Apa Yang Dimaksud Dengan Sifat Tempramental (Ghadhab)?

Temperamental atau sifat mudah marah dalam bahasa Arab berasal dari kata ghadhab, dari kata dasar ghadhiba– yaghdhibu–ghadhaban. 

Menurut istilah, ghadhab berarti sifat seseorang yang mudah marah karena tidak senang dengan perlakuan atau perbuatan orang lain. Sifat amarah, selalu mendorong manusia untuk bertingkah laku buruk. 

 Menurut Sayyid Muhammad Nuh dalam kitab ‘Afatun ‘ala at-Thariq marah adalah perubahan emosional yang menimbulkan penyerangan dan penyiksaan guna melampiaskan dan mengobati apa yang ada di dalam hati. 

Sedangkan dalam perspektif ilmu tasawuf, Imam An-Nawawi menyebutkan bahwa marah adalah tekanan nafsu dari hati yang mengalirkan darah pada bagian wajah yang mengakibatkan kebencian kepada seseorang. 

 Lawan kata dari sifat ghadhab adalah rida atau menerima dengan senang hati dan al-hilm atau murah hati, tidak cepat marah. Ghadhab sering dikiaskan seperti nyala api yang terpendam di dalam hati, sehingga orang yang sedang dalam keadaan marah, wajahnya akan memerah seperti api yang menyala. 

 Sifat ghadhab harus dihindari, karena sifat ghadhab tidak akan pernah menyelesaikan masalah, justru sebaliknya akan menimbulkan masalah baru. Seorang muslim harus senantiasa bersabar dan berusaha menahan amarahnya. 

 Imam Al-Ghazali mengatakan, bahwa orang yang bersabar adalah orang yang sanggup bertahan menghadapi rasa sakit serta sanggup memikul beban atas sesuatu yang tidak disukainya. Rasulullah Saw. bersabda sebagai berikut: ُ د ْ ِدي َّ َ ا الش م َّ ِ ن ِة , ا َ ع ْ ر االصُّ ِ ب ُ د ْ ِدي َّ َس الش ْ ي َ : ل َ َ ال ِ صلى الله عليه وسلم ق ّٰ الل َ ل ْ و سُ َ ر َّ ن َ ُ ا ه ْ ن َ ُ ع ّٰ ِضَي الل َ ر َ ة رَ ْ ي رَ ُ ْي ه ِ ب َ ْ أ ن َ ع (ر ُ ِب . )متفق عليه ضَ َ غ ْ َ ال د ْ ِ عن ُ ه سَ ْ ف َ ن ُ ِلك ْ م َ ي ِذي ْ َّ ال 

Artinya: Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah Saw bersabda: “Orang yang kuat, bukanlah orang yang menang berkelahi, namun orang kuat adalah orang yang mampu menguasai dirinya ketika ia sedang marah”. (H.R. Bukhari dan Muslim)

iklan tengah