Soal TKP Jejaring Kerja

Jejaring Kerja adalah salah satu kegiatan penting dalam berorganisasi yang pada dasarnya agar tujuan organisasi dapat tercapai dengan efektif dan efisien. 

Dengan melakukan koordinasi dan kolaborasi antar bagian dari satu organisasi atau dengan organisasi lain, akan memudahkan setiap individu mengatasi masalah untuk tujuan bersama.

Jejaring kerja mengacu kepada praktik antara dua pihak atau lebih untuk mencapai tujuan bersama (mungkin juga termasuk cara/metodenya), kebalikan dari bekerja sendiri-sendiri dan berkompetisi. Motivasi utama dari kerjasama biasanya adalah memperoleh kemanfaatan bersama (hasil yang saling menguntungkan) melalui pembagian tugas. 

Seperti halnya dengan koordinasi, selain memperoleh hasil seefisien mungkin, para pihak biasanya bekerjasama dengan harapan menghemat biaya dan waktu. 

Kerjasama umumnya dilakukan untuk memecahkan persoalan dalam lingkungan dan sistem yang kompleks.

Pentingnya jejaring kerja adalah menimbulkan komitmen dari setiap unsur yang terkait dengan menempatkan setiap individu pada jejaring tersebut serta menjadi jembatan penghubung antara pribadi dengan kehidupan profesional dan antara satu institusi dengan institusi lainnya. 

Kita hidup dalam dunia yang penuh dengan jejaring kerja yang tumpang tindih bagaikan galaksi dari tatanan kerja.

Membangun jejaring kerja (kemitraan) pada hakekatnya adalah sebuah proses membangun komunikasi atau hubungan, berbagi ide, informasi dan sumber daya atas dasar saling percaya (trust) dan saling menguntungkan diantara pihak-pihak yang bermitra yang dituangkan dalam bentuk nota kesepahaman atau kesepakatan guna mencapai kesuksesan bersama yang lebih besar. 


Tujuan Membangun Jejaring Kerja (Kemitraan)

Ada beberapa tujuan yang ingin dicapai oleh suatu organisasi dalam membangun Jejaring Kerja (kemitraan ) yaitu sebagai berikut:


1. Meningkatkan partisipasi masyarakat; 

Salah satu tujuan membangun Jejaring Kerja (kemitraan) adalah membangun kesadaran masyarakat terhadap eksistensi organiasi tersebut, menumbuhkan minat dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam  pengembangan oranisasi. 

Masyarakat disini memiliki arti luas tidak hanya pelanggan tetapi termasuk juga pengguna, dinas atau departemen terkait, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, lembaga pendidikan, dunia usaha dan industry (dudi), tokoh masyarakat dan stake holder lainnya.


2. Peningkatan mutu dan relevansi; 

dinamika perubahan/perkembangan masyarakat sangat tinggi. Lembaga kursus jika ingin tetap eksis harus mampu bersaing dengan kompetitor lain. Untuk itu, organisasi dituntut untuk terus melakukan inovasi, peningkatan mutu dan relevansi program yang dibuatnya sesuai kebutuhan pasar. 

Untuk itu, membangun Jejaring Kerja (kemitraan) diperlukan guna merancang program yang inovatif, meningkatkan mutu layanan dan relevansi program dengan kebutuhan pasar


Prinsip dalam Membangun Jejaring Kerja (Kemitraan)

1. Kesamaan visi-misi;

Kemitraan hendaknya dibangun atas dasar kesamaan visi dan misi dan tujuan organisasi. Kesamaan dalam visi dan misi menjadi motivasi dan perekat pola kemitraan. Dua atau lebih lembaga dapat bersinergi untuk mencapai tujuan yang sama.


2. Kepercayaan (trust);

Setelah ada kesamaan visi dan misi maka prinsip berikutnya yang tidak kalah penting adalahadanya rasa saling percaya antar pihak yang bermitra. Oleh karena itu kepercayaan adalah modal dasar membangun jejaring dan kemitraan. Untuk dapat dipercaya maka komunikasi yang dibangun harus dilandasi itikad (niat) yang baik dan menjunjung tinggi kejujuran


3. Saling menguntungkan;

Asas saling menguntungkan merupakan fondasi yang kuat dalam membangun kemitraan. Jika dalam bermitra ada salah satu pihak yang merasa dirugikan, merasa tidak mendapat manfaat lebih, maka akan menggangu keharmonisan dalam bekerja sama. Antara pihak yang bermitra harus saling memberi kontribusi sesuai peran masing-masing dan merasa diuntungkan.


