Soal TKP Bekerja Mandiri Tuntas

Segi penilaian ini digunakan untuk melihat kemampuan dan kecakapan CPNS dalam bekerja mandiri tanpa tergantung kepada rekan kerjanya ataupun orang lain.

Kemampuan bekerja mandiri sampai tuntas merupakan bentuk tanggung jawab. Oleh karena itu, di tes TKP CPNS juga diuji aspek tanggung jawabnya dengan tujuan mengukur tingkat kedewasaan seseorang dalam mempertanggung jawabkan dari apa yang telah dilakukannya.

Indikasi hal tersebut adalah mampu menanggung risiko dari tindakan yang telah diperbuat, baik selaku tindakan pribadi atau tindakan yang dilakukan oleh anggota tim yang berada di bawah wewenangnya.

Tanggung jawab ini merupakan karakter yang harus dimiliki oleh setiap pegawai, terutama pegawai yang bekerja di lingkungan publik, karena setiap tindakannya memiliki dampak bagi orang banyak, misalnya bagi karyawan lainnya, bagi perusahaan/instansi tampat bekerja, atau bagi orang yang membutuhkan jasa/pelayanan Anda.

Tips
  • Berusahalah sebaik-baiknya, terliti dan hati-hati dalam setiap tindakan. 
  • Selalu berpikir positif
  • Tidak pernah takut gagal. 
  • Usaha keras, kerja cerdas dan yakin akan hasil yang baik meski Tuhan yang menentukan. Selain itu, pertimbangkan dengan matang tindakan yang akan diambil. 
  • Pahamilah bahwa setiap tindakan pasti dimintai pertanggungjawabannya.
  • Pada soal bekerja mandiri tuntas, biasanya dicirikan dengan adanya sesuatu yang menghalangi kita menyelesaikan pekerjaan (tugas, sakit, rapat). Oleh karena itu, cara menjawabnya yaitu dengan memilih mengerjakan tugas oleh diri sendiri dan selesai

Contoh Soal
1. Di perusahaan tempat anda bekerja saat ini memiliki tingkat disiplin dan aturan yang cukup ketat dimana setiap karyawan diminta untuk mampu bekerja cepat dan menyelesaikan semua tugas dan pekerjaan dengan baik, anda merupakan seorang karyawan baru yang tentu saja belum terlalu terbiasa akan hal tersebut, dalam melakukan semua pekerjaan anda di kantor hal apa yang anda lakukan
  • Lebih suka jika bekerja dengan suasana kelompok dan bisa saling bertukar pikiran
  • Lebih Suka bekerja sendiri dan fokus untuk menyelesaikan pekerjaan yang diemban
  • Melibatkan teman-teman dalam setiap hal hal kecil terkait pekerjaan yang ada
  • Tekun, teliti, dan bekerja sampai semua pekerjaan dapat cepat diselesaikan
  • Lebih suka pekerjaan yang memberikan saya kebebasan waktu yang lebih fleksible

d. Tekun, teliti, dan bekerja sampai semua pekerjaan dapat cepat diselesaikan

2. Anda ditugaskan melakukan kunjungan dinas bersama rekan kerja Anda selama seminggu. Pada perjalanan dinas tersebut terdapat banyak agenda kunjungan pada beberapa kantor perwakilan di beberapa daerah. Menjelang dua hari akhir, rekan kerja saya baru mengingat bahwa dia memiliki pekerjaan penting di kantor yang harus diselesaikan dan akan diserahkan pada atasan awal pekan depan. Respon Anda terhadap kondisi rekan kerja Anda ……
  • Menanyakan rekan kerja saya pekerjaan apa yang belum diselesaikan untuk mengetahui tingkat urgensinya, bila sangat penting bisa menyarankan kepadanya untuk meminta rekan kantor lain untuk membantu menyelesaikan. Namun bila harus dia sendiri mengerjakannya, menyarankan dia segera kembali dan saya siap untuk menyelesaikan kunjungan kantor sendirian
  • Memintanya untuk fokus dengan kunjungan kerja ke beberapa kantor perwakilan di daerah. Untuk pekerjaan yang harus dia selesaikan dapat dikerjakan libur akhir pekan sepulang dari perjalanan dinas
  • Menyarankan kepadanya untuk tetap fokus pada perjalanan dinas karena perjalanan dinas juga merupakan tanggung jawabnya seperti pekerjaan yang belum terselesaikan. Selain itu kunjungan dinas ada laporan atas kegiatan kunjungan serta hasil pengawasan di kantor perwakilan
  • Sampaikan padanya untuk memilih antara melanjutkan perjalanan dinas sampai selesai atau segera kembali ke kantor untuk menyelesaikan pekerjaan tertinggal. Meminta kepadanya untuk mengambil keputusan tegas untuk masalahnya sehingga saya bisa mengetahui apakah dia masih bersama saya dalam melanjutkan kunjungan dinas
  • Menyampaikan kepadanya untuk menghubungi atasan untuk memberi kelonggaran atas penyelesaikan pekerjaan yang harus dikumpulkan awal pekan depan. Sampaikan kepadanya bahwa atasan pasti akan bisa memahaminya karena kami sedang dalam perjalanan dinas

