Bentuk Lahan Gletser

Bentuk lahan Glasial adalah bentuk lahan yang dipengaruhi oleh adanya akumulasi es/salju atau gletser disuatu wilayah dengan waktu yang lama.

Gaya dan proses gletser mempunyai peranan penting bagi pembentukan bentang alam. Untuk pembentukan gletser diperlukan salju.

Gletser adalah massa salju secara perlahan-lahan mengalir menuruni lereng-lereng gunung.
Sudah tentu bahwa gletser ini hanya terdapat di daerah lintang tinggi atau daerah salju saja.

Untuk terjadinya gletser diperlukan tiga persyarakat, yaitu:
1. Temperatur rendah
2. Kelembapan yang tinggi
3. Berelief

Suatu aliran gletser dengan kecepatan hanya beberapa sentimeter setiap hari, dapat dibagi dua sone, yaitu sone akumulasi yaitu sone dimana terjadi pengumpulan salju, kemudian bergerak perlahan-lahan menuruni lembah dan memasuki sone ablasi, yaitu sone dimana gletser tadi berubah menjadi cair atau menguap.

Ada beberapa pengaruh atmoafera yang menyebabkan ablasi tersebut, yaitu:
1. Penyinaran matahari
2. Adanya udara panas
3. Panas bumi

Pada umumnya gletser mengandung banyak pecahan batuan dari yang halus sampai kasar. Bahan-bahan ini berasal dari tepi maupun dari dasar lembah, karena pengikisan yang kuat.

Disamping gletser yang mengikis, juga bahan-bahan yang dibawa gletser turut mengikis.


1. Valley Glacier
Merupakan Glacier yang mengalir pada suatu lembah dan dapat mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah

2. Ice Sheet
Merupakan masa es yang tidak mengalir pada valley glacier tetapi menutup daratan yang luas biasanya > 50000 km/ segi

3. Ice Cap
Ice sheet yang lebih kecil terdapat pada daerah seperti valleyglacier dilaut arktik, canada, rusia, dan dataran Siberia.

4. Ice Berg
Ice sheet yang bergerak kebawah karena pengaruh gravitasi dan akhirnya hilang dalam jumlah yang besar Berdasarkan relief, tinggi permukaan dan curah hujan .

Gletser dapat diklasifikasikan sebagai berikut ;

1. Tipe Gletser AlpenGletser alpen
merupakan geletser yang terbatas pada lembah-lembah dan berbentuk memanjang/melidah. Tipe Alpen yaitu gletser yang didapatkan pada daerah dengan elevasi lebih dari 6000m di atasmuka laut, dan di batasi oleh lembah-lembah yang curam.

2. Tipe Gletser Kontinental Gletser
Tipe kontinental terdapat di wilayah-wilayah kutub denganareal yang sangat luas (Greenland, Antartika, Spitsberg, dll). Bukit escontinental memiliki permukaan seperti zirah dan agak meninggi dibagian tengahnya. Gletser ini sangat tebal, dengan ketebalan mencapai 3000 m.

3. Tipe Gletser Skandinavian
Tipe ini didapatkan di skandinavia. dasar tanah di sini mempunyai sejarah yang istimewa yaitu suatu daratan yang hampir rata yang terangkat, terpotong-potong oleh fjord-fjord, permukaan bumi di sini dengan demikian rupanya lain sekali dengan relief di pegununan alpen.Beda relief ini sendirinya menyebabkan perbedaan tipe gletser

4. Tipe Gletser Mustag
Tipe ini banyak didapatkan di pegungan yang tinggi di asia Dikarakoum didapatkan lekukan-lekukan firm yang kecil-kecil sekali bermuara dalam lidah gletser yang besar dan panjang. Barangkali hal ini disebabkan oleh fase pengikisan yang lebih lanjut daripada pegunungan Alpen

5. Tipe Gletser PiedmontPiedmont gletser,
yaitu gletser yang didapatkan pada alur-alur Valley Glacier dan berakhir pada dataran rendah. Pada tipe pletmonttersebut yang merupakan daerah pengumpulan gletsernya adalah seluruh dataran es yang tertutup. Kemudian lidah Gletsernya terdapat pada lembah-lembah yang berada di sela-sela pegunungan. Contoh daritipe ini adalah Malaspina di Alaska.

6. Ice Sheet/Ice Caps .
Ice Sheet/Ice caps, yaitu gletser yang didapatkan pada daerah rendah dan luas. Ice sheet menempati daerah yang sangat luas,sedangkan Ice caps menempati wilayah yang sempit.
Tipe ini merupakan selubung es yang luas sekali meliputi sebagian besar dari daratan, sehingga relatifnya hampir tidak ada yang terlihat. Terutama di Greenland kita dapatkan contoh yang baik dari tipe ini.

1. Till
Merupakan batuan yang hancur dari dinding lembah yangterendapkan mengisi glacer, berasal dari ice sheet membawa fragmenbatuan yang terkikis

2. Erratic
Merupakan es berukuran boulder yang tertransport oleh esyang berasal dari lapisan batuan yang jauh letaknya.

3. Moraine
Merupakan till yang terbawa jauh glacier dantertinggal/mengendap setelah glacier menyusut.

4. Drumline
Endapan yang mempunyai bentuk topografi yang kecil danmerupakan oval hill. Drumline tersusun terutama dari till tetapi kadang-kadang terdiri dari massa yang berbentuk lensa yang terdiri dari krikil dan pasir. Sumbu memanjang drumline biasanya sejajar dengan arah gerakan es dan kebanyakan berada dalam bentuk yang bergerombol dan disebut dengan double, triple, multipled rumlins.

4. Outwash
Adalah dataran dengan slope rendah hasil pengendapan sungai pencairan es, terletak di depan tubuh gletser.

5. Kame
Adalah Bukit-bukit kecil hasil pengendapan dari cairan es.

6. Esker
Esker adalah timbunan pasir atau kerikil yang terbentuk dalam dasar terowongan gletser. Jadi bentuknya mengikuti terowongan yang berkelok-kelok.

tulisan disinii

iklan tengah