Metode Pembelajaran -Objek Studi Geografi

Objek Material

1. Litosfer

Litosfer adalah lapisan kulit bumi yang paling atas dengan ketebalan kurang lebih 66 km. Lapisan litosfer mengikuti bentuk muka bumi yang bulat dan tersusun atas batuan dan mineral.


2. Hidrosfer

Hidrosfer adalah wilayah perairan yang mengelilingi Bumi. Hidrosfer meliputi samudera, laut, sungai, danau, air tanah, mata air, hujan, dan air yang berada di atmosfer.

Baca JugaMateri Geografi SMA Lengkap!

3. Atmosfer

Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti permukaan Bumi. Ketebalan atmosfer kira-kora lebih dari 1.000 km, dimana komposisinya terdiri atas nitorgen, oksigen, karbon dioksida, neon, helium, ozon, kripton, metana, dan xenon.


4. Biosfer

Biosfer adalah tempat kehidupan makhluk hidup dan organisme di bumi. Biosfer meliputi manusia, hewan, tumbuhan, dan organisme lain.

Baca JugaMateri Geografi SMA Lengkap!


5. Pedosfer

Pedosfer merupakan lapisan tanah yang berasal dari batuan yang telah mengalami pelapukan.


6. Antroposfer

Antroposfer merupakan lapisan manusia yang merupakan tema sentral di antara lapisan-lapisan lain. Tema sentral artinya diutamakan dalam kajian.


Objek Formal

Objek formal geografi merupakan metode pendekatan yang digunakan dalam menganalisa suatu masalah yang dilakukan dengan konteks keruangan.

Para ahli geografi Indonesia yang tergabung dalam Ikatan Geograf Indonesia telah sepakat mengenai penentuan objek formal geografi.

Adapun metode atau pendekatan objek formal geografi meliputi beberapa aspek yaitu aspek keruangan (spasial), kelingkungan (ekologi), kewilayahan (regional) dan waktu (temporal).

Baca Juga: Materi Geografi SMA Lengkap!

iklan tengah