10 Unsur-Unsur Peta Lengkap

Peta adalah benda yang sangat berguna, kita bisa mendapatkan informasi tempat dari peta yang kita baca.

Namun, peta menjadi tidak berguna apabila informasi yang disajikan di dalam peta tidak jelas apalagi sampai membuat bingung para pembacanya.

Peta yang baik harus memberikan informasi yang benar agar si pembaca mudah untuk membacanya dan tidak tersesat.

Maka dari itu, dalam pembuatan sebuah peta harus meliputi sepuluh unsur peta. Unsur-unsur tersebut bakal memudahkan pembaca untuk memahami peta.

Judul peta adalah sebuah identitas dari apa yang ada didalam peta. Biasanya judul diletak di bagian pojok kanan atas, atau di bagian yang orang mudah untuk melihatnya. Tanpa adanya judul peta, orang yang membaca bakal kebingungan isi dari peta yang dimilikinya.
Petunjuk arah merupakan komponen yang sangat penting di dalam peta. Dengan adanya petunjuk arah mata angin pembaca dapat mengetahui mana arah barat, timur, selatan, atau utara. Petunjuk arah bisanya disimbolkan dengan mata panah dan huruf U sebagai petunjuk arah utara.
Skala peta menunjukan perbandingan luas sebenarnya dengan luas yang digambarkan di peta.

Skala peta biasanya dinotasikan dengan 1 : sekian, semakin besar skalanya maka semakin besar pula wilayah yang digambarkan pada peta.

Skala peta dibagi menjadi dua, yaitu skala garis dan skala angka.

1. Skala Garis (Grafis)
unsur unsur peta
Skala garis adalah skala peta yang berbentuk garis dengan ukuran perbandingan tertentu. Skala garis biasanya diletakkan di atas legenda atau didalam kolom legenda.

2. Skala Angka (Numerik)
Skala angka adalah skala yang berupa angka, biasanya skala angka diletakan di bagian pojok kanan atas. Contoh dari skala angka :

Peta berskala 1:500.000, artinya 1 cm jarak pada peta sama dengan 500 ribu cm atau 5 km jarak sebenarnya. Peta berskala 1:100.000, artinya 1 cm pada peta sama dengan 100.000 cm atau 1 km jarak sebenarnya.
Sumber peta juga unsur yang tak kalah penting dari unsur-unsur lainnya, dengan adanya sumber peta itu menunjukan kevalidan dan keakuratan data sebuah peta, apakah dari sumber yang terpercaya atau tidak.

Sumber peta adalah nama perseorangan atau lembaga yang menerbitkan peta tersebut, misalnya Bakosurtanal, BPN, dan Jawatan Topografi Angkatan Darat, sementara tahun pembuatan berkaitan dengan kondisi kesesuaian faktual keadaan sebenarnya dengan data yang digambarkan pada peta.
Legenda adalah kumpulan informasi yang ditunjukan pada peta untuk menjelaskan simbol-simbol tertentu. Dengan adanya legenda pengguna peta bisa paham simbol yang ada di dalam peta itu bermakna apa. Biasanya legenda diletakan pada sebuah kotak khusus di samping peta.
Garis astronomis adalah garis yang dapat menunjukan letak astronomis suatu wilayah. Garis astronomis dibagi menjadi dua, yaitu garis lintang dan garis bujur.

Garis lintang adalah garis yang membagi wilayah secara vertikal dan letaknya sejajar dengan khatulistiwa (LU-LS), sedangkan garis bujur adalah garis yang membagi wilayah secara horizontal dan letaknya tegak lurus dengan khatulistiwa (BT – BB).
Simbol merupakan komponen peta yang cukup vital untuk menyampaikan pesan seorang kartograf (pembuat peta) kepada para pengguna peta.

Simbol terletak menyebar di dalam sebuah peta. Simbol yang ada di peta dibagi menjadi beberapa jenis

1. Simbol Titik
Simbol titik digunakan untuk mewakili sebuah tempat, misalnya simbol kota, kecamatan, bandara, stasiun, pelabuhan.

2. Simbol Garis
simbol garis, digunakan untuk mewakili kenampakan sungai, jalan, rel, batas propinsi, batas negara.

3. Simbol Area/Wilayah
Simbol wilayah, digunakan untuk menunjukkan kenampakan area (memiliki volume) seperti rawa, hutan, pesawahan dll.

