Pengertian Survei Penduduk


Istilah survei umumnya digunakan oleh para ahli sosial untuk memperoleh data yang rinci mengenai penduduk atau segala hal yang berhubungan dengan penduduk.

Sedangkan Survei penduduk sendiri yaitu cara pengumpulan data yang dilaksanakan melalui pencecahan sampel dari suatu populasi untuk memperkirakan karakteristik objek pada saat tertentu.

Atau lebih mudahnya yaitu pengumpulan data dengan melibatkan sebagian penduduk sebagai sampel dari seluruh penduduk di suatu Negara.

Jadi, jika anda memahaminya survei penduduk itu tidak dilakukan satu per satu mencari nama atau jenis seorang warga.

Survei penduduk hanya membutuhkan sebagian orang sebagai sampel. Misalnya hanya kepala keluarganya saja.

Ia akan ditanyai ada berapa jumlah anggota keluarga yang ada. Atau bisa juga hanya mengumpulkan kepada dusun atau kepala desanya untuk ditanyai ada berapa banyak jumlah warganya.

Hasil sensus penduduk dan registrasi penduduk mempunyai keterbatasan. Mereka hanya menyediakan data statistik kependudukan, dan kurang memberikan informasi tentang sifat dan perilaku penduduk setempat.

Untuk mengatasi keterbatasan ini, perlu dilaksanakan survei penduduk yang sifatnya lebih terbatas dan informasi yang dikumpulkan lebih luas dan mendalam.

Biasanya survei penduduk ini dilaksanakan dengan sistem sampel atau dalam bentuk studi kasus.

Sebagai misal, Survei Fertilitas dan Keluarga Berencana di Mojolama Kabupaten Bantul dilaksanakan oleh Lembaga Kependudukan Universitas Gadjah Mada, dan survei mengenai mobilitas sirkuler oleh Ida Bagoes Mantra dilaksanakan di Dukuh Piring (Bantul) dan Dukuh Kadirojo (Sleman).

Sumber:
Bagoes, Ida Mantra. 2010. Demografi Umum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
https://bisnispro.id

iklan tengah