Soal PPKN: Sumpah Pemuda

1. Berikut yang bukan merupakan asas-asas Tri koro Dharmo adalah ....
A. Membangun pertalian antarmurid bumi putera diberbagai sekolah
B. Peningkatan pengetahuan umum bagi para anggotanya
C. Membangkitkan minat terhadap Bahasa dan budaya di wilayah Indonesia
D. Mengembangkan organisasi menjadi gerakan politik

2. Nama tokoh yang terlibat dalam penyusunan teks sumpah pemuda dalam kongres pemuda II adalah ....
A. Moh Yamin, Mr Soenario, Amir Syarifudin
B. Mr Soenario, Ir Soekarno, Moh Yamin
C. Amir Syarifudin, Soegondo Djojopuspito, Moh Yamin
D. Moh Yamin, Mr Soenario, Soegondo Djojopuspito

3. Organisasi Tri Koro Dharmo memiliki arti ....
A. Tiga organiasasi politik
B. Tiga tujuan mulia
C. Tiga dharma bakti
D. Tiga kemuliaan

4. Hari sumpah pemuda diperingati setiap tanggal ....
A. 28 Agustus
B. 28 Oktober
C. 28 November
D. 10 November

5. Anjuran agar penduduk yang mendiami Nusantara ini menggunakan bahasa Melayu sebagai bahas pengantar dan Bahasa persatuan dilontarkan oleh ....
A. Moh. Yamin
B. Amir Syarifuddin
C. Moh. Hatta
D. Ir. Soekarno

6. Hal-hal berikut yang bukan menjadi pendorong lahirnya sumpah pemuda ialah ....
A. Terpecah belahnya bangsa Indonesia
B. Kegelisahan kaum muda Indonesia atas nasib bangsa Indonesia 
C. Tidak adanya niat baik penjajah Belanda dalam membangun Indonesia
D. Penjajah Belanda yang merestui Kongres Pemuda II

7. Sejumlah pemuda di Bandung mendirikan perkumpulan Jong Indonesia pada awal tahun 1927. Tujuannya adalah menyebarkan dan memperkuat cita-cita kebangsaan Indonesia Bersatu. Salah satu cita-cita untuk mewujudkannya adalah ....
A. Memajukan kepanduan kebangsaan Indonesia
B. Memetingkan Gerakan social ekonomi
C. Menyebarkan semangat Indonesia merdeka
D. Memajukan ekonomi anggotanya

8. Nilai utama yang dipetik dari peristiwa sumpah pemuda ialah ....
A`. Adanya semangat kesatuan dan persatuan bangsa
B. Sikap keberanian para pemuda
C. Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
D. Semangat pertempuran melawan belanda

9. Selain menetapkan Sumpah Pemuda Kongres Pemuda II juga menetapkan ....
A. Lagu Indonesia raya sebagai lagu kebangsaan
B. Soekarno sebagai calon presiden Indonesia
C. Bendera merah putih sebagai bendera kebangsaan Indonesia
D. Bahasa melayu sebagai Bahasa persatuan

10. Makna dari kalimat kedua sumpah pemuda adalah ....
A. Memegang teguh prinsip bersatu tanah air Indonesiaku
B. Bahasa Indonesia sebagai Bahasa pemersatu
C. Pemuda pemudi Indonesia ikrar bersama-sama
D. Bersatunya suku-suku bangsa Indonesia

11. Sebagai seorang pelajar hendaknya mampu menerapkan salah satu aspek sumpah pemuda, yaitu satu bangsa, dengan cara ....
A. menjaga keutuhan wilayah Indonesia menjadi relawan
B. berteman dengan siapa saja tanpa membedakan suku, agama, dan budaya
C. menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar
D. tidak menyebarkan hoax yang memicu perpecahan wilayah Indonesia

