Usaha Pemerataan Pembangunan di Desa dan Kota

Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu menentukan usaha-usaha pemerataan pembangunan di desa dan kota

Mengamati
Berikan pendapatmu tentang gambar berikut!

Pembangunan yang dilakukan di desa dan kota di Indonesia tidaklah merata. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu upaya-upaya pemerataan pembangunan di desa dan kota, sebagai berikut:
Tenaga kerja di desa biasanya mempunyai kualitas yang rendah. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan kualitas tenaga kerja yang rendah perlu diadakan berbagai macam penyuluhan, pelatihan, dan bentuk-bentuk pembinaan, mulai dari aparat desa sampai anggota masyarakat pekerja.
Kegiatan penyuluhan di desa
Kendala utama usaha-usaha yang dirintis di desa adalah situasi harga yang fluktuatif. Oleh karena itu dalam pemasaran produk desa perlu adanya sistem yang mampu menumbuhkan kebijaksanaan pemerintah dan mampu mengikuti tata niaga ekonomi pasar yang berlaku.
Produk industri desa

Jumlah tenaga kerja yang memasuki pasaran kerja semakin banyak dengan kualitas yang beranekaragam. Oleh karena itu, perlu membuka kesempatan kerja untuk menyerap tenaga kerja pasaran di desa supaya mereka tidak pergi ke pusat-pusat kota.

Bentuk usaha di desa biasanya perorangan dengan modal kecil. Oleh karena itu pemerintah perlu memberikan bantuan kredit kecil untuk desa, seperti Bank Kredit Desa

iklan tengah