4. Simbol Aliran
Simbol aliran, digunakan untuk menunjukkan alur atau gerak suatu barang/komoditas.

Simbol Berdasarkan Sifatnya
1. Simbol Kuantitas
simbol kuantitas, digunakan untuk menyatakan kenampakan dalam bentuk jumlah.

2. Simbol Kualitatif
Simbol yang digunakan untuk menunjukan perbedaaan fenomena
Selain dapat menambah daya tarik tampilan sebuah peta, warna ternyata juga dapat menjadi sebuah simbol khusus yang juga digunakan untuk menyampaikan sebuah pesan.

Warna pada peta umumnya digunakan untuk menunjukan perbedaan topografi dari sebuah permukaan bumi. Simbol warna pada peta dibagi menjadi beberapa jenis.

1. Merah dan Hitam
Di dalam sebuah peta, warna merah dan hitam umumnya dipakai sebagai warna sebuah objek hasil budaya umat manusia. Jalan, batas daerah, ibukota, rel kereta api, dan lain sebagainya. Selain itu, warna merah dan hitam juga kerap digunakan untuk menandai apakah sebuah gunung berapi masih aktif atau tidak. Segitiga merah mewakili gunung aktif, sementara warna segitiga hitam mewakili gunung yang tidak aktif.

2. Warna Hijau
Warna hijau termasuk warna yang sering digunakan untuk menandai suatu wilayah. Warna ini dipakai untuk menandai kenampakan vegetasi. Selain itu, warna hijau juga biasa digunakan untuk menandai dataran rendah dengan ketinggian

3. Warna Kuning, Oren, dan Coklat
Ketiga warna diatas mewakili dataran tinggi, warna ditentukan berdasarkan ketinggian tempat

  • Warna kuning muda menggambarkan wilayah dengan ketinggian antara 500 sd 1.000 mdpl.
  • Warna kuning cerah menggambarkan wilayah dengan ketinggian antara 1.000 sd 1.500 mdpl.
  • Warna kuning pekat menggambarkan wilayah dengan ketinggian antara 1.500 sd 2.000 mdpl.
  • Warna oren muda menggambarkan wilayah dengan ketinggian antara 2.000 sd 2.500 mdpl.
  • Warna oren tua menggambarkan wilayah dengan ketinggian antara 2.500 sd 3.000 mdpl.
  • Warna coklat muda menggambarkan wilayah dengan ketinggian antara 3.000 sd 3.500 mdpl.
  • Warna coklat tua menggambarkan wilayah dengan ketinggian antara 3.500 sd 4.000 mdpl.

4. Warna Biru
Untuk wilayah perairan diwakili dengan warna biru, Warna ini memiliki beberapa tingkatan kecerahan untuk menunjukan kedalaman wilayah perairan yang dimaksud.

Semakin pekat warna biru ditunjukan pada sebuah wilayah di peta, maka semakin dalam pula wilayah perairan yang sebenarnya.

Warna biru dapat mewakili wilayah perairan laut, danau, dan sungai. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah

5. Warna Putih
Warna putih adalah warna yang dapat mewakili kenampakan gletser atau lapisan es.
Lettering adalah semua tulisan yang digunakan untuk mempertegas maksud dari sebuah simbol pada peta. Sebagai contoh, sebuah simbol area berbentuk segitiga merah terletak di tengah daratan Provinsi Jawa Tengah.

Para pengguna peta yang awam tentu akan bingung dengan adanya simbol tersebut.

Dengan dilengkapi tulisan “Gunung Merapi”, maka diharapkan para pengguna peta dapat lebih memahami maksud dari simbol segitiga merah yang digambarkan.
Inset adalah sebuah peta kecil yang ada di dalam peta utama, biasanya terletak dibagian bawah.

Berdasarkan fungsinya, inset dibedakan menjadi 3 macam, yaitu inset penunjuk lokasi (untuk menunjukkan letak daerah yang belum dikenali), inset penjelas (untuk memperbesar daerah yang dianggap penting), dan inset penyambung (untuk menyambung daerah yang terpotong di peta utama).

Daftar Pustaka
  1. https://suka-suka.web.id/unsur-unsur-peta-dan-penjelasannya/
  2. dribbble.com

iklan tengah