12. Sumpah pemuda menegaskan bahwa Bahasa persatuan adalah Bahasa Indonesia, dalam masa kemerdekaan, Bahasa Indonesia berfungsi sebagai antar suku ....
A. Bahasa negara
B. Bahasa pengantar
C. Alat edukasi
D. Alat komunikasi

13. Konggres kedua sumpah pemuda pada tahun 1928 diselenggarakan di ....
A. Surabaya
B. Yogyakarta
C. Jakarta
D. Sumatra

14. Perbedaan dapat diselesaikan dengan jalan ....
A. Musyawarah
B. Pertengkaran
C. Gotong royong
D. Kerja bakti

15. Hasil kesepakatan kongres 1 adalah ....
A. punya cita-cita sama yakni Indonesia merdeka
B. membuat strategi perang melawan penjajah
C. membuat sekolah-sekolah didaerah
D. menggalan kekuatan pemuda untuk masuk pemerintah Belanda

16. Bangsa Indonesia meraih kemerdekaan dikarenakan rakyat Indonesia mempunyai tekad yang sama yaitu ....
A. Persatuan dan kesatuan
B. Rela berkorban
C. Berani mati
D. Ikhlas

17. Ketua Konggres Pemuda I 30 April-2 Mei 1926 adalah .... 
A. M.Yamin
B. M.Tabrani
C. M.Yusup
D. M.Hatta

18. Pengaruh sumpah pemuda 1928 bagi perjuangan bangsa Indonesia adalah ....
A. Memperkuat semangat dan tekad para pemuda untuk bersatu
B. Membangkitkan kesadaran nasional
C. Belanda bersikap lunak kepada pejuang Indonesia
D. Mempercepat proses kemerdekaan Indonesia

19. Salah satu tokoh yang lahir dari Jong Minahasa adalah ...
A. Sam Ratulangi
B. Moh. Hatta
C. Moh. Yamin
D. Bahder Johan

20. Bahasa persatuan Indonesia adalah bahasa ....
A. Bali
B. Indonesia
C. Jawa
D. Sunda

21. Nama tokoh yang terlibat dalam penyusunan teks sumpah pemuda dalam kongres pemuda II adalah ....
A. Moh Yamin, Mr Soenario, Amir Syarifudin
B. Mr Soenario, Ir Soekarno, Moh Yamin
C. Amir Syarifudin, Soehondo Djojopuspito, Moh Yamin
D. Moh Yamin, Mr Soenario, Soehondo Djojopuspito

22. Saat terjadi sumpah pemuda, Indonesia masih dijajah oleh negara ....
A. Inggris
B. Belanda
C. Portugis
D. Jepang

23. Banyaknya suku bangsa di di Indonesia bukan merupakan sumber perpecahan, melainkan sebagai sumber dari ....
A. Ketekunan bangsa
B. Kekayaan budaya
C. Kelemahan bangsa
D. Kekayaan alam

24. Pita bertuliskan Bhineka Tunggal Ika terdapat di Garuda Pancasila di bagian....
A. Leher garuda
B. Perisai dada Garuda
C. Ekor Garuda
D. Dicengkram kaki Garuda

25. Sebelum sumpah pemuda, bangsa Indonesia dahulu sulit mengusir penjajah. Sebabnya karena tidak adanya ....
A. Persatuan
B. Pemimpin
C. Senjata
D. Pendidikan

26. Wilayah Indonesia disebut pula dengan istilah ....
A. Sunda kelapa
B. Tanah rencong
C. Negeri atas angin
D. Nusantara

27. Kehadiran organisasi Boedi Oetomo sering dianggap sebagai kelahiran kaum pelajar bangkit. hal ini disebabkan karena ....
A. para pemuda didaerah dapat menunjukan jati diri dan kemampuanya
B. generasi muda mendapat peluang untuk memasuki sekolah-sekolah modern
C. organisasi ini menjadi semangat bagi para pemuda pelajar untuk berorganisas
D. gerakan pemuda dapat menjelma menjadi sebuah gerakan politik