4. Efisiensi dan efektivitas;

meningkatkan efisiensi waktu, biaya dan tanaga. Efisiensi tersebut tentu saja tidak mengurangi kualitas proses dan hasil. Justru sebaliknya dapat meningkatkan kualitas proses dan produk yang dicapai. Tingkat efektifitas pencapaian tujuan menjadi lebih tinggi jika proses kerja kita melibatkan mitra kerja. Dengan kemitraan dapat dicapai kesepakatan-kesepakatan dari pihak yang bermitra tentang siapa  melakukan apa sehingga pencapaian tujuan menjadi lebih efektif.


5. Komunikasi timbal balik;

Komunikasi timbal balik atas dasar saling menghargai satu sama lain merupakan fondamen dalam membangun kerjasama. Tanpa komunikasi timbal balik maka akan terjadi dominasi satu terhadap yang lainnya yang dapat merusak hubungan yang sudah dibangun.


6. Komitmen yang kuat;

Jejaring Kerja sama akan terbangun dengan kuat dan permanen jika ada komitmen satu sama lain terhadap kesepakatan-kesepakatan yang dibuat bersama.


Strategi membangun jejaring kerja personal :

1. Menjadi pendengar yang baik

Pada umumnya, orang-orang lebih senang membicarakan tentang diri mereka sendiri. Mereka akan selalu berpikir, “Apa yang bisa saya peroleh?” atau “Apa keuntungan percakapan ini untuk diri saya sendiri?” Bila kita mampu  menunjukkan ketertarikan terhadap apa yang mereka pikirkan ataupun katakan secara tulus, tidak dibuat buat maka kita akan amendapatkan banyak keuntungan. 

Dengan menjadi pendengar yang baik kita akan mampu memvisualisasikan siapa saja yang harus kita dekati. Sehingga tak perlu membuang waktu dengan mengikuti perkumpulan yang tidak berhubungan dengan target yang ingin kita capai.. Karena kekuatan networking terletak pada kualitas dibandingkan kuantitas atau jumlahnya.


2. Mengupayakan dalam 72 jam kita harus berusaha menjalin komunikasi dengan calon partner kita agar mereka tidak melupakan kita begitu saja. 

Langkah yang bisa kita lakukan adalah mengirimkan kartu pos, mengirimkan e-mail, surat, menelpon seraya mengungkapkan kebahagiaan kita mendapatkan kesempatan bertemu mereka atau menanyakan kabar tentang anak-anak, usaha, maupun hobi yang sedang mereka kerjakan. Cara lain adalah mengirimkan sesuatu dan menyampaikan kesan mendalam sekaligus keinginan untuk bertemu mereka suatu saa tnanti, dan lain sebagainya. Ciptakan berbagai langkah menciptakan jalinan komunikasi, karena hal itu akan membuat mereka lebih mengingat kita. Sehingga apabila suatu ketika kita menghubungi atau bertemu lagi, mereka akan dengan mudah mengingat dan menjalin keakraban dengan kita.


3. Bersikap sabar tetapi aktif dan proaktif dalam memberi. 

Memberi bisa dilakukan dalam berbagai cara entah dalam bentuk pelayanan atau kontribusi kepada perorangan maupun group. Milikilah nilai tersendiri bagi orang lain, dengan menciptakan kerjasama yang memberikan kemudahan dan berbagai nilai yang menguntungkan mereka.


4. Bersikap lebih cerdas dan selalu menyampaikan informasi yang akurat dan apa adanya. 

Caranya adalah dengan terus belajar banyak hal setiap ada kesempatan (banyak membaca, mengikuti seminar, worksop, kompetisi, expo, dsb) sehingga kita akan lebih dikenal dibandingkan orang lain karena kelebihan ilmu pengetahuan yang kita miliki.


