Komponen Sistem Informasi Geografis

Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu menjelaskan komponen-komponen SIG dengan tepat.

A. PENGAMATAN
Berikan pendapat Saudara tentang

B. PERTANYAAN

C. EKSPLORASI

Hardware atau perangkat keras yaitu komponen SIG yang berupa perlengkapan yang mendukung kerja SIG. Perangkat keras ini terdiri atas seperangkat komputer seperti CPU, monitor, printer, digitizer, scanner, plotter, CD Room, floopy, dan flashdisk.
Software atau perangkat lunak adalah komponen SIG yang berupa program-program yang mendukung kerja SIG, seperti Arc GIS, Mapinfo, dan Arc view.
Masukan data bisa dilakukan jika data yang diperlukan telah tersedia. Kemudian baru dilakukan pengolahan data (mengumpulkan, memanipulasi, mengklasifikasi, dan analisis). Tujuan akhir adalah mencetak hasilnya berupa peta, tabel, dan grafik. Dalam SIG, data yang bisa diproses adalah data spasial. Data spasial merupakan data yang mempresentasikan fenomena-fenomena yang terdapat di permukaan bumi seperti data posisi dan koordinat.

Data spasial dibedakan menjadi dua, yaitu data grafis dan data atribut. Data spasial terdiri dari empat elemen gambar, yaitu titik, garis, area, dan permukaan.
Komponen manusia sebagai pengguna (brainware), yaitu pelaksana yang bertanggungjawab dalam proses pengumpulan, proses analisis, dan publikasi data geografis.

D. ASOSIASI


E. PRESENTASI


Uji Kemampuan
Untuk mengetahui kemampuan Saudara dalam penguasaan materi pembelajaran, silahkan klik link berikut ini.

iklan tengah