28. Sumpah Pemuda telah mendorong bangsa Indonesia untuk ....
A. Bermusuhan sesama bangsa
B. Berperang sesama bangsa
C. Bergabung dengan penjajah
D. Bersatu seluruh bangsa Indonesia

29. Sejumlah pemuda di Bandung mendirikan perkumpulan Jong Indonesia pada awal tahun 1927. Tujuannya adalah menyebarkan dan memperkuat cita-cita kebangsaan Indonesia Bersatu. Salah satu cita-cita untuk mewujudkannya adalah ....
A. Memajukan kepanduan kebangsaan Indonesia
B. Memetingkan Gerakan social ekonomi
C. Menyebarkan semangat Indonesia merdeka
D. Memajukan ekonomi anggotanya

30. Bhineka tunggal ika mempunyai arti ....
A.Berbeda-beda namun tetap sama
B. Berbeda-beda namun tetap berbudaya
C.Berbeda-beda namun tetap satu jua
D. Berbeda-beda namun tetap rukun

31. Organisasi kepemudaan yang menggagas diselenggarakannya kongres Pemuda II adalah ....
A. Jong Sumantra Bond
B. Tri Koro Dharmo
C. Partai Nasional Indonesia
D. Perimpunan Pelajar-pelajar Indonesia

32. Banyaknya suku bangsa di di Indonesia bukan merupakan sumber perpecahan, melainkan sebagai sumber dari ....
A. Ketekunan bangsa
B. Kekayaan budaya
C. Kelemahan bangsa
D. Kekayaan alam

33. Sebagai seorang pelajar hendaknya mampu menerapkan salah satu aspek sumpah pemuda, yaitu satu bangsa, dengan cara ....
A. menjaga keutuhan wilayah Indonesia menjadi relawan
B. berteman dengan siapa saja tanpa membedakan suku, agama, dan budaya
C. menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar
D. tidak menyebarkan hoax yang memicu perpecahan wilayah Indonesia

34. Sebelum sumpah pemuda, bangsa Indonesia dahulu sulit mengusir penjajah. Sebabnya karena tidak adanya ....
A. Persatuan
B. Pendidikan
C. Pemimpin
D. Senjata

35. Konggres kedua sumpah pemuda pada tahun 1928 diselenggarakan di ....
A. Surabaya
B. Yogyakarta
C. Jakarta
D. Sumatra

36. Satu nusa berarti satu ....
A. Bahasa
B. Tanah air
C. Budaya
D. Kesatuan

37. Hasil kesepakatan kongres 1 adalah ....
A. punya cita-cita sama yakni Indonesia merdeka
B. membuat strategi perang melawan penjajah
C. membuat sekolah-sekolah didaerah
D. menggalan kekuatan pemuda untuk masuk pemerintah Belanda

38. Para pemuda Indonesia pada zaman dahulu melakukan sumpah pemuda agar dapat ....
A. Menjadi penguasa
B. Terus sekolah
C. Bersatu mengusir penjajah
D. Menjadi tentara

39. Salah satu tokoh yang lahir dari Jong Minahasa adalah ....
A. Sam Ratulangi
B. Moh. Hatta
C. Moh. Yamin
D. Bahder Johan

40. Kebangkitan perjuangan pergerakan kebangsaan Indonesia dalam mengusir penjajahan ditandai dengan kelahiran ....
A. Budi Utomo
B. Sumpah Pemuda
C. kongres Pemuda I
D. Kongres Pemuda 2

41. kongres pemuda tri koro dharmo diadakan di . . . .
A. yokyakarta
B. semarang
C. sampang
D. solo

42. pola perubahan perjuangan bangsa Indonesia untuk memperoleh kemerdekaan setelah kebangkitan nasional adalah ....
A. mengandalkan kekuatan fisik
B. memperkuat persenjataan
C. melakukan diplomasi dan pembentukkan organisasi modern
D. kharismatik pemimpin

