Soal TKP Kemampuan Bekerjasama Dalam Kelompok

Soal TKP aspek Kemampuan Bekerjasama Dalam Kelompok digunakan untuk melihat tingkat kemampuan calon CPNS dalam menghadapi kendala yang dapat menghalangi potensi terbaiknya untuk bekerja sama di dalam sebuah kelompok

Manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat hidup sendiri, selalu membutuhkan bantuan orang lain. Di sini diperlukan interaksi yang baik. Apabila seseorang dimasukkan pada suatu kelompok, tentulah orang tersebut harus bisa bekerjsa sama dengan baik dalam kelompok agar tujuan kelompok dapat tercapai.

Bekerja sebagai PNS adalah berntuk pengabdian kepada negara. Pekerjaan tersebut banyak dilakukan secara bersama-sama, diambil keputusan bersama, dan dibuat kebijakan untuk semua. Kemampuan seorang CPNS bekerja sama dalam kelompok diuji tahap awal pada tes TKP CPNS dalam aspek bekerja sama dalam kelompok.

Tips
  • Setiap tindakan pasti akan dimintai pertanggung jawabannya, begitu pula ketika bekerja dalam kelompok.
  • Berusahalah Anda menjadi bagian yang berguna di dalam kelompok itu.
  • Apabila Anda ditugaskan sebagai pemimpin maka bagilah tugas-tugas ke anak buah secara adil dan proporsional agar tim solid dan mampu bekerja sama dengan baik.
  • Pada soal ini  biasanya dicirikan dengan adanya tugas/kegiatan kelompok. Oleh karena itu, pilihlah jawaban yang menunjukkan kemamuan bekerjasama dalam kelompok.

Contoh Soal
1. Anda mendapatkan tugas untuk menyelesaikan urusan kantor diluar kota dengan beberapa rekan team lainnya. Karena tugas ini sangat penting bagi perusahaan, anda diminta untuk bekerja dengan cermat, cepat, efektif dan efisien dan selalu mematuhi SOP yang ada. Namun ada salah satu dari rekan anda yang melakukan kesalahan cukup fatal karena tidak bekerja sesuai dengan prosedur, yang anda lakukan
  • Mendalami kesalahan yang telah diperbuat teman tersebut
  • Memintanya untuk mempertanggung jawabkan kesalahannya kepada atasan
  • Membicarakannya dengan rekan kerja yang lain untuk mengambil sikap
  • Mengelurkannya dari team dan menyuruh bertanggung jawab
  • Membicarakan kepada atasan tentang permasalahan tersebut

c. Membicarakannya dengan rekan kerja yang lain untuk mengambil sikap

2. Siang ini semua karyawan dikumpulkan oleh atasan anda untuk membicarakan permasalahan kantor. Kemudian pada saat anda diminta atasan anda untuk memberikan tanggapan terhadap sebuah permasalahan yang ada di kantor anda tersebut, tiba tiba rekan kerja anda menyanggah penjelasan anda pada saat anda berbicara, menurut anda
  • Wajar saja, karena dalam diskusi komunikasi harus berlangsung dua arah
  • Mungkin apa yang saya jelaskan barusan tidak sesuai dengan gagasannya, namun ini adalah hal yang wajar di dalam sebuah duskusi
  • Harusnya dia mendengarkan saya dulu, lalu baru berbicara
  • Seharusnya rekan saya bisa angkat tangan jika ingin menyampaikan gagasannya dalam diskusi
  • Teman saya ingin menyampaikan gagasannya juga pada saat saya berbicara

c. Harusnya dia mendengarkan saya dulu, lalu baru berbicara

3. Hari ini di kantor anda akan di adakan rapat besar terkait dengan kebijakan yang akan ditempuh oleh perusahaan dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan terhadapa masyarakat. Semua karyawan yang mewakili divisi masing-masing diminta untuk menyampaikan ide dan gagasan mereka pada saat rapat berlangsung, anda pun telah menyampaikan ide anda sebagai perwakilan dari divisi anda, namun rekan yang lain kurang mendukung ide dan gagasan yang anda ajukan karena dinilai tidak memiliki perubahan signifikan terhadap perusahaan kedepannya, sikap anda
  • Mencoba membicarakan lebih jauh dengan rekan perwakilan divisi yang lain maksud dari gagasan yang anda ajukan dan dampaknya terhadap perusahaan
  • Mencari dukungan dari ketua rapat, dengan memberikan data-data yang mendukung gagasan anda agar diterima
  • Membicarakan dengan rekan divisi lain untuk memadukan gagasan yang anda punya
  • Menggantinya dengan ide lain yang lebih baik dan dapat diterima oleh semua perwakilan divisi
  • Merumuskan ide tersebut secara detail agar rekan rekan yang lain mengerti bahwa gagasan yang anda sampaikan akan berdampak baik bagi kemajuan perusahaan