e. Menyampaikan kepadanya untuk menghubungi atasan untuk memberi kelonggaran atas penyelesaikan pekerjaan yang harus dikumpulkan awal pekan depan. Sampaikan kepadanya bahwa atasan pasti akan bisa memahaminya karena kami sedang dalam perjalanan dinas

3. Anda baru saja ditugaskan untuk menjalankan sebuah program di kantor Anda. Sudah menjadi kewajiban setiap staf yang ditugaskan untuk menjalankan sebuah program harus membuat laporan kegiatan. Setelah selesai menyusun laporan, draft laporan yang Anda susun ditolak oleh pimpinan karena dinilai kurang visibel. Hal yang akan Anda lakukan adalah …..
  • Memeriksa kembali draft laporan tersebut terutama pada bagian yang salah sehingga bisa diperbaiki dengan segera untuk diserahkan kembali
  • Menerima kembali draft laporan tersebut tanpa diperiksa kembali. Bisa saja penolakan tersebut dikarenakan kekeliruan atasan saya salah membaca atau keliru dalam menilai laporan yang saya serahkan sehingga nanti saya serahkan kembali
  • Menanyaan rekan kerja yang lain yang ikut membantu menyusun laporan karena bisa saja kesalahan tersebut bukan dari kekeliruan saya namun dikarenakan kesalah rekan kerja, hal ini dilakukan untuk mempercepat memeriksa dan memperbaiki bagian yang salah tanpa diperiksa setiap bagiannya
  • Menerima penolakan tersebut dan mencoba perbaiki kesalahan laporan tersebut. Akan tetapi saya yakin kesalahan draft laporan dikarenakan kekeliruan atasan saya dalam memeriksanya
  • Menjelaskan penyebab terjadinya kesalahan dalam penyusunan laporan tersebut. Waktu pengerjaannya yang sangat singkat dikarenakan sibuk mengatur jalan kegiataan program sehingga waktu dan tenaga banyak terkuras sehingga menyebabkan kurang fokus

a. Memeriksa kembali draft laporan tersebut terutama pada bagian yang salah sehingga bisa diperbaiki dengan segera untuk diserahkan kembali

4. Karena banyaknya tugas team yang harus diselesaikan anda meminta bantuan teman anda untuk mengerjakan sebuah tugas yang deadline juga bersamaan dengan tugas team yang lain. Namun di tengah proses pengerjaan tugas tersebut kelihatannya teman anda kurang bersemangat mengerjakannya, apa yang anda lakukan
  • Menanyakan hal yang membuatnya tidak bersemangat
  • Mengamati dan mencari tahu akar permasalahannya
  • Menyemangati teman untuk mengerjakannya
  • Mengobrol dan mengingatkan teman akan target pengerjaan seharusnya
  • Meminta agar tugas tersebut dapat diselesaikan tepat waktu

e. Meminta agar tugas tersebut dapat diselesaikan tepat waktu

5. Saat saya tidak dapat mengerjakan tugas tepat waktu biasanya saya akan....
a. Mencari alasan terbaik supaya terhindar dari kemarahan atasan
b. Seolah-olah tidak ingat waktu deadline
c. Menjelaskan alasan keterlambatan dan meminta maaf kepada atasan
d. Meminta bantuan teman untuk menyelesaikannya
e. Tidak masuk kerja pada hari deadline

