Soal Geografi: Langkah-Langkah Penelitian Geografi
1. Penyusunan penelitian hendaknya dilakukan secara sistematis, artinya……
A. sesuai dengan urutan prioritasB. sesuai dengan kehendak hati
C. sesuai urutan langkah-langkah metode ilmiah
D. sesuai dengan logika logis
E. sesuai dengan data-data ilmiah
Jawaban:
C. sesuai urutan langkah-langkah metode ilmiah
2. Tujuan dalam mempublikasikan hasil penelitian adalah ….
A. menginformasikan untuk memperoleh ketenaran
B. menunjukkan bahwa penelitian yang dilakukan telah selesai
C. menginformasikan hasil penelitian kepada pihak lain
D. menggugurkan teori ilmuan lain
E. menginformasikan kepada orang lain agar mendapatkan penghargaan
Jawaban:
C. menginformasikan hasil penelitian kepada pihak lain
3. Langkah pertama dalam melakukan penelitian adalah ….
A. membuat judul
B. menetapkan masalah
C. studi pustaka
D. survei data
E. penentuan lokasi
Jawaban:
B. menetapkan masalah
4. Dalam metoda ilmiah, fakta yang mendukung harus dicari sebab akibatnya pemecahannya dengan menggunakan….
A. hipotesis
B. teknik kualitatif
C. teknik kuantitatif
D. analisis yang logis
E. ukuran objektif
Jawaban:
A. hipotesis
5. Semua proses yang diperlukan dalam perencanaan dan pelaksanaan penelitian disebut….
A. metode ilmiah
B. desain penelitian
C. sintesis
D. infersi
E. hipotesis
Jawaban:
B. desain penelitian
6. Proses pelaksanaan penelitian dimulai dari…..
A. Penyusunan desain penelitian
B. Penyusunan teori
C. Pengumpulan data
D. Penyusunan model penelitian
E. Pencarian waktu dan tempat penelitian
Jawaban:
A. Penyusunan desain penelitian
7. Penelitian eksperimen banyak dilakukan di……
A. Lapangan
B. Perpustakaan
C. Laboratorium
D. Perkebunan
E. Ruangan
Jawaban:
C. Laboratorium
8. Langkah yang dapat dilakukan untuk menguji kebenaran hipotesis adalah….
A. Observasi
B. Melakukan eksperimen
C. Merumuskan masalah
D. Menarik kesimpulan
E. Melakukan tanya jawab
Jawaban:
A. Observasi
9. Langkah yang harus dilakukan sebelum menyusun hipotesa adalah….
A. Melakukan eksperimen
B. Merumuskan masalah
C. Mengumpulkan keterangan
D. Menarik kesimpulan
E. Mempublikasikan hasil penelitian
Jawaban:
B. Merumuskan masalah
10. Hasil penelitian dipublikasikan dalam bentuk…..
A. Metode ilmiah
B. Sistem ilmiah
C. Sikap ilmiah
D. Laporan
E. CD Drive
Jawaban:
D. Laporan
11. Urutan langkah kerja dalam melakukan penelitian disebut…..
A. Metode ilmiah
B. Sistem ilmiah
C. Sikap ilmiah
D. Laporan ilmiah
E. Analisis data
Jawaban:
A. Metode ilmiah
12. Berdasarkan pendekatan dalam penelitian ilmiah, penelitian mengenai jenis tanah dengan bentuk penggunaan lahannya termasuk pendekatan…..
A. Studi lapangan
B. Kuantitatif
C. Kualitatif
D. Kelingkungan
E. Keruangan
Jawaban:
E. Keruangan
13. Tujuan dilakukan study lapangan adalah….
A. Untuk mendapatkan data yang valid
B. Untuk mempercepat proses penelitian
C. Supaya data yang diamati menarik
D. Untuk mempermudah dalam pengolahan data
E. Supaya peneliti dapat terjun langsung mengamati objek di lapangan
Jawaban:
A. Untuk mendapatkan data yang valid
14. Sebagian dari atau individu yang dapat mewakili suatu populasi disebut….
A. Populasi
B. Data sekunder
C. Responden
D. Data primer
E. sampel
Jawaban:
E. sampel
15. Metode yang dilakukan dengan mengajukan pertanyaan kepada responden tentang hal-hal yang perlu diketahui disebut….
A. Studi lapangan
B. Angket
C. Observasi langsung
D. Observasi tidak langsung
E. wawancara
Jawaban:
E. wawancara
16. Seorang peserta didik di SMA Negeri 1 Pamijahan melakukan penelitian geografi dengan tema lingkungan. Dalam kegiatan penelitian tersebut dia mengamati polusi udara akibat aktivitas transportasi di jalur lintas utama. Fenomena geografis yang diamati adalah…
A. Antroposfer
B. Atmosfer
C. Pedosfer
D. Biosfer
E. Litosfer
A. Antroposfer
B. Atmosfer
C. Pedosfer
D. Biosfer
E. Litosfer
Jawaban:
B. Atmosfer
A. Pencemaran lingkungan-kegiatan pertanian-kegiatan industri
B. Banjir-longsor-kegiatan industri
C. Permukiman kumuh-kegiatan industri-kemiskinan
D. Permukiman kumuh-longsor-banjir
E. Gempa-banjir-longsor
Jawaban:
C. Permukiman kumuh-kegiatan industri-kemiskinan
A. Membuat judul penelitian
B. Menemukan masalah penelitian
C. Menentukan solusi penelitian
D. Menentukan topik penelitian
E. Membuat rangkuman penelitian
Jawaban:
B. Menemukan masalah penelitian
A. Menyelesaikan masalah penelitian
B. Menentukan tema penelitian
C. Menentukan manfaat penelitian
D. Mengetahui kesimpulan penelitian
E. Mengetahui jenis penelitian
Jawaban:
D. Mengetahui kesimpulan penelitian
A. Dampak fenomena sosial
B. Dampak kondisi demografi
C. Dampak fenomena litosfer
D. Manfaat penggunaan lahan
E. Persebaran sumberdaya alam
Jawaban:
C. Dampak fenomena litosfer
A. Buku referensi, publikasi ilmiah, data hasil observasi
B. Buku referensi, data hasil wawancara, data hasil observasi
C. Publikasi ilmiah, data hasil wawancara, hasil jawaban kuesioner
D. Publikasi ilmiah, data hasil wawancara, data hasil observasi
E. Data hasil wawancara, hasil jawaban kuesioner, data hasil observasi
Jawaban:
E. Data hasil wawancara, hasil jawaban kuesioner, data hasil observasi
22. Seorang peneliti melakukan pengumpulan data dengan mendatangi langsung subjek penelitian atau responden. Tujuan peneliti mengunjungi responden adalah untuk melengkapi data hasil observasi. Peneliti tersebut menggunakan teknik pengumpulan data…
A. Pengajuan angket
B. Studi pustaka
C. Wawancara
D. Observasi
E. Pemetaan
Jawaban:
C. Wawancara
A. Fenomena penumpukan sampah di Desa Gunung Sari mengalami peningkatan
B. Usaha masyarakat dalam mengelola sampah domestik dan rumah tangga belum optimal
C. Volume sampah sebanding dengan konsumsi barang oleh masyarakat
D. Sampah menyebabkan pencemaran udara serta penyakit diare dan kolera
E. Sekira 60-70% sampah basah dihasilkan warga Desa Gunung Sari
Jawaban:
E. Sekira 60-70% sampah basah dihasilkan warga Desa Gunung Sari
A. Fenomena pencemaran air akibat kegiatan industri
B. Kemiskinan masyarakat di desa terpencil
C. Fenomena gempa di selatan Pulau Jawa
D. Kegiatan pariwisata bahari di Pulau Jawa
E. Potensi sumberdaya laut di Indonesia
Jawaban:
A. Fenomena pencemaran air akibat kegiatan industri
A. Survei dan eksploratif
B. Studi kasus dan eksperimen
C. Kualitatif dan kuantitaif
D. Kualitatif dan eksplanatif
E. Survei dan terapan
Jawaban:
C. Kualitatif dan kuantitaif
A. Bencana banjir di bantaran Sungai Ciliwung disebabkan oleh perilaku masyarakat yang sering membuang sampah di sungai
B. Balita yang diberi imunisasi lebih sehat dibandingkan balita yang tidak diberi imunisasi
C. Rata-rata mata pencaharian penduduk Desa Sukamabar adalah petani temabaku
D. Jenis pekerjaan penduduk dipengaruhi oleh tnigkat pendidikan
E. Tingkat pendidikan dan jenis pekerjaan tidak memiliki keterkaitan
Jawaban:
C. Rata-rata mata pencaharian penduduk Desa Sukamabar adalah petani tembakau
27. Penelitian yang berjudul " Pengaruh Kebersihan Lingkungan terhadap Kesehatan Masyarakat di Desa Gunung Sari" memiliki populasi penelitian…
A. Gunung Sari
B. Kebersihan lingkungan
C. Kesehatan masyarakat
D. Masyarakat Desa Gunung Sari
E. Kebersihan dan kesehatan masyarakat
Jawaban:
D. Masyarakat Desa Gunung Sari
28. Dalam pembuatan laporan penelitian Geografi, tujuan penelitian disajikan setelah rumusan masalah. Persyaratan berikut yang tepat untuk penyajian tujuan penelitian tersebut adalah…
A. Mengembangkan ilmu pengetahuan melalui kegiatan penelitian
B. Mengembangkan teori yang diterapkan pada penelitian sebelumnya
C. Menunjukkan landasan teori yang dijelaskan dalam rumusan masalah
D. Menunjukkan alasan dan masalah geosfer dalam kegiatan penelitian geografi
E. Tujuan penelitian geografi berisi pencapaian penelitian sesuai rumusan masalah
Jawaban:
E. Tujuan penelitian geografi berisi pencapaian penelitian sesuai rumusan masalah
29. Seorang peneliti mengamati fenomena tumpukan sampah yang menyebabkan wabah penyakit. Subjek penelitian pada kasus tersebut adalah…
A. Warga yang terkena wabah penyakit
B. Fenomena tumpukan sampah
C. Wabah penyakit
D. Pelaku penelitian
E. Wilayah terkena dampak
Jawaban:
A. Warga yang terkena wabah penyakit
A. Memiliki sistematika penelitian
B. Mengembangkan masalah
C. Membangun masalah
D. Mengetahui pola keruangan
E. Menentukan bentuk penelitian
Jawaban:
A. Memiliki sistematika penelitian
31. Prinsip keterjangkauan objek penelitian yang diterapkan dalam penelitian geografi ditunjukkan oleh pernyataan…
A. Peserta didik kelas X mengadakan simulasi bencana di daerah rawan gempa di Indonesia
B. Peserta didik di Kabupaten Bogor mengadakan penelitian tentang gejala vulkanisme di Jawa Tengah
C. Peserta didik melakukan kegiatan penelitian mengukur intensitas curah hujan selama satu tahun
D. Peserta didik melakukan penelitian tentang pencemaran lingkungan di sekitar sekolah
E. Peserta didik kelas X melakukan penelitian produktivitas sawit melalui citra.
A. Peserta didik kelas X mengadakan simulasi bencana di daerah rawan gempa di Indonesia
B. Peserta didik di Kabupaten Bogor mengadakan penelitian tentang gejala vulkanisme di Jawa Tengah
C. Peserta didik melakukan kegiatan penelitian mengukur intensitas curah hujan selama satu tahun
D. Peserta didik melakukan penelitian tentang pencemaran lingkungan di sekitar sekolah
E. Peserta didik kelas X melakukan penelitian produktivitas sawit melalui citra.
Jawaban:
D. Peserta didik melakukan penelitian tentang pencemaran lingkungan di sekitar sekolah
A. Mencerminkan masalah pokok yang diteliti
B. Mengetahui metode analisis penelitian
C. Menerapkan pendekatan ilmiah
D. Mencerminkan langkah penelitian
E. Mengetahui kondisi wilayah penelitian
Jawaban:
A. Mencerminkan masalah pokok yang diteliti
33. Seorang peserta didik kelas X akan melakukan kegiatan penelitian tentang dampak banjir bagi penduduk di Desa Gunung Sari. Sampel penelitian peserta didik tersebut adalah…
A. Sebagian penduduk Desa Gunung Sari
B. Semua penduduk Desa Gunung Sari
C. Kejadian banjir di Desa Gunung Sari
D. Dampak banjir di Desa Gunung Sari
E. Sebagian peserta didik kelas X
Jawaban:
34. Seorang peneliti akan mengadakan penelitian di Desa Gunung Sari. Subjek penelitian di daerah tersebut sebanyak 200 responden. Akan tetapi, peneliti mengalami kendala penelitian yaitu batas waktu penelitian yang sangat singkat. Tindakan yang harus dilakukan peneliti dalam mengatasi kendala penelitian tersebut adalah...
