan anda dapat bersosialisasi dengan baik, maka anda sebagai penghuni lama akan...
A. Menawarkan diri kepada ketua RT untuk membimbing para penghuni baru
B. Mencoba mencairkan suasana dengan penghuni baru
C. Memperkenalkan diri terlebih dahulu dengan penghuni baru
D. Menyelenggarakan acara santai dapat mempertemukan penghuni lama dengan penghuni baru
E. Cuek saja karena saya banyak pekerjaan yang harus segera diselesaikan

D. Menyelenggarakan acara santai dapat mempertemukan penghuni lama dengan penghuni baru

16. Dalam suatu pertemuan warga saya datang terlambat ketika pembicaraan sedang berlangsung hangat. Padahal saya ingin menyumbang ide. Hal yang saya lakukan adalah...
A. Duduk mendengarkan pembicaraan sedang berlangsung hangat, baru kemudian bicara
B. Menanyakan apakah saya boleh bicara segera
C. Segera bicara mengemukakan pendapat
D. Menunggu kesempatan bicara
E. Meminta waktu untuk bicara

A. Duduk mendengarkan pembicaraan sedang berlangsung hangat, baru kemudian bicara

17. Dalam bekerja saya sangat senang jika........
A. Tempat kerja saya memiliki kondisi yang kondusif
B. Apa yang saya lakukan mendapat penghargaan
C. Mempunyai rekan kerja yang bisa bekerjasama
D. Mempunyai pimpinan yang bisa mengerti bawahan
E. Pendapatan yang saya dapatkan besar

a. Tempat kerja saya memiliki kondisi yang kondusif

18. Kondisi kerja yang paling saya harapkan adalah kondisi yang...
A. Memotivasi saya untuk berkerja lebih giat
B. Memberi kesempatan kepada saya untuk mengaktualisasikan diri
C. Memberi kemungkinan promosi jabatan bagi saya
D. Menyediakan stabilitas pekerjaan kepada saya
E. Menghasilkan pendapatan tambahan bagi saya

a. Memotivasi saya untuk berkerja lebih giat

19. Ketika anda belajar atau mengerjakan tugas di rumah, Anda senang jika...
A. Keadaanya sepi
B. Banyak makanan dan minuman
C. Suasananya bersih dan nyaman
D. Banyak orang di rumah
E. Ruangan terbuka

C. Suasananya bersih dan nyaman

20. Suasana di lingkungan tempat tinggal saya memanas karena adanya perbedaan dalam pandangan politik. Sering terjadi perdebatan antarwarga yang membuat suasana bertetangga menjadi tidak nyaman. Yang saya lakukan.......
A. Menahan diri untuk tidak terlibat dalam perdebatan-perdebatan tersebut.
B. Berusaha mengubah pandangan mereka yang memiliki pandangan politik berbeda dengan saya.
C. Mencari cara supaya suasana lingkungan kembali kondusif
D. Mengingatkan pada mereka yang berdebat bahwa kebersamaan di lingkungan lebih penting daripada perbedaan pandangan politik mereka
E. Tidak terpengaruh dan tetap fokus pada kehidupan saya

e. Tidak terpengaruh dan tetap fokus pada kehidupan saya

21. Dalam sebuah rapat RT diusulkan supaya seluruh warga kerja bakti membantu dalam pembangunan gedung pertemuan RT yang sedang dikerjakan oleh kontraktor berpengalaman. Menurut saya....
A. Hal itu kurang diperlukan karena pembangunan gedung pertemuan sudah dikerjakan oleh ahlinya
B. Lebih baik kerja bakti dilakukan untuk kebersihan lingkungan saja
C. Sangat tidak diperlukan karena RT telah keluar uang banyak untuk membayar kontraktor tersebut
D. Penting untuk mempererat kebersamaan antarwarga RT
E. Penting untuk menumbuhkan rasa memiliki warga RT terhadap fasilitas gedung pertemuan tersebut.

b. Lebih baik kerja bakti dilakukan untuk kebersihan lingkungan saja

22. Dalam sebuah kunjungan kerja, panitia acara memberikan hidangan makanan khas daerah yang sangat tidak saya suka. Yang saya lakukan adalah....
A. Membeli menu makanan sendiri supaya tidak memberatkan panitia
B. Memakan menu yang disajikan dalam porsi sedikit saja untuk menghormati
C. Meminta panitia untuk mengganti menu makanan sesuai dengan kesukaan saya
D. Meminta panitia untuk membeli menu khsusu buat saya tetapi menggunakan uang pribadi saya
E. Menghabiskan makanan yang disajikan tanpa keraguan

e. Menghabiskan makanan yang disajikan tanpa keraguan

23. Menurut saya dalam bersosialisasi dengan tetangga dan didalam masyarakat umum seharusnya kita....
A. Bersikap aktif dan memberikan peran positif pada mereka
B. Apa adanya sesuai kepribadian saya
C. Bersikap pasif dan menunggu untuk diajak terlebih dahulu
D. Bersosialisasi seperlunya saja
E. Menempatkan diri sesuai kondisi lingkungan yang ada

a. Bersikap aktif dan memberikan peran positif pada mereka

24. Saya memiliki tetangga yang sangat tidak saya suka karena sering membicarakan hal-hal yang buruk tentang saya. Kebetulan bulan ini pertemuan RT di lingkungan saya akan diadakan di rumah orang tersebut. Saya akan....
A. Tetap menghadiri pertemuan RT tersebut sepert biasa
B. Tetap menghadiri pertemuan RT tersebut seperti biasa dan menggunakannya untuk mengklarifikasi semua cerita buruk tentang saya
C. Tetap menghadiri pertemuan RT tersebut seperti biasa dan menggunakannya untuk memperbaiki hubungan saya dengan orang tersebut
D. Tidak menghadiri pertemuan RT tersebut
E. Hadir sebentar saja dalam pertemuan RT tersebut.

c. Tetap menghadiri pertemuan RT tersebut seperti biasa dan menggunakannya untuk memperbaiki hubungan saya dengan orang tersebut

Mau Beli Soal Ini?

WA: 0858 755 20085



iklan tengah