Lapisan Bumi

APERSEPSI
Di dalam Planet Bumi isinya apa saja?

Berdasarkan penelitian dengan menggunakan berbagai ilmu pengetahuan, para ahli menyusun lapisan bumi dalam tiga bagian besar, yaitu kerak bumi, selimut, dan mantel bumi.

1. Kerak Bumi (Crust)
Lapisan ini menempati bagian paling atas /permukaan bumi dengan tebal rata-rata antara 10-50 km. Tebal lapisan ini tidak sama di semua tempat.

Secara garis besar, di atas benua (contonental crust) tebalnya berkisar antara 20-50 km, sedangkan di dasar laut (oceanic crust) hanya sekitar 10-12 km. Lapisan ini ada yang membedakannya lagi, yaitu:
  • Lapisan granitis: suatu nama yang diberikan mengingat materi yang menyusunnya kebanyakan berupa batuan granit. Lapisan ini menempati lapisan paling atas setebal 10-15 km, dengan penghantara kecepatan gelombang Primer (pada seismogram) sekitar 0,5 km/detik. Lapisan ini tidak ditemukan di semua tempat, umumnya di di dasar laut tidak dijumpai lapisan ini
  • Lapisan Basaltis: kebanyakan tersusun dari materi basalt yang bersifat basa (kandungan silika rendah) dengan densitas atau kepadatan yang lebih besar. Letaknya di bawah lapisan granitis pada kedalaman 30-50 km. Kecepatan gelombang primer berkisar antara 6,5 km/dt.

2. Selimut (Mantle)
Lapisan ini menempati bagian sebelah bawah dari kerak bumi, Pada umumnya dibagi atas 3 bagian lagi, yaitu:

  • Litosfer, letaknya paling atas dari selimut bumi. Terdiri dari materi yang berwujud padat dengan tebal sekitar 50-100 km. Bersama-sama dengan kerak bumi sering disebut pula lempeng litosfer yang mengapung di atas materi yang agak kental yakni astenosfer.
  • Astenosfer, berupa lapisan yang letaknya berada di bawah litosfer, berwujud kental dengan tebal sekitar 100-400 km. Karena itu kecepatan gelombang pada saat melewati lapisan ini agak menurun.
  • Mesosfer, wujudnya padat dengan tebal sekitar 2.400 - 2.750 km terletak di bawah astenosfer. Kecepatan gelombang primer bertambah sekitar 8 km/dt di litosfer sampai dengan sekitar 13 km/dt di lapisan ini.

3. Inti (Core)
Bagian paling dalam dari lapisan bumi disebut inti bumi. Lapisan ini dapat dibedakan atas inti luar dan inti dalam.

  • Inti bagian luar (Outer Core), diduga berwujud cair, sebab lapisan ini tidak dapat dilalui oleh gelombang sekunder. Tebal lapisan ini sekitar2.270 km.
  • Inti bagian dalam (Inner Core), diduga berwujud padat, tersusun dari materi berupa besi dan nikel dengan densitas sekitar 10gr/cm3 ke atas, tebal sekitar 1.216 km.

Baca selengkapnya DISINI

iklan tengah