Apa saja fungsi pasar?
1. Fungsi Distribusi
Fungsi distribusi pasar dimaksudkan untuk memperlancar distribusi barang dari rodusen ke konsumen.
Melalui transaksi jual-beli produsen dapat memasarkan barangnya baik secara langsung maupun melalui perantara.
Melalui pasar inilah konsumen dapat memperoleh barang yang diinginkan secara mudah dan cepat. Lancarnya distribusi barang dan jasa menunjukkan berfungsinya pasar secara baik.
2. Fungsi Pembentuk Harga
Fungsi pembentuk harga, pasar mewujudkan kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.
Transaksi penjual dan pembeli pada mulanya melakukan tawar-menawar dan akhirnya terjadi kesepakatan harga.
Tawar menawar ini dilakukan agar terjadi kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.
Pembeli biasanya membeli barang dengan memperhitungkan manfaat atau kegunaan barang, sedangkan pedagang biasanya memperhitungkan laba yang diinginkan.
Hal inilah yang menimbulkan perbedaan sehingga terjadi tawar-menawar harga.
3. Fungsi Promosi
Promosi artinya memperkenalkan hasil produksi kepada masyarakat, melalui fungsi ini pasar menjual barang sekaligus memperkenalkan hasil produksinya kepada masyarakat.
Barang dagangan biasanya di pajang di tempat yang terlihat oleh konsumen. Dengan memajang barang hasil produksi tersebut diharapkan dapat menarik minat konsumen untuk membelinya.
Fungsi promosi ini sangat menentukan omzet penjualan apalagi ditunjang dengan kualitas barang bagus dan harga murah.
Fungsi distribusi pasar dimaksudkan untuk memperlancar distribusi barang dari rodusen ke konsumen.
Melalui transaksi jual-beli produsen dapat memasarkan barangnya baik secara langsung maupun melalui perantara.
Melalui pasar inilah konsumen dapat memperoleh barang yang diinginkan secara mudah dan cepat. Lancarnya distribusi barang dan jasa menunjukkan berfungsinya pasar secara baik.
2. Fungsi Pembentuk Harga
Fungsi pembentuk harga, pasar mewujudkan kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.
Transaksi penjual dan pembeli pada mulanya melakukan tawar-menawar dan akhirnya terjadi kesepakatan harga.
Tawar menawar ini dilakukan agar terjadi kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.
Pembeli biasanya membeli barang dengan memperhitungkan manfaat atau kegunaan barang, sedangkan pedagang biasanya memperhitungkan laba yang diinginkan.
Hal inilah yang menimbulkan perbedaan sehingga terjadi tawar-menawar harga.
3. Fungsi Promosi
Promosi artinya memperkenalkan hasil produksi kepada masyarakat, melalui fungsi ini pasar menjual barang sekaligus memperkenalkan hasil produksinya kepada masyarakat.
Barang dagangan biasanya di pajang di tempat yang terlihat oleh konsumen. Dengan memajang barang hasil produksi tersebut diharapkan dapat menarik minat konsumen untuk membelinya.
Fungsi promosi ini sangat menentukan omzet penjualan apalagi ditunjang dengan kualitas barang bagus dan harga murah.
Posting Komentar