43. Di bawah ini yang merupakan ketua dari Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia ( PPPI ) adalah ....
A. Sugondo Djojopoespito
B. Sarmidi Mangoensarkoro
C. Poernomowoelan
D. Sunario

44. Hikmah yang dapat diambil dari kongres pemuda tahun 1928 adalah ....
A. kehadiran organisasi kedaerahan
B. Terwujudnya persatuan dan kesatuan pemuda Indonesia
C. Lahirnya organisasi kepemudaan di Indonesia
D. dicapaianya kemerdekaan bangsa Indonesia

45. M. Yamin merupakan sekretaris pada kongres pemuda yang berasal dari organisasi . . . .
A. PPPI
B. Jong Java
C.Jong Sumatranen Bond
D. Pemoeda Indonesia

46. Perhatikan Pernyataan di bawah ini!
1. Cinta tanah air dan bangsa
2. Menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari
3. Menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar
4. Menjaga persatuan dan kesatuan Sikap yang menunjukkan semangat sumpah pemuda adalah ....
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 1, 3, 4
D. 1, 2, 3

47. Nilai-nilai yang dapat diambil dari peristiwa Sumpah Pemuda adalah ....
A. keberanian
B. persatuan
C. kejujuran
D. tanggung jawab

48. Kongres Pemuda II selain menghasilkan ikrar Sumpah Pemuda, di perdengarkan pula lagu ....
A. Indonesia Raya ciptaaan Wage Rudolf Supratman
B. Satu Nusa Satu bangsa Ciptaan L. Manik
C. Indonesia Pusaka Ciptaan Ismail Marzuki
D. Bagimu Negeri Ciptaan Kusbini

49. "Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia". Pernyataan tersebut menunjukkan adanya ....
A. keinginan menjadi bagian dari bangsa Indonesia
B. perasaan kebangsaan yang menjiwai para pemuda
C. tekad melawan segala bentuk penjajahan barat
D. keinginan untuk mewujudkan kemerdekaan

50. Pelopor kongres pemuda Indonesia II d Jakarta tanggal 27-28 Oktober 1928 adalah ....
A. Jong Java dan pemuda kaum betawi
B. Perhimpunan Indonesia
C. Pemuda Indonesia
D. Perhimpunan pelajar-pelajar Indonesia

51. Di bawah ini adalah tindakan yang dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan pemuda di lingkungan masyarakat adalah adalah ....
A. anggota karang taruna saling bekerjasama membantu korban banjir
B. mengikuti upacara peringatan sumpah pemuda di sekolah
C. bekerjasama membersihkan lingkungan sekolah
D. membantu saudara menyelesaikan pekerjaan rumah

52. Suasana kongres Pemuda II berlangsung sangat tegang. Lagu Indonesia Raya karya cipta W.R Supratman yang ingin diperkenalkan sebagai lagu kebangsaan hanya dapat diperdengarkan melalui alunan musik biola. Hal tersebut terjadi selama kongres pemuda berlangsung banyak polisi Belanda yang mengawasai dan banyak larangan yang harus ditaati oleh peserta kongres, antara lain seperti berikut ini, kecuali ....
A. tidak boleh membicarakan soal-soal politik
B. arak-arakan kepanduan harus dibatalkan
C. tidak boleh mendatangi pemuda pelajar dari daerah-daerah
D. pengurus tidak boleh membawa atau memasang papan dan spanduk yang berisi semboyan apapun

53. Kehadiran organisasi Boedi Oetomo sering dianggap sebagai kelahiran kaum pelajar bangkit. hal ini disebabkan karena ....
A. para pemuda didaerah dapat menunjukan jati diri dan kemampuanya
B. generasi muda mendapat peluang untuk memasuki sekolah-sekolah modern
C. organisasi ini menjadi semangat bagi para pemuda pelajar untuk berorganisasi
D. gerakan pemuda dapat menjelma menjadi sebuah gerakan politik

