Apa yang dimaksud dengan Iman Kepada Rasul?

Beriman kepada rasul mengandung maksud meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah telah mengutus para rasul-Nya untuk menyampaikan wahyu kepada umat-Nya. 

Para rasul bertugas menyampaikan wahyu dari Allah untuk memberikan petunjuk bagi umat manusia ke jaan yang lurus sehingga dapat mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. 

Oleh sebab itu kita wajib mempercayai dengan sepenuh hati terhadap kerasulan para utusan Allah tersebut sebagaimana firman-Nya: 


"Sesungguhnya Allah telah memberi karunia kepada orang-orang beriman ketika (Allah) mengutus seorang Rasul (Muhammad) di tengah-tengah mereka dari kalangan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, menyucikan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka Kitab (Al Qur'an) dan Hikmah (Sunnah, meskipun sebelumnya mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata." (Q.S. Ali Imran/3:164)


Ayat tersebut memberikan penjelasan kepada kita bahwa Allah mengutus rasul dari kalangan manusia sendiri sehingga dapat diteladani. 

Umat Islam wajib mengimani seluruh rasul yang diutus oleh Allah Swt. 

Kita idak hanya diperintahkan untuk mengimani Nabi Muhammad saw., tetapi juga harus meyakini seluruh utusan Allah sepanjang zaman yang jumlahnya ada 25 rasul

iklan tengah