Menentukan konservasi Flora dan Fauna

Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu menentukan usaha konservasi flora dan fauna dengan benar.

A. PENGAMATAN
Berikan pendapat Saudara tentang

B. PERTANYAAN

C. EKSPLORASI
Menurut UU No. 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem, konservasi sumber daya alam hayati adalah pengelolaan sumber daya alam hayati yang pemanfaatannya dilakukan secara bijaksana untuk menjamin kesinambungan persediaanya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas keanekaragaman dan nilainya.

Bentuk-bentuk uapaya konservasi adalah sebagai berikut:

Adalah kawasan suaka alam karena keadaan alamnya mempunyai kekhasan tumbuhan, satwa, dan ekosistemnya atau ekosistem tertentu perlu dilindungi dan perkembangannya berlangsung secara alami.

Adalah kawasan suaka alam yang mempunyai ciri khas berupa keanekaragaman dan atau keunikan jenis satwa yang untuk kelangsungan hidupnya dapat dilakukan pembinaan terhadap habitatnya.

Adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi. Seringkali taman nasional awalnya merupakan cagar alam atau suaka margasatwa yang kemudian diperluas dan ditetapkan sebagai taman nasional.

Adalah kawasan pelestarian alam untuk tujuan koleksi tumbuhan dan/atau satwa yang dialami atau buatan, jenis asli dan/atau bukan asli, yang dimanfaatkan bagi kepentingan penelitan, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, budaya, pariwisata, dan rekreasi.

Adalah kawasan pelestarian alam yang terutama dimanfaatkan untuk pariwisata dan rekreasi alam.

Contoh tempat-tempat konservasi flora dan fauna dunia:

tulisan disinii

tulisan disinii

tulisan disinii

tulisan disinii

tulisan disinii

tulisan disinii



D. MENGOLAH INFORMASI


E. MENGKOMUNIKASIKAN


Uji Kemampuan
Untuk mengetahui kemampuan Saudara dalam penguasaan materi pembelajaran, silahkan klik link berikut ini.

iklan tengah