c. Menjelaskan alasan keterlambatan dan meminta maaf kepada atasan

6. Saat saya sedang mengerjakan laporan, tiba-tiba listrik di kantor mati. Padahal laporan ini harus diserahkan sore ini. Saya akan...
a. Memberikan informasi kepada atasan bahwa pengerjaan laporan mengalami kendala
b. Merasa marah karena saya sedang bersemangat bekerja
c. Biasa saja dan menunggu listrik kembali menyala
d. Telat memberikan laporan karena atasan pasti sudah mengetahui permasalahannya
e. Tenang sembari mencari solusi untuk mengerjakan laporan

a. Memberikan informasi kepada atasan bahwa pengerjaan laporan mengalami kendala

7. Atasan memberikan tugas tambahan kepada saya. Padahal saat itu saya sudah merasa sangat lelah. Saya akan...
a. Menyimpan tugas tersebut untuk dikerjakan besok
b. Tetap mengerjakan tugas tersebut
c. Mengerjakan tugas tersebut dengan perasaan sebal
d. Meminta teman untuk mengerjakan tugas tersebut
e. Tidak mengerjakan tugas tersebut

b. Tetap mengerjakan tugas tersebut

8. Saya tiba-tiba mendapat tugas ke luar kota sampai dengan bulan depan. Padahal saya belum membuat laporan kerja bulanan. Saya akan.....
a. Membuat laporan kerja bulanan setelah pulang dari tugas keluar kota
b. Tidak membuat laporan kerja bulanan
c. Menyelesaikan laporan kerja bulanan sebelum berangkat tugas
d. Meminta bantuan teman untuk mengerjakan laporan kerja bulanan
e. Meminta pertimbangan atasan

c. Menyelesaikan laporan kerja bulanan sebelum berangkat tugas

9. Disaat kami harus menyelesaikan sebuah proyek, partner saya mendadak sakit. Padahal tenggat waktu yang diberikan sudah sangat dekat. Saya akan.....
a. Menyelesaikan pekerjaan sendirian dan memberi kesempatan partner saya untuk beristirahat.
b. Segera mencari partner baru
c. Tidak menyelesaikan proyek tersebut
d. Meminta pengunduran tenggat waktu
e. Mencari tenaga sementara yang dapat membantu mengerjakan pekerjaan partner saya

a. Menyelesaikan pekerjaan sendirian dan memberi kesempatan partner saya untuk beristirahat.

10. Dalam sebuah tugas di luar kota, teman satu kantor saya harus pulang mendadak karena istrinya melahirkan. Padahal jadwal tugas masih tersisa dua hari lagi. Saya akan...
a. Menemani teman saya pulang dan menghentikan tugas tersebut
b. Menghubuni atasan untuk meminta kebijakannya
c. Menyelesaikan tugas tersebut dan membiarkan teman saya pulang terlebih dahulu
d. Ikut kembali pulang dan akan menyelesaikan tugas tersebut di lain waktu
e. Memaksa teman saya untuk menyelesaikan tugas sampai hari terakhir

c. Menyelesaikan tugas tersebut dan membiarkan teman saya pulang terlebih dahulu

11. Atasan ingin saya untuk mengerjakan sebuah pekerjaan baru dengan syarat pekerjaan saya saat ini sudah selesai, Saya akan.....
a. Berbohong dengan mengatakan bahwa pekerjaan saya sudah selesai
b. Segera menyelesaikan pekerjaan saya dan menerima pekerjaan tersebut
c. Memberikan kesempatan ini kepada teman yang lain
d. Memintanya untuk menjaga pekerjaan itu untuk saya
e. Menolak pekerjaan tersebut karena tidak ingin terburu-buru menyelesaikan pekerjaan saat ini

b. Segera menyelesaikan pekerjaan saya dan menerima pekerjaan tersebut

12. Besok saya akan tampil dalam sebuah seminar ilmiah, dan saya belum menyelesaikan makalah yang akan saya tampilkan maka saya...
a. Meminta bantuan teman untuk menyelesaikan masalah
b. Menggunakan makalah tahun lalu
c. Tidak hadir di seminar dan pura-pura lupa
d. Meminta maaf pada panitia dan tidak jadi mengisi acara seminar tersebut
e. Segera menyelesaikan makalah pada hari ini

e. Segera menyelesaikan makalah pada hari ini

13. Agar pekerjaan berhasil saya selesaikan dengan baik, biasanya saya...
a. Mencontoh orang yang berhasil mengerjakannya sebelum saya
b. Menemukan cara saya sendiri
c. Meminta bantuan dari teman di sekitar saya
d. Meminta bimbingan dari atasan atau pegawai senior
e. Mempelajari pekerjaan tersebut sebelum mulai saya kerjakan

