Soal TKP Kemampuan Belajar Berkelanjutan

Segi penilaian ini digunakan untuk melihat tingkat kemauan dan kemampuan CPNS untuk meningkatkan kualitas diri melalui pendidikan berjelanjutan.

Saat ini zaman telah berubah dengan cepat. Banyak ditemukan teknologi baru yang membantu dalam pekerjaan, contohnya menghitung tidak lagi hanya mengandalkan dari alat bantu hitung seperti kalkulator namun bisa dengan memanfaatkan beberapa program yang bisa dijalankan di komputer.

Program-program ini menertakan tidak hanya sekedar angka tetapi juga hasil analisis data yang dibutuhkan. Penggunaan program secara optimal tidak lepas dari orang selaku operatornya. Oleh karena itu, seseorang harus terus belajar agar tidak tertinggal.

Aspek kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan yang diujikan di tes TKP CPNS bertujuan untuk mengukur keinginan dan tindakan yang Anda lakukan untuk terus maju dengan belajar terus-menerus. Indikasinya adalah:
  • Gemar membaca, mengikuti pelatihan pengembangan diri
  • Tidak protes jika ditugaskan mengikuti seminar atau pelatihan
  • Berpikir maju
  • Tertantang untuk maju
Tips
  • Belajarlah menghargai orang lain, tanpa mencari kesalahan dan kelemahannya
  • Kita manusia pasti mempunyai kekurangan, namun dengan sabar belajar secara kontinu akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik
  • Pada soal ini biasanya terdapat unsur diklat, pendidikan, bimbel, dan kursus. Oleh karena itu, pilihlah jawaban yang menunjukkan keinginan belajar tinggi dan terus menerus.

Contoh Soal
1. Anda dan tim Anda diberikan tugas baru oleh pimpinan, tugas tesebut merupakan tugas yang lumayan baru dan belum perrnah anda kerjakan sebelumnya, begitu pun dengan rekan tim yang lain mereka merasa kebingungan dan juga mereka semua juga belum memahami maksud dan cara mengerjakan tugas baru tersebut. Sikap Anda
  • Saya yakin bahwa para anggota tim juga dapat belajar sendiri untuk memahami cara menyele- saikan tugas baru tersebut.
  • Saya mempelajari tugas tersebut, lalu membagi pengetahuan saya kepada anggota tim yang lain.
  • Saya akan meminta bantuan rekan kerja yang paling pandai untuk mempelajari tugas tersebut, kemudian menjelaskannya pada semua anggota tim.
  • Kami mengerjakan bersama-sama tugas tersebut sesuai dengan pemahaman kami, bila ada ke- sulitan kami akan menyelesaikannya dan mencari jalan keluar secara bersama-sama.
  • Pimpinan yang memberikan tugas, sebaiknya menjelaskan terlebih dahulu bagaimana mengerjakan tugas tersebut sebaik-baiknya.

d. Kami mengerjakan bersama-sama tugas tersebut sesuai dengan pemahaman kami, bila ada ke- sulitan kami akan menyelesaikannya dan mencari jalan keluar secara bersama-sama.

2. Anda termasuk ke dalam salah satu dari 3 kandidat karyawan terbaik yang akan dipromosikan untuk naik jabatan di perusahaan anda. Untuk memutuskan siapa yang layak diantara kandidat yang ada, pimpinan perusahaan memberikan tugas yang sebelumnya tidak pernah kamu kerjakan, bagaimana kamu mengatasinya
  • Bekerja sama dengan dua kandidat yang lain untuk saling membantu
  • Membaca berbagai referensi yang mendukung penyelesaian tugas tersebut
  • Membeli buku buku penunjang di gramedia untuk memudahkan dalam pemahaman terhadap tugas
  • Mencari referensi di google dan jurnal jurnal online dan memakainya untuk penyelesaian tugas agar hasilnya maksimal
  • Meminta bantuan dan pencerahan kepada atasan untuk menjelaskan bagaimana cara mengerjakannya

b. Membaca berbagai referensi yang mendukung penyelesaian tugas tersebut

3. Perusahaan memberikan kesempatan dan biaya untuk karyawan yang ingin mengambil kursus keterampilan di luar jam kerja. Yang saya lakukan....'
a. Ikut mendaftar karena teman dekat saya mendaftar program itu
b. Tidak mengambil kesempatan tersebut karena waktu di luar jam kerja saya gunakan untuk keluarga
c. Ikut mendaftar karena takut dianggap tidak mendukung program perusahaan
d. Tidak ikut mendaftar karena saya rasa tidak akan membutuhkannya
e. Ikut mendaftar karena penting bagi saya memiliki keterampilan lain di luar bidang yang telah saya kuasai

e. Ikut mendaftar karena penting bagi saya memiliki keterampilan lain di luar bidang yang telah saya kuasai