5. Kesinambungan komunikasi

Kita harus selalu meluangkan waktu untuk melakukan komunikasi guna mengembangkan dan mempertahankan hubungan yang sudah terbangun. Salah satu alasannya karena tak ada jalan pintas dalam mengembangkan dan mempertahankan networking kecuali kesinambungan komunikasi.. 

Joe Girald dalam bukunya The Greatest Salesman In The World, menyatakan bahwa kesinambungan komunikasi sudah dapat memperluas networking. Ia berpendapat orang biasapun memiliki sekurang-kurangnya 250 orang yang cukup dekat dalam kehidupannya. 

Berdasarkan sebuah penelitian, sebagian besar orang tidak akan pernah menyadari sedang memerlukan orang lain sebelum berkomunikasi dengan orang yang bersangkutan selama 8-10 kali.Jangan pula berkeinginan untuk menunda menjalin komunikasi dengan orang lain, karena selain tak mendapatkan hubungan baru kita juga akan kehilangan semangat baru.

Jejaring kerja mengedepankan keinginan dan kemampuan CPNS yang kuat untuk memperkuat dan memperluas jaringan kerja dengan baik. Mitra jaringan kerja bermacam-macam, mulai dari masyarakat, institusi dalam negeri, maupun institusi luar negeri.

Pada soal jejaring kerja/kemitraan biasanya terdapat unsur kinerja dan koreksi. Oleh karena itu pilihlan jawaban yang mencerminkan sikap supel dan terbuka ke semua orang.

Contoh Soal TKP Tentang Jejaring Kerja

1. Anda bersama salah satu rekan kerja melakukan kunjungan ke kantor klien. Pada saat kunjungan tersebut Anda melihat ada salah satu klien yang terlihat kurang profesional dan kurang cakap dalam perundingan kerjasama. Padahal Anda perlu banyak informasi dan data mengenai program kerjasama yang akan segera disepakati. Sikap Anda pada situasi tersebut adalah …..
A. Meminta rekan kerja saya untuk mahir serta mampu bernegosiasi dengan klien tersebut. Berharap akan mendapatkan sisi keuntungan yang lebih dari keadaan klien yang kurang cakap dalam perundingan
B. Menyampaikan kepada atasan mengenai klien tersebut kepada atasan untuk dijadikan salah satu pertimbangan untuk melanjutkan program kerjasama untuk periode selanjutnya
C. Membatalkan kesepakatan kerjasama yang telah terjalin, untuk program yang telah terlanjut berjalan bisa diberikan kepada pihak lain dan saya akan menyarankan klien tersebut untuk mencari mitra kerjasama yang lain
D. Berusaha dan mencoba tetap mencari informasi penting meskipun saya yakin untuk membatalkan kerjasama dengan mitra tersebut
E. Berusaha untuk tidak terlalu kaku dan arogan dalam menggali informasi dari klien tersebut sehingga ia tidak gugup dan bisa berunding secara professional

e. Berusaha untuk tidak terlalu kaku dan arogan dalam menggali informasi dari klien tersebut sehingga ia tidak gugup dan bisa berunding secara professional

2. Dalam rangka merayakan ulang tahun anak rekan kerja anda yang sangat dekat dengan anda. Rekan anda mengundang anda dan miminta anda untuk datang ke acara ulang tahun anak nya tersebut yang akan di adakan besok malam di sebuah restoran cepat saji tidak jauh dari kontrakan anda. Anda tahu persis sudah pasti akan diadakan pesta untuk anak-anak yang sangat meriah. Padahal anda sendiri sangat tidak menyukai anak-anak, maka yang anda lakukan…
A. Menelpon dan memohon maaf karna tidak akan hadir dan memberi kado di lain kesempatan
B. Hadir sebentar saja, memberikan kado dan segera pulang untuk menghargai undangannya
C. Datang dengan ekspresi yang tidak menyenangkan karna banyak anak-anak
D. Datang dan memberi kado dan mengikuti acara sampai selesai
E. Tidak datang tanpa konfirmasi apapun karena jika datang anda akan merasa sangat terganggu dengan keberadaan anak-anak