c. Membicarakan dengan rekan divisi lain untuk memadukan gagasan yang anda punya

4. Anda ditunjuk menjadi seorang pemimpin pada sebuah tim dari berbagai lulusan universitas terkemuka. Akhir akhir ini tim anda mendapatkan banyak tugas dengan deadline yang lumayan singkat, akan tetapi tim anda selalu berhasil menyelesaikan tugas-tugas tersebut dengan hasil yang memuaskan, Banyak yang menilai jika kinerja tim anda sangat bagus. menurut anda apa penyebabnya
  • Seluruh anggota tim bekerja dengan disiplin dan profesional dalam menyelesaikan tugas
  • Semua anggota tim menjiwai tujuan tim
  • Anggota tim masing masing mempunyai potensi yang bagus di setiap bidangnya
  • Kekompakan, bermusyawarah mufakat dalam bekerja
  • Motivasi yang bagus kepada seluruh anggota tim

a. Seluruh anggota tim bekerja dengan disiplin dan profesional dalam menyelesaikan tugas

5. Dalam sebuah kelompok kerja, Anda memiliki tujuh anggota kelompok. Di antara seluruh anggota kelompok tersebut ada salah seorang anggota yang selalu menjadi penghalang dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan perusahaan. Apa yang seharusnya Anda lakukan?
  • Melaporkannya pada pimpinan perusahaan
  • Memaklumi bahwa itulah dinamika yang terjadi dalam satu kelompok
  • Gerak langkah orang tersebut perlu diperhatikan dan diwaspadai
  • Orang tersebut harus segera disingkirkan dari kelompok
  • Memanggilnya dan membicarakan baik-baik dengan seluruh anggota kelompok

b. Memaklumi bahwa itulah dinamika yang terjadi dalam satu kelompok

6. Anda harus bekerja dalam suatu tim yang sebagian besar anggotanya tidak sesuai dengan harapan Anda. Bagaimana Anda akan bekerja?
  • Bekerja dengan setengah hati karena itu bukanlah tim yang Anda harapkan
  • Menerima segala kekurangan dan kelebihan setiap anggota tim
  • Berusaha bekerja dengan profesional
  • Mengajak anggota tim untuk lebih kompak dalam menyelesaikan tugas
  • Membagi tugas masing-masing anggota sesuai kemampuannya

c. Berusaha bekerja dengan profesional

7. Dalam sebuah kepanitiaan sedang dilakukan rapat yang membahas macam-macam seksi kegiatan, sebagai salah satu anggota panitia Anda...
  • Mengambil bagian dalam kegiatan karena terpaksa
  • Mengambil bagian dalam seksi kegiatan yang sesuai dengan kemampuan saya
  • Lebih baik mendengarkan saja
  • Mengambil bagian dalam semua seksi kegiatan
  • Suka menerima hasilnya saja

c. Lebih baik mendengarkan saja

8. Partner kerja yang baik menurut saya adalah yang.....
  • Menurut kepada saya
  • Lebih pintar daripada saya
  • Saling melengkapi dengan saya
  • Berani dan tegas
  • Jujur dan santun

e. Jujur dan santun

9. Dalam bekerja saya senang mempunyai teman yang.....
  • Banyak membantu saya
  • Memacu saya untuk menjadi lebih baik
  • Baik kepada saya
  • Mengerti tugasnya
  • Pintar menghangatkan suasana

b. Memacu saya untuk menjadi lebih baik

10. Secara ideal, saya ingin bekerja dalam sebuah tim yang...
  • Berprestasi tinggi
  • Tidak menyita banyak waktu
  • Terdiri atas bagian-bagian terpisah
  • Saling menopang
  • Memberikan keuntungan

