Faktor apa saja yang mempengaruhi permintaan?

1. Harga Barang
Harga barang akan mempengaruhi banyaknya jumlah barang yang diminta.

Jika harga barang naik maka jumlah barang yang diminta berkurang dan sebaliknya apabila harga barang turun maka jumlah barang yang diminta bertambah banyak.

Apabila pada mulanya harga barang tersebut Rp1.000.000 per unit dan kemudian naik menjadi Rp1.500.000 per unit, ini akan mempengaruhi jumlah barang yang diminta akan turun.

Akan tetapi apabila harga barang tersebut turun menjadi Rp500.000 per unit maka kemungkinan jumlah barang yang diminta tersebut akan bertambah.

2. Pendapatan Masyarakat
Pendapatan yang diperoleh oleh seseorang akan sangat mempengaruhi permintaan barang.

Jika pendapatan rata-rata setiap orang naik maka akan mempengaruhi jumlah barang yang diminta bertambah.

Sebaliknya apabila pendapatan turun atau tidak memiliki pendapatan maka akan sangat mempengaruhi berkurangnya jumlah barang yang diminta.

3. Selera Masyarakat
Selera sangat mempengaruhi permintaan seseorang. Apabila orang tersebut sangat menyukai suatu barang, walaupun harga barang tersebut mahal maka pembeli tidak menghiraukan adanya kenaikan harga.

Apabila selera masyarakat terhadap barang tersebut rendah maka permintaan barang tersebut juga rendah.

4. Kualitas Barang
Setiap orang menginginkan barang yang berkualitas. Sehingga kualitas ini sangat mempengaruhi permintaan.

Jika kualitas barang bagus dan harga barang tersebut lebih mahal sedikit dari barang lain yang sama, maka masyarakat lebih memilih membeli barang tersebut.

Sebaliknya juka kualitas barang jelek maka permintaan terhadap barang akan berkurang.

5. Harga Barang Lain
Banyak sedikitnya jumlah barang yang diminta biasanya dipengaruhi juga oleh harga barang lain.

Apabila harga kopi lebih mahal dari harga teh, maka masyarakat cenderung membeli teh. Akan tetapi kalau harga kopi lebih murah dari teh bagi mereka yang uangnya terbatas maka masyarakat akan membeli kopi yang merupakan pengganti teh.

Permintaan gas akan tinggi kalau masyarakat menggunakan kompor gas, sebaliknya permintaan gas akan turun kalau masyarakat kembali menggunakan kompor minyak.

Permintaan terhadap barang ini sangat dipengaruhi oleh harga barang lain.

6. Jumlah Penduduk
Jumlah anggota keluarga akan sangat mempengaruhi jumlah permintaan. Begitu juga dengan bertambahnya jumlah penduduk suatu negara maka akan sangat mempengaruhi permintaan terhadap barang.

7. Ramalan Masa Depan
Pada saat krisis ekonomi, harga barang cenderung berubah-ubah bahkan cenderung naik. Masyarakat akan menambah permintaan terhadap barang kalau diperkirakan harga barang tersebut di masa yang akan datang akan naik.

Akan tetapi apabila keadaan perekonomian negara sudah semakin membaik, maka harga cenderung turun dan masyarakat menahan diri untuk mengurangi permintaan terhadap barang.

iklan tengah