Gerhana

Lintasan bulan keliling bumi berbentuk bidang yang tidak sebidang dengan ekliptika. Ekliptika adalah bidang lintasan bumi keliling matahari.

Bulan mengelilingi bumi dengan lintasannya yang berbentuk ellips dan bumi terletak pada salah satu titik api ellips itu, sehingga pada lintasan bulan ada bagian terjauh dan terdekat ke bumi.

Bagian terjauh dinamakan Apogea dan yang terdekat dinamakan Perigea.

Ekliptika atau bidang lintasan bumi keliling matahari juga berbentuk ellips dan matahari terletak pada salah satu titik api ellips itu, sehingga pada lintasan bumi ada bagian yang terjauh dan terdekat ke matahari.

Bagian terjauh itu dinamakan Aphelium dan bagian terdekat dinamakan perihelium. Lintasan bulan keliling bumi yang tidak sebidang dengan lintasan bumi keliling matahari (ekliptika) membentuk sudut sebesar 5 derajat.

Titik potong antara kedua bidang itu disebut simpul. Garis simpul ini tidak tetap pada satu posisi melainkan mengadakan perputaran dengan periode 19 tahun, artinya jika suatu saat matahari bertempat pada perpanjangan simpul itu maka pada saat berikutnya simpul tidak lurus lagi ke matahari dan sudutnya akan semakin besar.

Baru akan menunjuk ke arah matahari lagi setelah berputar 360 derajat dalam periode 19 tahun.

Gambar 5.5 Bidang lintasan bulan dan ekliptika

Pada gambar di atas terlihat, segi empat yang besar adalah bidang ekliptika sedangkan empat segiempat (dalam empat posisi yang berlainan) adalah bidang lintasan bulan (ekliptika bulan). Besar sudut 5 derajat perhatikan pada posisi B 2.

Seperti diketahui bahwa bulan adalah benda langit yang gelap. Bulan tampak bercahaya karena sinar matahari yang dipantulkannya ke bumi.

Matahari sebagai sumber cahaya mempunyai lingkaran yang lebih besar daripada bumi maupun bulan.

Oleh karena itu bayangan bumi dan bulan akan berbentuk kerucut. Kerucut bayangan bumi lebih panjang daripada kerucut bayangan bulan.

Kerucut bayangan yang gelap itu dinamakan umbra atau bayangan inti.

Di sekitar umbra terdapat bayangan yang tidak terlalu gelap yang dinamakan penumbra.

Penumbra di belakang bumi maupun bulan berbentuk kerucut terpancung (terbalik) dengan puncaknya di permukaan bumi atau di bulan dan makin jauh makin besar sampai menghilang di ruang angkasa.

Pada waktu bulan beroposisi (kedudukannya berurut dari matahari - bumi – bulan segaris lurus) dan bulan terletak pada simpul lintasannya, umbra bumi akan mengenai bulan atau dengan kata lain bulan akan masuk ke dalam umbra bumi itu.

Pada saat kejadian itu dikatakan orang sedang terjadi gerhana bulan total. Jika yang masuk ke dalam umbra itu hanya sebagian bulan purnama maka dinamakan orang sedang terjadi gerhana sebagian (partial).

Sebelum bulan memasuki umbra, seluruh bulan ada di daerah penumbra, saat itu terjadi gerhana penumbra.

Gambar 5.6 Gerhana Bulan (Sumber: Makmur, 1995)

Diameter kerucut umbra bumi di tempat lintasan bulan kira-kira 3 kali diameter bulan.

Oleh karena itu jika bulan lewat di tengah ubmra bumi akan terjadi gerhana total yang paling lama, yaitu sekitar 1 3/4 jam.

Waktu gerhana mulai bulan memasuki umbra sampai saat akhir bulan keluar lagi dari umbra memakan waktu 4 jam.

Dalam setahun mungkin terjadi gerhana bulan sampai 3 kali namun dapat terjadi pula dalam setahun tak terjadi satu kali pun.

Perbedaan frekuensi gerhana itu akibat gerakan simpul dalam periode 19 tahun seperti telah diutarakan terdahulu.


Gerhana matahari terjadi pada siang hari yaitu pada waktu bulan berkonjungsi artinya sewaktu bulan sedang dekat dengan matahari.

Urutan posisinya adalah matahari-bulan-bumi pada satu garis lurus.

Bagian permukaan bumi yang dijatuhi umbra bulan yaitu yang tidak mendapat cahaya matahari secara langsung dan dikatakan daerah itu sedang mengalami gerhana matahari total.

Bagian ini meliputi daerah berbentuk lingkaran dengan diameter paling besar 270 km.

Orang-orang di daerah ini melihat matahari tertutup seluruhnya oleh bulan. Yang tampak hanya corona di bagian luar bulan yang menghalangi photosphere.

Gerhana matahari total yang paling lama terjadi pada tahun 1955 yaitu selama 7,2 menit. Daerah yang dijatuhi penumbra bulan akan mengalami gerhana matahari partial.

Selain kedua macam gerhana matahari yang disebut di atas, ada juga yang disebut gerhana matahari cincin. Hal ini terjadi karena lintasan bumi maupun lintasan berbentuk ellpis.

Artinya ada kemungkinan pada saat terjadi gerhana matahari, letak bumi dan bulan begitu rupa sehingga kerucut bayang-bayang bulan tidak mengenai bumi, kerucut bayang-bayang inti bulan itu lebih pendek dari jarak bumi-bulan.

Orang di permukaan bumi tepat di bawah puncak kerucut bayang-bayang inti bulan, melihat matahari terhalang bulan ukurannya lebih kecil tepat di tengahnya, sehingga matahari seperti berbentuk cincin.

Kejadian ini disebut gerhana matahari cincin.
Dari peristiwa gerhana itu sedikitnya ada dua kesimpulan yang dapat kita tarik yaitu (1) Bahwa garis lintang bumi dan bulan mengedari matahari akan tetap harmonis dalam garis edarnya masing-masing.

Tentu dengan kehendak Allah SWT karena peredaran matahari jauh berbeda dengan peredaran bulan. Matahari tidak mungkin bentrok dengan bulan. "Tidak mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang.

Dan masing-masing beredar pada garis edarnya" (QS Yaasiin: 40), (2) Kejadian gerhana baik gerhana bulan maupun matahari bukan suatu kejadian yang aneh dan tidak memiliki kekuatan ghaib sebagaimana dipercaya oleh orang-orang awam dan musyrik.

Adalah bohong jika harus menabuh tetabuhan agar batara kala terkejut, kemudian cepat-cepat memuntahkan kembali bulan atau matahari

yang ditelannya. Dari Aisyah r.a. bahwa Nabi SAW bersabda: "Sesunggunya matahari dan bulan adalah dua macam tanda dari tanda-tanda kekuasaan Allah.

Terjadinya gerhana matahari atau bulan itu bukanlah karena kematian seseorang atau kehidupannya.

Maka jikalau kamu melihatnya, berdoalah kepada Allah, bertakbir, bersedakah serta shalatlah (Hadits riwayat Buchari-Muslim).

Sumber:
Djakaria, M. Nur. dan Ahmad Yani. 2009. Handout Mata Kuliah Kosmografi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

iklan tengah