Cara Mengurus SKCK di Polres Pemalang

Siang gan,..
Hari ini saya mau berbagi pengalaman tentang bagimana cara membuat SKCK di Polres Pemalang.

Sekedar informasi,
SKCK yang saya buat ini adalah untuk keperluar pendaftaran Kades, Perangkat Desa, Camat, dan PNS. Bukan untuk keperluan bekerja di PT.

Kalau kamu mau ngurus SKCK untuk keperluan melamar kerja di PT, maka kamu harus datang ke Polsek yang ada di kecamatanmu.

Sebelum datang ke Polres Pemalang, siapkan dulu berkas-berkas persyaratannya, antara lain:
1. Fotokopi KTP (1 lembar)
2. Fotokopi Kartu Keluarga (1 lembar)
3. Fotokpi Akta Kelahiran (1 lembar)
4. Fotokopi Ijazah terakhir (1 lembar)
5. Uang sejumlah Rp30.000
6. Pas Foto ukuran 4x6 (4 lembar)
7. Surat pengantar dari kelurahan
8. Map (warna bebas)

Setelah berkas di atas siap, masukan semua berkas tersebut ke dalam map.

#PROSEDUR
SKCK untuk keperluan mendaftar seleksi Perangkat Desa, dapat dibuat di buat Polres Pemalang yang beralamat di Jl. Jenderal Sudirman Timur No. 25, Wanarejan Selatan, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Adapun cara prosedur pengurusannya adalah sebagai berikut:

1. Datang Ke Polres
Datanglah ke kantor Polres Pemalang. Jika kamu datang dengan mengendarai sepeda motor, sebaiknya parkirkan motormu di utara Kantor Polres Pemalang. Sebab, kendaraan yang boleh masuk hanya untuk pegawai kantor dan tamu penting.

Setelah memarkirkan sepeda motor, kamu harus menuju ke pos penjagaan untuk laporan dan menyerahkan KTP aslimu kepada pak polisi yang sedang berjaga.

Katakan ke pak polisinya "Pak saya mau membuat SKCK.".

2. Menuju Ruang SKCK
Setelah melapor ke pos jaga, kamu akan diarahkan menuju ruang pembuatan SKCK yang berada di sebelah barat Polres. Ruanganya ada di Lantai 1.

3. Mengambil Formulir SKCK
Langkah berikutnya adalah menyerahkan semua berkas ke bagian loket. Petugas akan memeriksa kelengkapan dokumen yang kamu bawa. Setelah dirasa lengkap, kamu akan diberikan formulir pengajuan SKCK.

4. Mengisi Formulir
Langkah berikutnya yaitu mengisi seluruh data yang ada di dalam formulir menggunakan bollpoint warna hitam. Usahakan tulisanmu jelas dan menggunakan huruf kapital semua.

5. Ruang Sidik Jari
Setelah semua isian data di formulir SKCK lengkap, langkah berikutnya yaitu menuju ke ruang sidik jari. Ruangan ini berada di sebelah timur mushola Polres Pemalang.

Setelah masuk di dalam ruangan tersebut, kamu akan diberikan formulir kecil dan dilakukan pengambilan sidik jari secara digital.

6. Penyerahan Berkas
Setelah proses perekaman sidik jari selesai, langkah selanjutnya yaitu kamu kembali lagi ke loket pelayanan SKCK, kemudian menyerahkan semua berkas yang diminta petugas dan membayar uang sejumlah Rp30.000.

Setelah menunggu beberapa menit, namamu akan dipanggil oleh petugas loket dan proses pembuatan SKCK selesai.

Sebelum pulang, sebaiknya periksa dahulu data yang tertulis di SKCK, barangkali terdapat kesalahan dalam penulisan nama, tanggal lahir, dan sebagainya.

Sekian tutorial kali ini.
Terimakasih sudah mampir di blog saya....

iklan tengah