Penggolongan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah semua potensi alam, baik berupa benda mati maupun makhluk hidup, yang berada di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Terdapat beberapa sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan dengan berbagai cara.
Sumber daya alam tersebut dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Berdasarkan bagian atau bentuk yang dapat dimanfaatkan, sumber daya alam dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
  1. Sumber daya materi, yaitu sumber daya alam yang berbentuk materi. Contohnya mineral magnetit, limonit, siderit. Mineral-mineral tersebut dapat dilebur menjadi baja.
  2. Sumber daya hayati, adalah sumber daya alam yang berbentuk makhluk hidup, yaitu hewan dan tumbuhan.
  3. Sumber daya energi, yaitu sumber daya alam yang berguna untuk menghasilkan energi. Contohnya, bahan bakar fosil, gas alam, dan batu bara.
  4. Sumber daya ruang, yaitu ruang atau tempat yang diperlukan manusia untuk melakukan aktivitas hidup.
  5. Sumber daya waktu, yaitu keterkaitan waktu dengan pemanfaatan sumber daya alam lainnya. Contohnya, air sulit didapatkan pada musim kemarau sehingga perkembangan tanaman pertanian terganggu.

Berdasarkan pembentukannya, sumber daya alam dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
  1. Sumber daya alam yang dapat diperbarui, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui setelah dimanfaatkan atau dapat dibentuk kembali oleh alam dalam waktu relatif singkat. Contohnya, air, udara, dan tanah.
  2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, yaitu sumber daya alam yang apabila telah habis dipakai maka tidak dapat diperbarui kembali. Contohnya, minyak bumi, batubara, emas, dan tembaga.

iklan tengah