54. Peran Pelajar dalam mewarisi nilai-nilai kebangsaan antara lain dapat dilakukan dengan ....
A. memakai seragam sekolah
B. menengok teman yang sedang sakit
C. tidak menyontek saat ulangan
D. mengikuti upacara bendera setiap hari senin dengan khidmat

55. Berikut yang bukan merupakan asas-asas Tri koro Dharmo adalah ....
A. Membangun pertalian antarmurid bumi putera diberbagai sekolah
B. Peningkatan pengetahuan umum bagi para anggotanya
C. Membangkitkan minat terhadap Bahasa dan budaya di wilayah Indonesia
D. Mengembangkan organisasi menjadi gerakan politik

56. Berbagai upaya pemerintah kolonial Belanda untuk menghambat laju pergerakan perjuangan bangsa Indonesia terus dilakukan, diantaranya ....
A. Pengawasan ketat terhadap organisasi atau partai politik serta penangkapan terhadap para pemimpinnya
B. Pengawasan ketat terhadap organisasi atau partai politik serta membubarkan organisasinya
C. Partai-partai politik berkembang
D. Pengawasn terhadap organisasi atau partai politik dan untuk dibubarkan

57. Dalam masyarakat kita dikenal sikap saling mengembangkan, saling mengasihi dan saling melindungi diantara warga masyarakat. Semboyan silih asah, asih dan asuh adalah nilai kekeluargaan yang ada di masyarakat ....
A. Jawa tengah
B. Jawa barat
C. Jawa timur
D. DIY

58. Pada Tanggal 23 September 1927, empat orang pemimpin 'Perhimpunan Indonesia' (di Den Haag Belanda) yaitu Mohammad Hatta, abdul madjid, Djojodiningrat, ali sastroamidjojo, dan Nazir Datuk Pamuntjak, ditangkap dan dipenjarakan di negeri Belanda. Mereka dituduh menghasut rakyat Indonesia untuk memberontak melalui tulisan-tulisan yang dimuat dalam majalah ....
A. Indonesia merdeka
B. Pikiran Rakyat
C. Indonesia Raya
D. Indonesia Jaya

59. Menurut Moh. Yamin ada 5 faktor yang bisa mempersatukan Indonesia, yaitu ....
A. Sejarah, Agama, Kepanduan, Bahasa dan Kemauan
B. Kemauan, Agama, Pendidikan, Adat dan Bahasa
C. Sejarah, Bahasa, Hukum Adat, Pendidikan dan Kemauan
D. Hukum Adat, Agama, Kemauan, Kedisplinan, dan Sejarah

60. Kehadiran organisasi Boedi Oetomo sering dianggap sebagai kelahiran kaum pelajar bangkit. hal ini disebabkan karena ....
A. para pemuda didaerah dapat menunjukan jati diri dan kemampuanya
B. generasi muda mendapat peluang untuk memasuki sekolah-sekolah modern
C. organisasi ini menjadi semangat bagi para pemuda pelajar untuk berorganisasi
D. gerakan pemuda dapat menjelma menjadi sebuah gerakan politik

61. Semangat sumpah pemuda perlu kita jaga. Tujuannya ....
A. Agar Indonesia menjadi negara adikuasa
B. Agar persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga
C. Agar bisa menjadi negara imperialis
D. Agar indonesia bisa menakuti dunia

62. Organisasi kepemudaan daerah yang anggotanya berasal dari pelajar Jawa, Bali, dan Madura adalah ....
A. jong sumatranen bond
B. jong celebes
C. tri koro dharmo
D. pemuda betawi

63. organisasi tri koro dharmo mengadakan kongres pertama dengan hasil ....
A. menciptakan cita-cita kemerdekaan
B. mempererat tali silaturahmi
C. bergabung dengan organisasi kepemudaan lain
D. mengubah nama menjadi jong java

