Apa saja macam-macam motif ekonomi?

1. Memenuhi Kebutuhan
Motif paling penting yang mendorong manusia melakukan kegiatan ekonomi, yaitu ingin memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran.

Setiap aktivitas yang dilakukan manusia dengan harapan dapat memperoleh penghasilan. Penghasilan itulah yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan.

Apabila penghasilannya tidak mencukupi maka berusaha mendapatkan penghasilan tambahan dengan melakukankegiatan ekonomi lainnya.

Sebagai contoh, seorang pedagang sayur berkelilng dengan tujuan membantu mendapatkan tambahan penghasilan suaminya yang bekerja sebagai buruh pabrik.

2. Berbuat Sosial
Rasa kemanusiaan selalu ada pada setiap orang. Selain ingin memenuhi kebutuhan, manusia punya keinginan untuk menolong orang lain atau ingin membantu sesama manusia.

Sebagai contoh, seorang siswa berkunjung ke Panti Asuhan untuk menyumbangkan buku-buku pelajaran yang tidak terpakai.

3. Mendapat Penghargaan
Penghargaan yang dimaksud bukan sekedar mendapat pujian atau piagam tetapi juga ingin status sosial yang lebih tinggi dari masyarakat sekitar.

Penghargaan diperoleh apabila ada usaha dengan rajin untuk memperolehnya.

Belajar dengan rajin untuk memperoleh prestasi maka akan mendapatkan penghargaan pada saat pembagian laporan hasil belajar pada akhir semester atau kompetisi mata pelajaran yang diadakan sekolah setiap pekan kreativitas.

Penghargaan yang kamu dapat bisa berupa rangking atau piala.

4. Memperoleh Kekuasaan
Motif lain yang mendorong manusia melakukan kegiatan ekonomi adalah motif memperoleh kekuasaan.

Manusia kadang tidak puas terhadap apa yang diperolehnya, sehingga terus melakukan kegiatan dan mengembangkan usaha.

iklan tengah