Buatlah Contoh Teks Negosiasi!

Berikut ini adalah contoh teks negosiasi:

Pihak Bank : “Selamat siang, pak. Silakan dudu”’.

Pengusaha : “Selamat siang. Ya, terimakasih”.

Pengusaha : ”‘Begini mbak. Saya mempunyai usaha-usaha furnitur. Saya ingin mengajukan proposal peminjaman uang”.

Pihak Bank ; “Bisa saya lihat proposalnya?”

Pengusaha : “Eeee... Silakan mbak”.

Pengusaha :”Usaha ini sudah turun temurun dari kakek saya. Saya berencana memperluas penjualan sampai luar negeri. Karena sudah ada permintaan dari luar negeri”.

Pihak Bank : “Begini pak. Untuk proposal ini tidak ada masalah , cuma untuk Rp 800.000.000,00 kami dari pihak bank tidak bisa memenuhinya. Pihak bank hanya sanggup memenuhi Rp 500.000.000,00 dengan bunga 5 %”

Pengusaha : “Tidak bisa tambah mbak? Saya yakin usaha ini akan sangat sukses”.

Pihak Bank : “Mungkin jika tambah sedikit bisa”

Pengusaha : “Jika Rp 700.000.000,00 bagaimana mbak”?

Pihak Bank : “Maaf pak, kami maksimal hanya mampu”. . . (pembicaraan di sela oleh pengusaha)

Pengusaha : “Pokoknya saya mau Rp700.000.000,00! Usaha furnitur saya pasti akan sukses mbak, jangan khawatir”.

Pihak Bank :” Maaf pak, sesuai dengan ketentuan yang berlaku, kami hanya bisa menyediakan Rp650.000.000,00”

Pengusaha : “Eee... Baiklah mbak Rp 650.000.000,00 tidak apa-apa”.

Pihak Bank : “Silakan pak menunggu sebentar”.

Pihak Bank : “Ini pak uangnya Rp Rp 650.000.000,00 dengan bunga 5 %”.

Pengusaha : “Iya mbak. Terimakasih. Selamat siang”.

Pihak Bank : “Selamat siang” 

iklan tengah