Sebutkan para Rasul Ulul Azmi!

Kalian sudah tahu bahwa Nabi dan Rasul yang wajib kita ketahui ada 25 orang. 

Di antara 25 rasul tersebut ada rasul yang diberi gelar Ulul Azmi yang arinya orang-orang yang memiliki keteguhan hati dalam menghadapi dan cobaan dari Allah Swt. Adapun rasul tersebut adalah 

a. Nabi Nuh a.s. 

b. Nabi Ibrahim a.s. 

c. Nabi Musa a.s. 

d. Nabi Isa a.s. 

e. Nabi Muhammad saw. 


Para rasul ulul azmi diberikan mu’jizat kemampuan luar biasa oleh Allah agar umatnya percaya bahwa dirinya adalah seorang rasul pilihan Allah Swt. Adapun mujizat yang diberikan oleh Allah kepada para nabi Ulul Azmi adalah: 


1. Nabi Nuh a.s. 

Nabi uh a.s. diberi mu’jizat oleh Allah dapat membuat perahu yang sangat besar yang dapat memuat semua umatnya yang beriman kepada Allah dan semua jenis hewan yang hidup pada zaman tersebut sepasang-sepasang. 


2. Nabi Ibrahim a.s. 

Mu’jizat yang diberikan oleh Allah kepada abi Ibrahim a.s. adalah tidak terbakar oleh api ketika dibakar oleh Raja Namrud. 


3. Nabi Musa a.s. 

Mu’jizat yang diberikan oleh Allah kepada abi Musa a.s. adalah tongkatnya dapat berubah menjadi ular raksasa, tangannya dapat mengeluarkan cahaya ketika diminta bukti atas kerasulannya, serta dapat membelah laut Merah menjadi jalan ketika dikejar oleh raja Fir'aun dan bala tentaranya. 


4. Nabi Isa a.s. 

Mu’jizat yang diberikan oleh Allah kepada abi Isa as. adalah dapat mengobati berbagai macam penyakit yang sulit disembuhkan, membuat burung dari tanah, dan dapat menghidupkan orang yang sudah meninggal walaupun sebentar. 


5. Nabi Muhammad saw. 

Mu’jizat yang diberikan oleh Allah kepada abi Muhammad saw. adalah terbelahnya bulan menjadi dua walaupun hanya tampaknya, dapat mengeluarkan air dari celah-celah jarinya, al-Qur’ān sebagai kitab yang paling lengkap dan sempurna serta selalu dijaga kemurniaannya sampai akhir zaman serta perisiwa isra miraj dari Masjidil Haram sampai Sidratul Muntaha.

iklan tengah