d. Saling menopang

11. Saya ditempatkan dalam sebuah kelompok kerja bersama dengan rekan kerja yang tidak saya sukai secara pribadi. Yang saya lakukan....
  • Membuat kesepakatan untuk membagi pekerjaan dan mengerjakannya masing-masing
  • Bekerja malas-malasan supaya dipindahkan ke tim yang lain
  • Tetap menjalankan pekerjaan dengan baik dan profesional
  • Menghadap atasan untuk meminta pindah kelompok kerja
  • Menjalankan pekerjaan dengan baik dan mencoba untuk memperbaiki komunikasi dengannya

e. Menjalankan pekerjaan dengan baik dan mencoba untuk memperbaiki komunikasi dengannya

12. Bagi saya, sebuah tim akan berhasil menjadi tim yang berhasil apabila...
  • Setiap bagian diisi oleh orang-orang yang berkompeten
  • Memilih orang terbaik sebagai pemimpin
  • Semua bagian mampu bekerja sama dengan baik
  • Semua orang melakukan tugasnya masing-masing
  • Tidak ada konflik saat bekerja

c. Semua bagian mampu bekerja sama dengan baik

13. Menurut saya fungsi utama dari perlunya membangun sistem jejaring kerja yang baik di kantor adalah...
  • Supaya kita mendapatan perhatian yang luas dari masyarakat
  • Sebagai upaya untuk mendapatkan jalan keluar alternatif saat rendana kerja tidak berjalan baik
  • Meningkatkan efektivitas dan efisiensi pekerjaan
  • Untuk memperingan beban atasan
  • Untuk meningkatkan keuntungan

c. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi pekerjaan

14. Saat sedang dikejar deadline untuk mengumpulkan pekerjaan, seorang anggota tim saya jatuh sakit dan tidak bisa menyelesaikan pekerjaanya. Yang saya lakukan adalah...
  • Membantu mengerjakan pekerjaanya sebisa saya
  • Menunda pekerjaan sampai teman saya sembuh
  • Mengajak anggota tim lain untuk menyelesaikan pekerjaanya
  • Meminta pengunduran deadline kepada atasan
  • Mengajak anggota tim lain untuk berkonsultasi dengan atasan

c. Mengajak anggota tim lain untuk menyelesaikan pekerjaanya

15. Draft laporan yang dibuat oleh tim kerja saya ditolak oleh atasan karena dianggap kurang layak. Sikap saya adalah …
  • Segera melakukan perbaikan draft laporan tersebut dan mengajukan kembali
  • Menyalahkan rekan sejawat yang sama sama mengerjakannya
  • Menerima penolakan tetapi tidak melakukan tindak lanjut
  • Berusaha mencari alasan seperti sedikitnya waktu untuk mengerjakannya
  • Tidak menerima penolakan tersebut dan berusaha memperbaiki seadanya.

A. Segera melakukan perbaikan draft laporan tersebut dan mengajukan kembali

16. Anda terbiasa tepat waktu datang bekerja dan menyelesaikan pekerjaan. Ada rekan tim anda yang melakukan sebaliknya, sehingga rekan-rekan yang lain kurang menyukainya. Maka anda akan...
  • Mengingatkan rekan tersebut dengan halus agar tidak tersinggung
  • Diam saja, nanti takut dibilang membela rekan yang tidak patut dicontoh
  • Menegur di depan rekan-rekan yang lain
  • Melakukan rapat tim untuk bermusyawarah atas suka dan ketidaksukaan antar rekan dalam tim
  • Merekomendasikan rekan yang lain untuk menggantikan rekan tersebut

A. Mengingatkan rekan tersebut dengan halus agar tidak tersinggung

17. Saya memiliki rekan-rekan baru yang latar belakang pendidikannya ternyata berbeda dengan saya dan saya merasa...
  • Sebagian orang menerima saya jika saya dapat mengikuti aturan dalam kelompok
  • Perlu berhati-hati akan apa yang bisa saya katakan atau saya perbuat didalam kelompok kerja
  • Benar-benar aman menjadi diri sendiri, dan saya tidak pernah berkonflik dengan anggota
  • Tidak pernah menjadi diri sendiri dalam kelompok kerja
  • Tidak cukup berani untuk menjadi diri sendiri dalam kerlompok kerja

