Faktor-Faktor yang Menentukan Pusat Pertumbuhan

Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan peserta didik mampu menjelaskan faktor-faktor yang menentukan pusat pertumbuhan dengan benar.

A. MENGAMATI
Berikan pendapat Saudara mengenai pembangunan yang terjadi pada kota-kota berikut.

B. MENANYA
1. Mengapa pertumbuhan pembangunan di Jakarta paling pesat diantara kota lainnya?
2. Apakah Pekalongan dan Purbalingga suatu saat pembangunannya bisa pesat seperti Jakarta?

C. EKSPLORASI
Pusat pertumbuhan adalah suatu wilayah yang pertumbuhan pembangunannya sangat pesat jika dibandingkan dengan wilayah lainnya, sehingga dapat dijadikan pusat pembangunan yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan wilayah lain disekitarnya.

Munculnya pusat-pusat pertumbuhan ditentukan oleh faktor-faktor, sebagai berikut:
Kondisi fisiografi atau relief suatu wilayah mempengaruhi pusat pertumbuhan dalam hal kemudahan transportasi dan angkutan barang.
Contoh, daerah dataran rendah yang berelief rata memungkinan pusat pertumbuhan berkembang lebih cepat dibandingkan daerah pedalaman yang berelief kasar atau berpegunungan.
Pusat pertumbuhan akan berkembang apabila didukung oleh fasilitas penunjang yang memadai. Misalnya jalan, jaringan listrik, telepon, pelabuhan, bandara, air bersih, dan prasarana kebersihan.
Daerah yang mempunyai kekayaan sumber daya alam berpotensi menjadi pusat pertumbuhan. Misalnya penambangan minyak bumi di suatu wilayah merangsang kegiatan ekonomi, memberikan kesempatan kerja, meningkatkan pendapatan daerah, dan berpengaruh terhadap munculnya kegiatan ekonomi penunjang.

Sumber daya manusia yang ahli, terampil, andal, dan profesional dibutuhkan untuk mengelola sumber daya alam sehingga pusat pertumbuhan akan berkembang dan pembangunan berjalan lancar.

iklan tengah