Jelaskan tata cara pelaksanaan salat Idul Fitri!

Salat Idul Fitri adalah, śalat sunnah dua rakaat yang dilaksanakan pada hari raya Idul Fitri pada setiap tanggal 1 Syawal setelah melaksanakan puasa Ramadan satu bulan lamanya. 

Hukum melaksanakan śalat sunnah ini adalah sunnah mu’akkad (sangat dianjurkan). 

“Id" artinya kembali yaitu, dengan hari raya Idul Fitri ini kita kembali dihalalkan berbuka seperi makan dan minum di siang hari yang sebelumnya selama bulan Ramadan hal itu dilarang. 

Waktu untuk melaksanakan śalat Idul Fitri itu adalah, sesudah terbit matahari sampai tergelincirnya matahari pada tanggal 1 Syawal tersebut. 

Adapun Tata cara pelaksanaan śalat hari raya Idul Fitri sebagai berikut 

1. Imam memimpin pelaksanaan śalat Idul Fitri diawali dengan niat yang ikhlas di dalam hati. Jika diucapkan maka bunyi niatnya adalah 

Artinya : “Saya berniat śalat sunnah Idul itri dua rakaat karena Allah ta’ala.” 


2. Pada rakaat pertama sesudah membaca do’a iftitah bertakbir sambil mengangkat tangan sebanyak tujuh kali. Di sela-sela takbir satu dan lainnya disunnahkan membaca: 

Artinya : “Maha suci Allah, dan segala puji bagi Allah, tiada Tuhan melainkan Allah, Allah Maha besar.” 

3. Setelah takbir tujuh kali dan membaca tasbih tersebut dilanjutkan membaca surah al-Fātihāh dan membaca salah satu surah dalam al-Qurān. Namun, diutamakan surah Qāf atau surah al-A’lā. 


4. Pada rakaat kedua, setelah takbir berdiri kemudian membaca takbir lima kali sambil mengangkat tangan dan di antara seiap takbir disunnahkan membaca tasbih. 

Setelah itu membaca surah al-Fātihāh dan surah-surah pilihan. Surah yang dibaca diutamakan surah al-Qamar atau surah al-āsyiyah. 


5. Salat Idul Fitri ditutup dengan salam. Setelah itu khaib mengumandangkan khutbah dua kali. Khutbah yang pertama dibuka dengan takbir sembilan kali dan khutbah yang kedua dibuka dengan takbir tujuh kali. Ada pula yang melaksanakan khutbah hanya satu kali.

Setelah śalat Idul Fitri para jemaah dianjurkan untuk bersalamsalaman untuk saling memaaan lahir dan bain. 

Setelah selesai śalat, kita pulang ke rumah dengan menempuh jalan yang berbeda dengan pada saat berangkat. 

Di sepanjang jalan, kita disunnahkan untuk saling bersilaturrahmi dan bersedekah, saling memberikan maaf kepada sesama keluarga, famili, tetangga, dan saudara sesama muslim. 

Khusus hari raya Idul Fitri kita diSunnahkan mengucapkan selamat kepada sesama saudara sesama muslim ketika bertemu.

iklan tengah