C. Benar-benar aman menjadi diri sendiri, dan saya tidak pernah berkonflik dengan anggota

18. Dalam suatu kelompok kerja, biasanya anggota kelompok terdiri dari berbagai latar belakang budaya, dan saya merasa…
  • Sebagian orang menerima saya jika saya dapat mengikuti aturan dalam kelompok.
  • Perlu berhati-hati akan apa yang bisa saya katakan atau saya perbuat didalam kelompok kerja.
  • Benar-benar aman menjadi diri sendiri, dan saya tidak pernah berkonflik dengan anggota kerja yang lain.
  • Tidak pernah menjadi diri sendiri dalam kelompok kerja.
  • Tidak cukup berani untuk menjadi diri sendiri dalam kelompok kerja.

C. Benar-benar aman menjadi diri sendiri, dan saya tidak pernah berkonflik dengan anggota kerja yang lain.

19. Jika ada tugas yang kurang menyenangkan,
  • Tetap saya selesaikan karena itu tanggungjawab saya
  • Daripada saya stress, lebih baik saya minta orang lain yang mengerjakan
  • Saya berhak memprotes kepada atasan
  • Saya selesaikan meskipun terasa berat hati
  • Saya meminta tolong rekan kerja untuk menyelesaikan

A. Tetap saya selesaikan karena itu tanggungjawab saya (Skor 5)

20. Keadaan yang sering terjadi saat ada pekerjaan kelompok adalah.
  • Semua teman saling terlibat aktif untuk menyelesaikannya
  • Tidak semua orang mau mengerjakan pekerjaan tersebut
  • Akhirnya saya juga yang harus membereskannya
  • Saling mengharapkan ada yang menyelesaikan pekerjaan tersebut
  • Pekerjaan akan selesai hanya jika ada yang memulai bekerja

a. Semua teman saling terlibat aktif untuk menyelesaikannya

21. Rekan kerja yang paling baik menurut saya adalah rekan kerja yang mampu
  • Mengikuti segala langkah yang saya ambil
  • Membimbing dan mengingatkan saya
  • Memberikan ide yang segar kepada saya
  • Menutupi kekurangan saya
  • Saling mengerti dan melengkapi dengan saya

E Saling mengerti dan melengkapi dengan saya

22. Saya merasa tidak cocok dengan salah satu rekan kantor saya. Suatu hari saya terpilih untuk berada dalam satu tim kerja dengan dia. Saya akan
  • Menolak untuk berada dalam tim kerja tersebut
  • Menyelesaikan proyek kerja tersebut bersamanya secara professional
  • Tidak mau terlibat dalam proyek  kerja  tersebut dan membiarkannya menyelesaikan sendirian
  • Menyelesaikan proyek kerja tersebut sendirian tanpa melibatkannya
  • Minta bertukar tempat dengan rekan kerja yang lain

B Menyelesaikan proyek kerja tersebut bersamanya secara professional

23. Saya mendapatkan keberhasilan, karena,,,
  • Tidak pernah menyerah menghadapi kegagalan
  • Bernasib baik
  • Berani menempuh resiko
  • Lingkungan membantu saya
  • Melakukan hal-hal yang tidak beresiko

d. Lingkungan membantu saya

24. Program yang diusung oleh tim saya sering tidak berjalan dengan baik, saya sebaiknya...
  • Memberi kritik dan tetap berusaha memberi semangat tim saya sekuat tenaga
  • Tetap berpikir positif walau hanya dengan berdiam diri saja
  • Pura-pura tidak paham masalahnya
  • Menyarankan agar melakukan evaluasi dan segera melakukan perbaikan
  • Menyarankan agar beberapa rekan tim diganti karena selalu tidak beres