4. Saya mendapat kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke luar kota. Namun pada saat itu anak saya masih kecil dan membutuhkan perhatian saya. Saya akan...
a. Menolak kesempatan tersebut
b. Menerima kesempatan tersebut dan membawa keluarga untuk pindah bersama saya
c. Menerima kesempatan tersebut dan meninggalkan keluarga
d. Menawarkan kesempatan tersebut ke teman lain
e. Mencari kesempatan pendidikan di kota saya

b. Menerima kesempatan tersebut dan membawa keluarga untuk pindah bersama saya

5. Menurut saya, kuliah dan menuntut ilmu saat sudah bekerja adalah.....
a. Sesuatu yang sia-sia
b. Harus kita lakukan karena tuntutan kantor
c. Boleh dilakukan kalau kita tidak banyak pekerjaan
d. Dilakukan untuk mendapatkan kenaikan jabatan
e. Penting untuk meningkatkan pengetahuan kita

e. Penting untuk meningkatkan pengetahuan kita

6. Saya mendapatkan tugas untuk pendidikan di luar kota, sementara anak-anak saya masih kecil. Yang saya lakukan....
a. Mempertimbangkannnya dengan keluarga
b. Menolak tugas tersebut
c. Menerima tugas tersebut dan membawa keluarga untuk pindah dan tinggal bersama
d. Meminta atasan untuk menunda tugas tersebut
e. Menerima tugas tersebut dan menjalani jarak jauh dari keluarga untuk sementar

c. Menerima tugas tersebut dan membawa keluarga untuk pindah dan tinggal bersama

7. Saat sedang menempuh pendidikan kuliah saya mengalami kesulitan keuangan dan keluarga sudah tidak mampu membiayai saya lagi. Saya akan.....
a. Merasa frustasi dan tidak tahu harus berbuat apa
b. Tetap melanjutkan pendidikan sambil bekerja untuk mencari biaya
c. Cuti kuliah dan bekerja mencari biaya pendidikan
d. Berhenti dan segera bekerja untuk mendapatkan uang
e. Mencari pinjaman untu
k menyelesaikan pendidikan saya

b. Tetap melanjutkan pendidikan sambil bekerja untuk mencari biaya

8.  Saya mendapatkan beasiswa untuk belajar, namun selama masa belajar saya tidak akan mendapatkan gaji dari kantor. Saya akan....
a. Menerima apabila kantor bisa mengusahakan biaya hidup saat belajar
b. Menolak beasiswa tersebut
c. Menerima dan akan mencari cara mendapatkan pemasukan saat belajar nanti
d. Berbicara dengan keluarga tentang langkah yang akan saya ambil
e. Berupaya supaya kantor bisa tetap memberikan gaji pada masa saya belajar

c. Menerima dan akan mencari cara mendapatkan pemasukan saat belajar nanti

9. Di kantor saya, kebetulan hanya saya yang berpendidikan menengah. Kemudian kantor menawarkan kesempatan untuk kuliah dengan biaya dibagi dua. Saya akan....
a. Menerima kesempatan itu dengan senang hati
b. Menolak karena saya tidak ada biaya untuk itu
c. Menerima karena takut diberhentikan apabila menolak
d. Menolak karena saya merasa sudah tidak mampu untuk belajar
e. Mempertimbangkan dahulu dengan keluarga saya

a. Menerima kesempatan itu dengan senang hati

10. Pada saat sedang diajukan untuk promosi sebuah jabatan, atasan menawarkan kepada saya sebuah beasiswa belajar. Saya akan...
a. Bertanya pada teman kantor yang pernah mengalami hal serupa
b. Menolak beasiswa tersebut karena promosi jabatan ini sudah saya tunggu
c. Berkonsultasi dengan keluarga terlebih dahulu
d. Meminta atasan untuk memberi beasiswa setelah saya promosi jabatan
e. Mengambil beasiswa tersebut dan menunda promosi jabatan

e. Mengambil beasiswa tersebut dan menunda promosi jabatan

11. Saya akan melanjutkan pendidikan tinggi setelah saya....
a. Memiliki banyak uang
b. Memiliki rumah dan mobil pribadi
c. Memiliki kesempatan
d. Memiliki jabatan tinggi
e. Bekerja selama beberapa bulan

c. Memiliki kesempatan

12. Ada yang mengatakan bahwa tidak semua orang yang berpendidikan tinggi mendapatkan pekerjaanya sehingga banyak yang tidak memotivasinya anak-anaknya untuk menerima pendidikan tinggi. Maka Anda akan....
a. Tetap ingin memiliki pendidikan yang tinggi
b. Mengurungkan niat untuk memperoleh pendidikan tinggi
c. Biasa saja
d. Menganggapnya sebatas isu saja
e Bekerja saja