d. Datang dan memberi kado dan mengikuti acara sampai selesai

3.  Seorang relasi kerja yang sangat dekat dengan saya, mengundang saya untuk menghadiri acara pernikahan anaknya di kota yang sangat jauh dari tempat saya berada. Saya akan..
A. Mengirim anak buah saya untuk datang karena tidak kuat melakukan perjalanan jauh
B. Mendatangi undangan tersebut sebagai penghormatan kepadanya
C. Mendatangi undangan tersebut karena dia merupakan pemberi keuntungan yang cukup besar pada perusahaan saya
D. Mendatangi undangan tersebut dengan mengajak seluruh keluarga saya
E. Tidak menghadiri acara namun memberi sumbangan yang cukup besar

d. Mendatangi undangan tersebut dengan mengajak seluruh keluarga saya

4. Menurut saya cara yang paling mudah yang dapat dilakukan untuk mendapatkan jaringan kerja baru yang berkompeten adalah.....
A. Mencari dari lingkaran pertamanan dekat
B. Mencari dari lingkungan keluarga
C. Mencari dari lingkup profesional
D. Mencari dari kelompok minat yang sama dengan saya
E. Mencari dari alumni tempat saya kuliah

e. Mencari dari alumni tempat saya kuliah

5. Saat sedang sibuk mengerjakan suatu proyek saya mendapat undangan uang tahun seorang teman lama. Saya akan...
A. Mengabarkan bahwa saya sangat sibuk
B. Tidak menghadirinya
C. Meminta maaf karena tidak dapat hadir
D. Tetap hadir karena pesta ulang tahun tidak begitu mengganggu pekerjaan saya
E. Hadir sebentar dan langsung kembali pulang untuk bekerja lagi

d. Tetap hadir karena pesta ulang tahun tidak begitu mengganggu pekerjaan saya

6. Saya mendapatkan sebuah proyek pekerjaan dengan nilai yang cukup besar karena rekomendasi dari seorang relasi. Yang saya lakukan untuk membalas kebaikannya adalah....
A. Memberinya proyek dengan nilai setimpal pada lain kesempatan
B. Mengajaknya untuk bekerjasama dalam mengerjakan proyek tersebut dan berbagi hasil
C. Membantunya saat dia membutuhan bantuan
D. Memberinya bagian hasil dari keuntungan yang saya dapatkan
E. Membelikannya hadiah sebagai rasa terima kasih saya

c. Membantunya saat dia membutuhan bantuan

7. Kantor menugaskan saya untuk mencari relasi dan jaringan baru untuk memperluas pemasaran produk kami. Yang saya lakukan adalah......
A. Membuat jaringan dari teman-teman dekat saya
B. Mencari relasi yang memiliki rekam jejak dalam pemasaran produk
C. Mencari relasi dan jaringan pemasaran yang mudah diajak bekerjasama
D. Mencari relasi dan jaringan pemasaran yang memiliki visi sama dengan perusahaan
E. Mencari relasi dan jaringan pemasaran yang ikut siap mengembangkan dan memperluas pemasaran produk

e. Mencari relasi dan jaringan pemasaran yang ikut siap mengembangkan dan memperluas pemasaran produk

8. Saya adalah seorang teknisi pada sebuah perusahaan teknologi terkemuka. Suatu hari terjadi kerusakan mesin yang sangat vital pada kantor cabang kami, dan harus diselesaikan dengan segera. Padahal saat itu saya sedang mengerjakan perbaikan pada mesin di kantor lain yang jaraknya sangat jauh. Saya akan....
A. Meminta kantor untuk menugaskan teknisi lain yang sedang tidak melakukan pekerjaan
B. Segera menyelesaikan pekerjaan saya dan menuju ke sana untuk memperbaikinya
C. Menuju ke sana untuk memperbaikinya dengan segera
D. Menghubungi rekan teknisi yang dekat dengan lokasi mesin dan memintanya untuk memperbaikinya
E. Menuju kesana untuk memperbaikinya dan meminta teman untuk menyelesaikan pekerjaan yang sedang saya kerjakan saat ini.

d. Menghubungi rekan teknisi yang dekat dengan lokasi mesin dan memintanya untuk memperbaikinya