A. Memberi kritik dan tetap berusaha memberi semangat tim saya sekuat tenaga

25. Menurut saya kunci utama keberhasilan sebuah tim dalam dunia kerja adalah....
  • Pimpinan yang tegas
  • Koneksi dan komunikasi yang baik antaranggota tim
  • Kemauan seluruh anggota tim untuk bekerja keras
  • Semangat bersama untuk meraih keberhasilan
  • Kesamaan visi dan misi antaranggota tim

d. Semangat bersama untuk meraih keberhasilan

26. Jika saya tidak menyukai seorang rekan kerja, biasanya saya akan...
  • Bekerja secara profesional tanpa memikirkan masalah pribadi
  • Selalu menolak untuk bekerjasama dengannya
  • Menganggapnya tidak ada di kantor
  • Malas bekerja sama dengannya
  • Menyapanya saat siperlukan saja

a. Bekerja secara profesional tanpa memikirkan masalah pribadi

27. Rekan saya sering menerima telepon saat kami sedang berdiskusi tentang hal yang berkaitan dengan pekerjaan kantor. Sikap saya adalah...
  • Menggerutu
  • Kesal karena tidak dihiraukan
  • Biasa saja
  • Bermain handphone
  • Menunggu hingga rekan tersebut berhenti menelpon, lalu menasehatinya

E. Menunggu hingga rekan tersebut berhenti menelpon, lalu menasehatinya

28. Saya senang jika rekan saya bisa menjadi rekan kerja yang...
  • Mandiri
  • Senang membantu
  • Profesional
  • Jujur
  • Penuh dedikasi

E. Penuh dedikasi

29. Tim kerja anda baru dipindahkan ke lokasi yang baru saja selesai direnovasi, di ruangan tim anda masih kotor dan berdebu. Maka yang akan tim anda lakukan adalah...
  • Saling bahu -membahu membersihkan ruangan
  • Menyuruh petugas kebersihan untuk membersihkan ruangan
  • Menunggu sampai ruangan tempat bekerja bersih dan siap digunakan
  • Langsung menempati ruangan dan langsung bekerja
  • Mengandalkan seorang anggota dan petugas kebersihan untuk segera membersihkan

A. Saling bahu -membahu membersihkan ruangan

30. Ketika unit kerja saya terkena masalah sikap saya adalah..
  • Mencari tahu orang yang menyebabkan masalah tersebut
  • Seolah-olah tidak pernah tahu dan mengerti masalah tersebut
  • Lari dan seolah lepas tangan dari masalah tersebut
  • Bertanggung jawab dan mencari tahu sumbernya
  • Melihat situasi yang terjadi, jika memungkinkan saya akan bertindak

d. Bertanggung jawab dan mencari tahu sumbernya

31. Untuk memenuhi target yang dibebankan pada kelompok kerja saya, Saya akan....
  • Memberikan kontribusi ala kadarnya saja
  • Memberikan kontribusi yang maksimal agar target terpenuhi
  • Memberikan kontribusi yang minimal karena kegagalan ditanggung bersama
  • Bekerjasama dengan baik dengan anggota kelompok lain
  • Segera menentukan target pribadi dan tidak memikirkan target anggota kelompok yang lain.

b. Memberikan kontribusi yang maksimal agar target terpenuhi

32. Saat Anda mengemukakan sebuah pendapat apakah Anda bersedia untuk memperdebatkannya, padahal kelompok Anda jelas tidak menyetujuinya?
  • Saya akan tetap mempertahankan pendapat saya
  • Saya akan menyimak pendapat lain terlebih dahulu
  • Saya akan berpikir ulang dan mencari jalan tengah
  • Saya akan mengalah
  • Saya akan mengumpulkan teman terlebih dahulu baru menyuarakan pendapat saya

d. Saya akan mengalah

33. Suatu ketika saya mendapat tugas untuk bekerja sama dengan rekan kerja yang dulu pernah bermasalah dengan saya. Tidak bisa bekerja dalam satu ruangan, saya butuh ketenangan untuk bisa fokus bekerja sedangkan rekan kerja tersebut terlalu banyak bicara. Saya akan...
  • Mengajukan keberatan tetapi akhirnya menerima aturan panitia
  • Protes keras dan minta ditempatkan sendiri saja
  • Mengajukan keberatan dan minta ditempatkan dengan minimal orang yang disukai/cocok
  • Menerima aturan panitia dan berusaha memperbaiki hubungan dan memahami teman
  • Menerima aturan panitia

D. Menerima aturan panitia dan berusaha memperbaiki hubungan dan memahami teman

Mau Beli Soal Ini?

WA: 0858 755 20085



iklan tengah