e. Mempelajari pekerjaan tersebut sebelum mulai saya kerjakan

14. Saya diutus untuk menghadiri seminar menggantikan atasan saya. Pada saat yang bersamaan saya sedang mengerjakan laporan yang tidak terlalu mendesak. Sikap saya adalah....
a. Saya akan selesaikan terlebih dahulu laporan tersebut, sebab bisa saja diminta atasan sewaktu-waktu
b. Laporan tersebut akan menjadi merepotkan kalau tertunda
c. Saya akan menghadiri seminar tersebut agar dapat menghindar dari tugas laporan
d. Saya akan menghadiri seminar tersebut karena laporan belum harus segera diserahkan kepada atasan
e. Saya bisa menghadiri seminar dan mengerjakan laporannya nanti saja

a. Saya akan selesaikan terlebih dahulu laporan tersebut, sebab bisa saja diminta atasan sewaktu-waktu

15. Ketika sedang mengerjakan tugas bersama yang harus selesai pada hari itu, seorang teman akan meninggalkan terlebih dahulu , maka saya.....
a. Memaksanya untuk tetap tinggal
b. Ikut pergi saja
c. Membujuk untuk menyelesaikan tugas
d. Meminta dia untuk terlebih dahulu mempertimbangkan
e. Meminta pertimbangan teman lain

d. Meminta dia untuk terlebih dahulu mempertimbangkan

16. Anda adalah seorang Puteri Indonesia sekaligus PNS, suatu ketika anda akan mengikuti karantinya Miss Universe, sedankan masih banyak sekali beban pekerjaan kantor yang harus anda selesaikan, maka akan.....
a. Keluar dari PNS
b. Meminta izin atasan agar bisa melimpahkan pekerjaan ke rekan yang lain
c. Segera menyelesaikan pekerjaan, kalau tidak terkejar baru meminta izin atasan
d. Mengundurkan diri dari kontes Miss Universe
e. Marah pada keadaan

c. Segera menyelesaikan pekerjaan, kalau tidak terkejar baru meminta izin atasan

17. Saya melaksanakan tugas yang menurut saya berat dan di luar kemampuan, biasanya saya
A Meminta teman untuk membantu saya mengerjakannya
B Menyerah dan meninggalkan tugas tersebut
C Belajar dari orang yang lebih mengerti tentang tugas tersebut
D Berusaha menyelesaikan sedikit demi sedikit
E Meminta teman untuk menggantikan saya mengerjakannya

D Berusaha menyelesaikan sedikit demi sedikit

18. Dari seluruh pegawai di kantor, saya merasa beban tugas saya adalah yang terberat. Untuk itu saya akan
A Mengerjakan semua tugas dengan penuh semangat
B Meminta atasan untuk meninjau beban kerja saya
C Mengerjakan semua tugas dengan asal-asalan
D Mengundurkan diri
E Meminta atasan untuk menugaskan pegawai lain untuk membantu saya

A Mengerjakan semua tugas dengan penuh semangat

19. Atasan memberikan tugas tambahan kepada saya. Padahal saat itu saya sudah merasa sangat lelah. Saya akan promosi jabatan. Padahal menurut saya kinerjanya tidak lebih baik daripada saya. Saya akan
A Memprotes keputusan atasan memberikan promosi kepada teman saya
B Bekerja seperti biasanya
C Berpikir curiga dengan kedekatan teman saya dengan atasan
D Bekerja lebih giat agar dipandang layak mendapatkan promosi
E Bekerja asal-asalan karena tidak suka akan keputusan atasan tersebut

B Bekerja seperti biasanya

20. Tugas Anda harus diselesaikan dalam satu minggu. Maka Anda akan
A. Menyelesaikan tugas yang lainnya dulu lebih yang lebih dekat batas waktunya
B. Menumpuk tugas tersebut pada daftar tugas Anda
C. Membiarkan tugas tersebut hingga Anda tergerak untuk menyelesaikannya
D. Menyelesaikan tugas tersebut manakala sudah ditagih oleh atasan Anda
E. Menyelesaikan tugas jika ada yang membantu Anda