9. Guna mencapai tujuan yang saya inginkan saya akan...
A. Meminta bantuan orang lain
B. Berusaha dengan prinsip biar lambat asal selamat
C. Menyerahkan pada nasib
D. Berusaha dengan sekeras-kerasnya
E. Berusaha sesuai kemampuan tanpa target

a. Meminta bantuan orang lain

10. Saya membuat rekan kerja saya kecewa dengan keputusan saya. Saya akan...
A. Merasa bingung dan terus memikirkannya
B. Cuek saja, saya masih punya banyak rekan kerja lain
C. Membiarkan saja, nanti pasti akan baik sendiri
D. Meminta maaf dan berusaha untuk memperbaiki
E. Merasa takut ia akan meninggalkan saya

D. Meminta maaf dan berusaha untuk memperbaiki

11. Dalam waktu hanya satu bulan, saya harus membuat laporan hasil survei dari seluruh wilayah kerja yang sangat luas. Yang akan saya lakukan...
A. Mengajak petugas yang ada di wilayah untuk bekerjsasama menyelesaikan survei
B. Melaksanakan survei sendirian sesuai perintah
C. Meminta bantuan beberapa teman yang saya  percaya untu menyelesaikan survei
D. Membuat laporan hasil survei secara asal-asalan tanpa datang ke wilayah
E. Membuat laporan hasil survei berdasarkan data hasil survei tahun lalu

a. Mengajak petugas yang ada di wilayah untuk bekerjsasama menyelesaikan survei

12. Sebagai sebuah wedding organizer, saya mendapatkan klien yang meminta pernikahan dalam budaya asal mereka yang sepertinya susah untuk didapatkan baju dan alat-alat lainnya karna sangat jauh dari tempat tinggal saya. Saya akan....
A. Menyarankan mereka untuk menggunakan baju adat tempat tinggal saat ini saja yang lebih mudah didapatkan
B. Menyarankan mereka untuk menggunakan pakaian nasional saat resepsi pernikahan
C. Memenuhi semua permintaan mereka untuk menggunakan budaya asal mereka dalam pernihakan.
D. Memenuhi semua permintaan mereka untuk menggunakan budaya asal mereka dalam pernikahan dengan syarat semua baju dan alat dipersiapkan oleh mereka.
E. Menghubungi rekan wedding organizer dari daerah asal mereka untuk membantu saya.

e. Menghubungi rekan wedding organizer dari daerah asal mereka untuk membantu saya.

14. Kalau saya membeli hadiah untuk teman, sebelum membeli saya akan mempertimbangka...
A. Uang yang saya miliki
B. Kemampuan saya dan kesenangan teman saya
C. Uang saya dan sedikit kesenangan teman saya
D. Mengesampingkan keuangan saya
E. Lebih mempertimbangkan kesenangan teman saya

B. Kemampuan saya dan kesenangan teman saya

15. Dalam hubungan pertemanan, saya senang apabila mendapati teman baru yang...
A. Periang dan berpikir positif
B. Memiliki wawasan luas
C. Santun dan rendah hati
D. Mudah menyesuaikan diri
E. Memiliki pengalaman yang banyak

C. Santun dan rendah hati

16. Cara efektif yang dapat dilakukan untuk memelihara hubungan kerja dengan relasi dan pelanggan adalah.....
A. Memberikan mereka banyak hadiah
B. Memberikan servis yang baik
C. Memberikan diskon pada saat mereka melakukan pembelian
D. Menganggap mereka sebagai keluarga dan tidak sekedar pelanggan
E. Sering berdiskusi tentang apa yang mereka inginkan demi kelancaran hubungan kerja

e. Sering berdiskusi tentang apa yang mereka inginkan demi kelancaran hubungan kerja

17. Saya mendapat tawaran untuk mengembangkan usaha dengan membuka cabang restoran milik saya di kota lain. Saya akan...
A. Meminta pertimbangan kepada keluarga apa yang sebaiknya saya lakukan
B. Menolaknya karena masih belum yakin untuk membuka cabang
C. Menolaknya karena kota tersebut sangat jauh dari kota saya
D. Menerima dan menganggapnya sebagai peluang untuk meningkatkan brand restoran saya
E. Menerimanya dengan senang hati karena sudah dipercaya untuk membuka cabang di kota tersebut.

c. Menolaknya karena kota tersebut sangat jauh dari kota saya

Mau Beli Soal Ini?

WA: 0858 755 20085



iklan tengah