Aspek Geografi dan Contohnya

Image: dreamstime.com

Geografi mempelajari tentang bumi, tetapi tidak semua yang ada di bumi dipelajari. Ada aspek-aspek tertentu yang dipelajari dalam ilmu ini, yaitu aspek fisik dan aspek nonfisik.

1. Aspek Fisik
Aspek ini mempelajari segala fenomena alam yang mempengaruhi kehidupan manusia, meliputi aspek kimiawi, biologis, astronomis, dan semua fenomena alam yang dapat langsung di amati.
Contoh aspek fisik adalah sebagai berikut:

Aspek ini berkaitan dengan bentuk muka bumi (morfologi), letak atau lokasi suatu wilayah, luas, dan batas-batas wilayah yang mempunyai ciri-ciri khas tertentu.
Aspek ini berkaitan dengan unsur kondisi tanah, perairan darat, perairan laut, dan kondisi iklim dari suatu wilayah.
Aspek ini berkaitan dengan unsur flora, fauna, dan kajian penduduk.


2. Aspek Sosial
Aspek ini berkaitan dengan aspek antropologis, politis, ekonomis, dan aspek yang berhubungan dengan pola hidup manusia.

Pada aspek sosial, manusia berperan sebagai fokus utama dari kajian geografi dengan memperhatikan pola penyebaran manusia dalam ruang dan kaitan perilaku manusia dengan lingkungannya.
Contoh aspek sosial adalah sebagai berikut:

Aspek ini berkaitan dengan unsur tradisi, adat-istiadat, komunitas, kelompok masyarakat, dan lembaga-lembaga sosial.
Aspek ini berikaitan dengan pertanian, perkebunan, pertambangan, industri, perdagangan, transportasi, pasar, dan kegiatan ekonomi lainnya.

Aspek ini berkaitan dengan unsur pendidikan, agama, bahasa, dan kesenian. Adapun aspek politik berkaitan dengan unsur kepemerintahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

iklan tengah