A. Menyelesaikan tugas yang lainnya dulu lebih yang lebih dekat batas waktunya

21. Anda menerima perintah tugas  ke luar kota. Kebetulan pekerjaan anda di kantor menumpuk dan harus diselesaikan. Maka tindakan yang akan anda lakukan adalah.....
a. Meminta atasan untuk memberikan perpanjangan waktu menyelesaikan tugas tersebut
b. Meminta atasan untuk keluar kota setelah anda menyelesaikan pekerjaan anda
c. Mengkoordinasikan tugas yang dapat dipercayakan kepada rekan kerja, selain tidak menyalahi prosedur pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu.
d. Membawa pekerjaan tersebut ke luar kota.  Sehingga dapat diselesaikan tepat waktu.
e. Menyelesaikan semampu Anda.

c. Mengkoordinasikan tugas yang dapat dipercayakan kepada rekan kerja, selain tidak menyalahi prosedur pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu.

22. Setelah menyelesaikan pekerjaan tertentu, saya akan..
a. Langsung melakukan aktifitas lain
b. Istirahat sejenak
c. Mengakses situs jejaring sosial semacam facebook untuk mengetahui kabar terbaru dari kerabat dan kawan saya
d. Membaca koran
e. Meneliti pekerjaan tersebut apakah masih ada kekeliruan, lalu melakukan aktivitas lain

e. Meneliti pekerjaan tersebut apakah masih ada kekeliruan, lalu melakukan aktivitas lain

23. Setelah usai mengerjakan tugas, saya...
A. Langsung melakukan aktifitas lain
B. Istirahat sejenak
C. Mengakses situs jejaring sosial semacam facebook untuk mengetahui kabar terbaru kerabat dan kawan saya
D. Membaca koran
E. Meneliti tugas tersebut apakah masih ada kekeliruan, lalu melakukan aktifitas lain

E. Meneliti tugas tersebut apakah masih ada kekeliruan, lalu melakukan aktifitas lain

24. Kadangkala saya merasa lapar ketika jam kerja, maka yang saya lakukan adalah.....
a. Menyelesaikan pekerjaan terlebih dahulu kemudian makan
b. Meminta izin atasan untuk makan
c. Meminta teman untuk menggantikan kerja sebentar
d. Ke pantry segera membuat makan
e. Pergi ke warung terdekat untuk membeli makan

a. Menyelesaikan pekerjaan terlebih dahulu kemudian makan

25. Saya sedang tidak fokus untuk bekerja karena kelelahan oleh pekerjaan sebelumnya, sikap saya...
A. Izin kepada atasan saya untuk pulang dan beristirahat
B. Beristirahat sejenak dengan harapan dapat lebih sehat nantinya
C. Melimpahkan pekerjaan kepada teman lalu izin kepada atasan untuk pulang
D. Tetap bekerja semampu saya
E. Menyuruh teman saya untuk mengerjakan pekerjaan saya

B. Beristirahat sejenak dengan harapan dapat lebih sehat nantinya

26. Suatu ketika rekan kerja anda banyak yang lembur, sementara anda sudah menyelesaikan pekerjaan, maka anda akan......
a. Ikut lembur karena sungkan
b. Izin pulang dan menyerahkan pekerjaan yang sudah anda selesaikan
c. Ikut lembur dengan keadaan terpaksa
d. Tetap pulang sambil menertawakan teman yang lembur
e. Pulang diam-diam

b. Izin pulang dan menyerahkan pekerjaan yang sudah anda selesaikan

27. Saat akan mengantarkan surat pada sebuah instansi, saya menyadari surat tersebut rusak terkena tumpahan minuman. Saya akan...
A. Panik karena surat tersebut telah ditunggu
B. Segera mencetak surat baru
C. Tetap memberikan surat tersebut dan berpura-pura tidak tahu
D. Tidak jadi memberikan surat tersebut
E. Meminta maaf dan menjelaskan pada pihak instansi dan meminta waktu untuk menyiapkan surat baru

B. Segera mencetak surat baru

28. Sebagai karyawan baru, saya merasa beban tugas cukup berat ditambah lagi dengan adanya deadline. Sikap saya...
A. Mengerjakan semua tugas sambil menggerutu dan merasa kesal
B. Mengerjakan semua tugas setengah-setengah saja yang penting sudang dianggap bertanggung jawab
C. Hanya mengerjakan pekerjaan yang saya senangi
D. Mengkonsumsi obat suplemen untuk mendongkrak tenaga saya dalam menyelesaikan semua tugas
E. Mengerjakan semua tugas dengan senang hati dan berusaha memenuhi target