A. Menentukan sampel sebanyak 60 responden
B. Meneliti semua populasi sebanyak 200 responden
C. Melakukan manipulasi data untuk menghemat waktu
D. Menggunakan metode deskriptif dalam penelitian
E. Menambah waktu penelitian
A. Sebagian penduduk Desa Gunung Sari
A. Menentukan sampel sebanyak 60 responden
B. Meneliti semua populasi sebanyak 200 responden
C. Melakukan manipulasi data untuk menghemat waktu
D. Menggunakan metode deskriptif dalam penelitian
E. Menambah waktu penelitian
Jawaban:
A. Menentukan sampel sebanyak 60 responden
A. Memengaruhi metode penelitian
B. Memengaruhi waktu penelitian
C. Menentukan biaya penelitian
D. Memengaruhi jumlah sampel
E. Memengaruhi keakuratan data
Jawaban:
E. Memengaruhi keakuratan data
A. Menjadi alat pembuktian hipotesis
B. Menentukan latar belakang
C. Menentukan manfaat penelitian
D. Menentukan jumlah lampiran
E. Menentukan pemetaan wilayah
Jawaban:
A. Menjadi alat pembuktian hipotesis
A. Menjawab rumusan masalah
B. Menunjukkan tujuan penelitian
C. Menerapkan manfaat ilmiah
D. Menunjukkan kumpulan tabel
E. Meringkas data penelitian
Jawaban:
A. Menjawab rumusan masalah
A. Disusun dengan kata nonbaku serta kalimat yang mengandung subjek dan objek
B. Disusun dengan kata baku sesuai EYD dan memiliki struktur kalimat SPOK
C. Istilah asing tidak diberikan keterangan
D. Disusun menggunakan kalimat tanya
E. Laporan disusun secara ringkas
Jawaban:
B. Disusun dengan kata baku sesuai EYD dan memiliki struktur kalimat SPOK
39. Tipe huruf yang digunakan dalam pedoman pengetikan laporan hasil penelitian geografi adalah… dengan ukuran…
A. Times New Roman, 12B. Helvetica, 10
C. Calibri, 12
D. Arial, 13
E. Arial, 10
Jawaban:
A. Times New Roman, 12
A. Menggunakan kalimat deskriptif
B. Menggunakan diagram alir
C. Menggunakan peta konsep
D. Menggunakan kalimat tanya
E. Menggunakan tabel penelitian
Jawaban:
D. Menggunakan kalimat tanya
A. Menyajikan daftar pertanyaan yang dijawab oleh responden
B. Menyajikan jadwal kegiatan penelitian secara sistematis
C. Menyajikan hasil analisis pengumpulan data
D. Menyampaikan rumusan masalah dan tujuan
E. Mendeskripsikan manfaat penelitian secara teoritis
Jawaban:
42. Penelitian geografi selalu berkembang dari tahun ke tahun. Fakta tersebut menunjukkan bahwa manfaat penelitian geografi adalah…
A. Mengembangkan terapan teknologi geografi
B. Menjadi sumber permasalahan penduduk
C. Mengembangkan sifat ilmiah dalam penelitian
D. Memperbanyak ilmu penunjang baru sebagai landasan teori
E. Menyempurnakan penelitian serupa yang pernah dilakukan sebelumnya
C. Menyajikan hasil analisis pengumpulan data
A. Mengembangkan terapan teknologi geografi
B. Menjadi sumber permasalahan penduduk
C. Mengembangkan sifat ilmiah dalam penelitian
D. Memperbanyak ilmu penunjang baru sebagai landasan teori
E. Menyempurnakan penelitian serupa yang pernah dilakukan sebelumnya
Jawaban:
E. Menyempurnakan penelitian serupa yang pernah dilakukan sebelumnya
A. Menentukan kesimpulan penelitian
B. Menentukan latar belakang
C. Menentukan manfaat penelitian
D. Menentukan jumlah lampiran
E. Mennetukan pemetaan wilayah
Jawaban:
A. Menentukan kesimpulan penelitian
A. Menemukan pemecahan masalah
B. Menguji kebenaran data penelitian
C. Mengembangkan ilmu geografi
D. Mendapatkan suatu masalah
E. Berdasarkan langkah ilmiah
Jawaban:
D. Mendapatkan suatu masalah
Posting Komentar