a. Tetap ingin memiliki pendidikan yang tinggi

13. Perbedaan antara orang yang berpendidikan tinggi dengan yang tidak berpendidikan menurut Anda adalah....
a. Hartanya
b. Prestisnya
c. Jabatannya
d. Pola pikirnya
e. Huniannya

d. Pola pikirnya

14. Ada tawaran beasiswa melanjutkan pendidikan di luar negeri, tetapi anda telat mengumpulkan syarat pendaftaran sehingga tidak dapat mengikuti tes masuk, mengenai hal ini....
a. Saya tetap berusaha agar bisa mengikuti seleksi beasiswa
b. Tidak berputus asa, berusaha menyiapkan segala persyaratan untuk tahun depan
c. Meminta pimpinan agar masih diperbolehkan mengikuti tes masuk
d. Biasa saja karena masih ada tahun depan
e. Tidak terlalu memusingkan karena saya punya koneksi dalam agar bisa iut beasiswa

b. Tidak berputus asa, berusaha menyiapkan segala persyaratan untuk tahun depan

15. Saya mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke luar kota. Namun pada saat itu anak saya masih kecil dan membutuhkan perhatian saya. Saya akan
A Menolak kesempatan tersebut
B Menerima  kesempatan tersebut dan membawa keluarga  untuk   pindah bersama saya
C Menerima kesempatan tersebut dan meninggalkan keluarga
D Menawarkan kesempatan tersebut ke teman lain
E Mencari kesempatan pendidikan di kota saya

B Menerima  kesempatan tersebut dan membawa keluarga  untuk   pindah bersama saya

16. Saya banyak mengikuti kegiatan di luar kegiatan kantor karena menurut saya kegiatan tersebut
A Dapat meningkatkan kemampuan diri saya
B Mengisi waktu luang saya
C Memberikan suatu pengalaman baru
D Diikuti oleh banyak rekan seusia
E Tidak terlalu menghabiskan waktu dan pikiran saya

A Dapat meningkatkan kemampuan diri saya

17. Saya diterima kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri sesuai dengan harapan saya. Namun, kondisi keuangan saya saat ini tidak mendukung untuk saya melanjutkan kuliah. Saya akan
A Mencari pinjaman uang untuk biaya kuliah
B Mengundurkan diri dan membatalkan kuliah
C Mencari beasiswa dari negara atau lembaga lainnya
D Menunda kuliah sampai memiliki dana yang cukup
E Tetap melanjutkan kuliah, sambil mencari pekerjaan untuk membiayai kuliah

E Tetap melanjutkan kuliah, sambil mencari pekerjaan untuk membiayai kuliah

18. Saya sangat membutuhkan sebuah buku yang berharga cukup mahal, yang berguna untuk pekerjaan saya. Padahal saat itu kondisi keuangan saya sedang menipis. Saya akan......
a. Menabung untuk mengumpulkan uang untuk membeli buku tersebut
b. Meminta kantor untuk membelikan buku itu
c. Menunggu sampai ada uang
d. Meminjam uang kepada teman
e. Mencari pekerjaan sampingan untuk mendapatkan uang

a. Menabung untuk mengumpulkan uang untuk membeli buku tersebut

19. Setelah sekian tahun menunggu, saya mendapat kesempatan mengikuti tes beasiswa untuk pegawai kementrian, sikap saya...
A. Melihat syarat dan pra syarat untuk mengikutinya
B. Mempersiapkan diri untuk mengikutinya
C. Mendaftarkan diri, karena saya yakin akan kemampuan saya
D. Jika itu bukan bidang saya, saya lebih baik menolaknya
E. Mendaftar dan mempersiapkan diri

C. Mendaftarkan diri, karena saya yakin akan kemampuan saya

20. Hari ini saya mendapat kesempatan beasiswa untuk pelajar muda internasional selama dua tahun studi. Saya tentunya tidak diperkenankan menikah dahulu sedangkan atas kesepakatan saya dan pihak keluarga calon istri, saya akan mempersiapkan pernikahan tahun ini. Keputusan saya adalah...
A. Menolak tawaran beasiswa tersebut
B. Menerima tawaran beasiswa tersebut dengan konsekuensi saya harus menikah dahulu karena sudah janji
C. Menolak tawaran tersebut dan berharap bisa mendapat tawaran beasiswa lain setelah menikah
D. Menerima tawaran beasiswa tersebut dan berat hati membatalkan pernikahan
E. Mencari beasiswa lain setelah menikah saja