E. Mengerjakan semua tugas dengan senang hati dan berusaha memenuhi target

29. Karena kesalahan saya, saya diminta untuk lembur kerja memperbaiki pekerjaan saya. Sedangkan saya sudah berjanji membantu ibu saya menyiapkan pengajian di rumah. Sikap saya...
A. Pulang dengan diam-diam tanpa sepengetahuan pimpinan
B. Berpura-pura sakit agar dapat diizinkan untuk segera pulang
C. Menghubungi ibu saya menjelaskan agar melanjutkan persiapan pengajian tanpa saya
D. Bekerja lembur, karena yakin ibu saya pasti memakluminya
E. Meminta izin pimpinan membantu ibu saya dulu kemudian kembali ke kantor untuk bekerja lembur

C. Menghubungi ibu saya menjelaskan agar melanjutkan persiapan pengajian tanpa saya

30. Proposal saya ditolak oleh calon investor karena dianggap kurang visibel. Maka saya akan...
A. Segera melakukan perbaikan atas proposal tersebut dan mengajukannya kembali
B. Menerima penolakan tetapi tidak melakukan tindak lanjut
C. Menyalahkan orang lain karena tidak ikut membantu saya membuat proposal tersebut
D. Menerima penolakan dan berusaha memperbaiki
E. Berusaha mencari alasan seperti sedikitnya waktu untuk mengerjakannya

A. Segera melakukan perbaikan atas proposal tersebut dan mengajukannya kembali

31. Pekerjaan saya menumpuk karena harus menemani keluarga saya yang sedang sakit, maka saya...
A. Meninggalkan pekerjaan begitu saja
B. Berusaha menyelesaikan semaksimal mungkin
C. Berusaha sedikit demi sedikit untuk menyelesaikannya
D. Meminta bantuan rekan untuk menyelesaikan tugas itu
E. Menyuruh teman menggantikan saya

B. Berusaha menyelesaikan semaksimal mungkin

32. Pada saat dituntut menyelesaikan pekerjaan yang cukup banyak, saya...
A. Meninggalkan tugas begitu saja
B. Berusaha mencari penyelesaian yang tidak membutuhkan waktu panjang
C. Berusaha sedikit demi sedikit untuk menyelesaikan walau memakan waktu panjang
D. Meminta bantuan teman untuk menyelesaikan tugas itu
E. Menyuruh teman menggantikan saya

B. Berusaha mencari penyelesaian yang tidak membutuhkan waktu panjang

33. Ketika timbul suatu masalah dalam pekerjaan saya yang mana itu merupakan kewajiban saya, maka saya
A Bertanggung jawab sepenuhnya
B Membiarkan saja masalah tersebut
C Mencari sumber masalah
D Mencari alas an supaya saya tidak dimarahi atasan
E Tidak mau disalahkan dan mencari kambing hitam atas masalah tersebut

A Bertanggung jawab sepenuhnya

34. Di kantor saya termasuk orang yang.....
a. Supel dan mudah akrab
b. Disiplin dan pekerja keras
c. Ulet dan pantang menyerah
d. Pintar dan penuh dengan ide-ide segar
e. Bertanggungjawab dan memiliki kepribadian kuat

e. Bertanggungjawab dan memiliki kepribadian kuat

35. Saat saya akan mengantar laporan pada atasan, saya menyadari bahwa laporan tersebut rusak karena terkena tumpahan minuman. Saya akan.....
a. Panik karena laporan tersebut telah ditunggu
b. Segera mencetak laporan yang baru
c. Tetap memberikan laporan tersebut dan pura-pura tidak tahu
d. Tidak jadi memberikan laporan tersebut
e. Meminta maaf dan menjelaskan pada atasan dan meminta waktu untuk menyiapkan laporan baru

b. Segera mencetak laporan yang baru

36. Setelah menyelesaikan pekerjaan tertentu, saya....
a. Langsung melakukan aktifitas lain
b. Istirahat sejenak
c. Mengakses situs jejaring sosial semacam facebook untuk mengetahui kabar terbaru dari erabat dan kawan saya
d. Membaca koran
e. Meneliti pekerjaan tersebut apakah masih ada kekeliruan, lalu melakukan aktifitas lain

e. Meneliti pekerjaan tersebut apakah masih ada kekeliruan, lalu melakukan aktifitas lain

37. Jika diberikan tugas kantor yang berat oleh atasan, maka saya
A. Jujur mengatakan pada atasan tugasnya terlalu berat
B. Meminta keringanan
C. Meminta rekan kerja membantu
D. Berusaha menyelesaikan sebaik-baiknya
E. Menolak dan berterus terang tugasnya terlalu berat

D. Berusaha menyelesaikan sebaik-baiknya

38. Ketika muncul suatu masalah dalam pekerjaan yang kebetulan ada kaitannya dengan hal hal yang menjadi kewajiban saya, maka saya …
A. Mencari kambing hitam penyebab masalah
B. Akan bertanggung jawab
C. Membiarkan masalah tetap berlangsung
D. Melihat dulu adakah orang lain yang bersalah
E. Mungkin ada pihak lain harus bertanggungjawab

B. Akan bertanggung jawab

39. Saat akhir tahun menjelang penilaian kerja, saya belum sempat mengerjakan laporan pekerjaan. Saya akan....
a. Menggunakan laporan tahun lalu yang mirip dan mengubahnya sedikit
b. Mengambil laporan teman saya dan memodifikasinya supaya terlihat seperti laporan saya
c. Segera mengerjakan laporan  walaupun waktunya sudah sangat terbatas
d. Meminta orang untuk mengerjakan laporan kerja saya
e. Meminta penundaan penilaian karena tidak mau mengerjakan laporan dengan tergesa-gesa

c. Segera mengerjakan laporan  walaupun waktunya sudah sangat terbatas

40. Ketika timbul suatu masalah dalam pekerjaan saya yang mana itu merupakan kewajiban saya maka saya...
a. Bertanggung jawab sepenuhnya
b. Membiarkan saja masalah tersebut
c. Mencari sumber masalah
d. Mencari alasan supaya saya tidak dimarahi atasan
e. Tidak mau disalahkan dan mencari kambing hitam atas masalah tersebut

a. Bertanggung jawab sepenuhnya

41. Dari seluruh pegawai kantor, saya merasa beban tugas saya adalah yang terberat. Untuk itu saya akan....
a. Mengerjakan semua tugas dengan penuh semangat
b. Meminta atasan untuk meninjau beban kerja saya
c. Mengerjakan semua tugas dengan asal-asalan
d. Mengundurkan diri
e. Meminta atasan untuk menugaskan pegawai lain untuk membantu saya

a. Mengerjakan semua tugas dengan penuh semangat

42. Apa yang akan anda lakukan bila anda diperhadapkan dengan perintah tugas keluar kota padahal disaat yang bersamaan tugas di kantor masih menumpuk...
A. Meminta atasan untuk memberikan perpanjangan waktu menyelesaikan tugas tersebut
B. Meminta atasan untuk keluar kota setelah anda menyelesaikan pekerjaan anda
C. Mengkoordinasikan tugas yang dapat dipercayakan kepada rekan kerja, selain tidak menyalahi prosedur pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu
D. Membawa pekerjaan tersebut ke luar kota sehingga dapat diselesaikan tepat waktu
E. Menyelesaikan semampu anda

C. Mengkoordinasikan tugas yang dapat dipercayakan kepada rekan kerja, selain tidak menyalahi prosedur pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu

43. Seluruh pekerjaan di kantor telah selesai saya selesaikan, namun jam kerja hari ini masih tersisa sekitar 3 jam lebih.
a. Saya pergunakan untuk membaca buku-buku pengembangan diri
b. Saya pergunakan untuk chatting dengan kawan lama
c. Saya lebih suka membaca tabloid infotaiment
d. Setelah lelah bekerja hari ini, saya rasa tak ada salahnya mengobrol dengan rekan-rekan kerja lain untuk sekedar mengisi waktu dan menambah ilmu dari mereka
e. Mumpung masih di kantor dengan fasilitas internet, maka saya pergunakan untuk mengakses situs jaringan social

d. Setelah lelah bekerja hari ini, saya rasa tak ada salahnya mengobrol dengan rekan-rekan kerja lain untuk sekedar mengisi waktu dan menambah ilmu dari mereka

44. Tugas anda harus diselesaikan dalam satu minggu. Maka anda akan...
A. Menyelesaikan tugas yang lainnya dulu yang lebih dekat batas waktunya
B. Menumpuk tugas tersebut pada daftar tugas anda
C. Membiarkan tugas tersebut hingga anda tergerak untuk menyelesaikannya
D. Menyelesaikan tugas tersebut manakala sudah ditagih oleh atasan anda
E. Menyelesaikan tugas jika ada yang membantu anda