B. Menerima tawaran beasiswa tersebut dengan konsekuensi saya harus menikah dahulu karena sudah janji

21. Sikap saya terhadap tawaran beasiswa sekolah ke luar negeri dikantor saya adalah...
A. Melihat syarat dan prasyarat untuk mengikutinya
B. Mempersiapkan diri untuk mengikutinya
C. Mendaftarkan diri karena saya yakin akan kemampuan saya
D. Jika itu bukan bidang saya, saya lebih baik menolaknya
E. Mendaftar dan mempersiapkan diri

B. Mempersiapkan diri untuk mengikutinya

22. Seluruh pekerjaan telah selesai saya kerjakan namun jam kerja hari ini masih tersisa sekitar 2 jam lebih. Maka saya...
a. Mumpung masih di kantor dengan fasilitas internet, maka saya pergunakan untuk mengakses situs jaringan sosial facebook
b. Setelah lelah bekerja hari ini, saya rasa tak ada salahnya mengobrol dengan rekan-rekan kerja yang lain untuk sekedar mengisi waktu
c. Saya lebih suka membaca tabloid infotainment
d. Saya pergunakan untuk chatting dengan kawan lama
e. Saya pergunakan untuk membaca buku-buku pengembangan diri

e. Saya pergunakan untuk membaca buku-buku pengembangan diri

23. Ketika tawaran kuliah di luar provinsi ada, dan disaat yang sama saya dikaruniai bayi kembar. Maka saya sebaiknya...
A. Menolak tawaran tersebut
B. Menerima tawaran tersebut dengan konsekuensi meninggalkan keluarga saya
C. Menerima tawaran tersebut dengan permohonan agar keluarga dapat ikut saya dengan tambahan biaya hidup
D. Menolak tawaran tersebut namun mohon kebijakan pimpinan jika ada kesempatan lagi saya diikutkan
E. Menerima tawaran tersebut dan membawa serta keluarga berapapun biaya yang harus ditanggung

E. Menerima tawaran tersebut dan membawa serta keluarga berapapun biaya yang harus ditanggung

24. Yang harus saya persiapkan untuk merencanakan sekolah adalah...
A. Rencana pendidikan saya
B. Proposal pendidikan saya
C. Universitas tujuan saya
D. Uang yang saya butuhkan
E. Buku dan kurikulum yang digunakan

A. Rencana pendidikan saya

25. Jika aturan pada tempat anda bekerja terdapat persyaratan yang membuat anda tidak memungkinkan untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, maka sikap anda...
A. Tetap melanjutkan pendidikan meskipun tidak mendapat izin
B. Tetap fokus pada pekerjaan saja sambil menunggu persyaratan terpenuhi
C. Melakukan lobi kepada atasan agar mendapatkan izin
D. Melakukan protes keras dengan alasan menghalangi hak
E. Mengikuti kursus dan pendidikan informal sambil menunggu persyaratan dapat terpenuhi

B. Tetap fokus pada pekerjaan saja sambil menunggu persyaratan terpenuhi

26. Ada yang mengatakan bahwa tidak semua orang yang berpendidikan tinggi mendapatkan pekerjaan sehingga banyak anak-anak yang tidak termotivasi untuk menerima pendidikan tinggi. Maka anda akan...
A. Tetap ingin memiliki pendidikan yang tinggi
B. Mengurungkan niat untuk memperoleh pendidikan tinggi
C. Biasa saja
D. Menganggapnya sebatas isu saja
E. Bekerja saja

A. Tetap ingin memiliki pendidikan yang tinggi

27. Saya mendapat tawaran untuk melanjutkan pendidikan dari kantor. Namun separuh biaya pendidikan harus ditanggung oleh saya sendiri. Saya akan.....
a. Menolak tawaran tersebut
b. Memikirkan baik dan buruknya peluang tersebut
c. Menawarkan kesempatan tersebut terhadap  rekan kerja lain
d. Menerima tawaran tersebut
e. Meminta pertimbangan keluarga

d. Menerima tawaran tersebut

28. Saya merupakan salah satu pegawai terpilih untuk melanjutkan pendidikan dengan separuh biaya dari kantor. Namun, pada saat itu kondisi ekonomi saya sedang sangat memprihatinkan. Saya akan...
a. Terpaksa melepaskan kesempatan tersebut karena kondisi ekonomi yang tidak memungkinkan
b. Meminta kantor untuk menunda waktu belajar saya sampai saya memiliki tabungan yang cukup
c. Berkomunikasi terlebih dahulu dengan keluarga menjadi kemungkinan bantuan biaya
d. Mengambil kesempatan tersebut dan mencari uang tambahan di luar jam kerja dan belajar
e. Meminta kantor untuk membiayai seluruh biaya  pendidikan dengan dipotong dari gaji saya

d. Mengambil kesempatan tersebut dan mencari uang tambahan di luar jam kerja dan belajar

Mau Beli Soal Ini?

WA: 0858 755 20085



iklan tengah