A. Menyelesaikan tugas yang lainnya dulu yang lebih dekat batas waktunya

45. Dianggap tidak layak sehingga laporan saya ditolak. Sikap saya...
A. Introspeksi diri
B. Segera melakukan perbaikan draft laporan dan mengejukan kembali
C. Menerima penolakan tetapi tidak melakukan tindak lanjut
D. Menerima penolakan dan berusaha memperbaiki
E. Meminta pertanggung jawaban team saya yang lain akan ha ini

D. Menerima penolakan dan berusaha memperbaiki

46. Saya sedang merawat anak saya yang sedang sakit, padahal pekerjaan sudah lewat deadline dan selalu ditanyakan oleh pimpinan. Yang saya lakukan apabila saya diperhadapkan dengan situasi ini adalah...
A. Meminta pengertian kepada atasan anda untukbisa memahami keadaan anda
B. Meminta pengertian kepada keluarga anda untuk bisa memahami keadaan anda
C. Tetap membawa ana anda ke rumah sakit untuk dirawat sembari menyelesaikan pekerjaan anda di sana
D. Lembur di kantor dan meminta keluarga anda yang lain untuk merawat anak anda yang sedang sakit
E. Meminta rekan kerja anda yang lain untuk menyelesaikan pekerjaan anda

C. Tetap membawa ana anda ke rumah sakit untuk dirawat sembari menyelesaikan pekerjaan anda di sana

47. Mendekati deadline tugas kantor yang menjadi tanggungjawab saya, tiba-tiba atasan meminta saya mengerjakan tugas yang menjadi tanggungjawab atasan. Saya akan...
a. Langsung mengerjakan tugas atasan
b. Segera menyelesaikan dulu tugas saya, baru mengerjakan tugas atasan
c. Menolah permintaan atasan dengan halus
d. Menyarankan atasan untuk meminta rekan lain yang sedang tidak ada deadline pekerjaan
e. Memberitahukan kondisi saya pada atasan, tetapi akan menerima jika atasan memaksa

b. Segera menyelesaikan dulu tugas saya, baru mengerjakan tugas atasan

48. Jika Anda diminta melakukan tugas dinas keluar kantor, sementara Anda masih ada tugas di kantor. Sikap Anda....
a. Anda masih ingin menyelesaikan pekerjaan yang saat ini belum diselesaikan
b. Berusaha menyelesaikan tugas tepat waktu agar tidak menumpuk pekerjaan nantinya
c. Membawa tugas tersebut dalam perjalanan dinas
d. Memerintahkan pegawai lain untuk merampungkan tugas Anda
e. Segera berangkat melakukan tugas dinas karena dapat membantu mengurangi tekanan

c. Membawa tugas tersebut dalam perjalanan dinas

49. Karena ada acara keluarga mendadak rekan kerja saya tidak masuk kerja selama beberapa hari. Padahal saat itu kami sedang dikejar deadline untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Saya akan...
  • Mengerjakan tugas sendiri, namun teman saya harus melanjutkan tugas tersebut sendirian setelah ia masuk kerja kembali
  • Menunggu teman saya kembali bekerja untuk menyelesaikannya bersama-sama
  • Membagi pekerjaan menjadi dua bagian dan mengerjakan bagian saya sendiri
  • Menyelesaikan tugas sendirian sambil menunggu teman saya kembali bekerja
  • Mengerjakan tugas, dan meminta bagian honor tugas dari teman saya

d. Menyelesaikan tugas sendirian sambil menunggu teman saya kembali bekerja

50. Saat sedang mengerjakan sebuah tugas bersama, rekan kerja saya tiba-tiba dipindahkan ke bagian lain yang tidak berhubungan dengan bidang saya. Saya akan...
a. Berhenti mengerjakan tugas tersebut
b. Tetap menyelesaikan tugas tersebut karena sudah menjadi tanggung jawab
c. Meminta kepada atasan supaya memberikan rekan kerja baru untuk menyelesaikan tugas tersebut
d. Marah kepada atasan dan tidak mau melanjutkan tugas tersebut
e. Menghadap atasan dan meminta penundaan kepindahan setelah tugas selesai dikerjakan

b. Tetap menyelesaikan tugas tersebut karena sudah menjadi tanggung jawab

Mau Beli Soal Ini?

WA: 0858 755 20085



iklan tengah