64. Arti penting sumpah pemuda bagi bangsa Indonesia adalah ....
A. Menghilangkan sifat kedaerahan dan sukuisme
B. Menghilangkan sifat permusuhan
C. Menghargai HAM
D. Menghilangkan sikap patriot

65. Berikut ini hal yang harus dihindari dalam hidup berbangsa dan bernegara, yaitu ....
A. Menghormati suku yang lain
B. Tawuran karena berbeda suku atau daerah
C. Mempelajari budaya daerah
D. Menonton pementasan budaya daerah lain

66. Dengan semangat Sumpah Pemuda, kita harus mencintai tanah air dengan ....
A. Mengembangkan kebudayaan daerah
B. Memegang teguh Bhinneka Tunggal Ika
C. Memelihara lingkungan bebas narkoba
D. Hidup bersama dengan berbagai suku bangsa

67. Pada masa pergerakan nasional yang berlangsung dari awal abad ke-20 hingga masa awal kemerdekaan perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan tidak terlepas dari peranan pemuda dan golongan cendekiawan yang berusaha keras menyebarluaskan ide nasionalisme. Manakah dibawah ini perbandingan yang paling tepat antara perjuangan yang golongan pemuda dan cendekiawan pada kedua masa yaitu ....
A. diawal abad ke-20 dipimpin oleh golongan terpelajar sedangkan di awal kemerdekaan dipimpin oleh golongan militer dan cendekiawan.
B. diawal abad ke-20 upaya memperjuangkan berdirinya negara Indonesia yang merdeka sedangkan diawal kemerdekaan perjungan lebih ke dalam upaya mempertahankan kemerdekaan.
C. diawal abad ke-20 perjuangan bergantung pada sosok pemimpin sedangkan diawal kemerdekaan perjuangan dilakukan sesuai dengan hasil perundingan dengan pihak asing.
D. diawal abad ke-20 upaya diplomasi menjadi cara yang paling utama sedangkan diawal kemerdekaan perlawanan fisik dengan kekuatan militer lebih diutamakan daripada diplomasi. “Dibelakang memberikan dorongan” adalah salah satu asas Taman Siswa yang saat ini digunakan sebagai semboyan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. Dalam

68. bahasa Jawa, asas ini dikenal dengan istilah ....
A. Ing Madyo Mangun Karso
B. Tut Wuri handayani
C. Ing ngarso sung tulodo
D. gemah ripah repeh rapih

69. Kongres Pemuda I belum menghasilkan keputusan yang menggembirakan. Hal ini terjadi karena ....
A. masih melekatnya semangat egosentrisme pada para peserta kongres
B. Kongres yang berlangsung kacau
C. Masih ada poin-poin Kongres Pemuda I yang rancu
D. Kongres ini mendapat pengamanan dari Belanda

70. Selain melahirkan Sumpah Pemuda, Kongres Pemuda II melahirkan sebuah organisasi yang bernama ....
A. Partai nasional Indonesia
B. Partai Indonesia Raya
C. Perhimpunan Indonesia
D. Indonesia Muda

1. Berikut ini nilai-nilai luhur dari sumpah pemuda, kecuali ....

a. Semangat persatuan

b. Cinta tanah air

c. Menang sendiri

d. Toleransi


Jawaban: 

c. Menang sendiri

  


2. Kita harus menjaga persatuan di lingkungan ....

a. Keluarga

b. Sekolah

c. Masyarakat

d. Semua tempat


Jawaban: 

d. Semua tempat



3. Bahasa persatuan Indonesia adalah bahasa ....

a. Bali

b. Indonesia

c. Jawa

b. Sunda


Jawaban: 

b. Indonesia



4. Sumpah Pemuda telah mendorong bangsa Indonesia untuk ....

a. Bermusuhan sesama bangsa

b. Berperang sesama bangsa

c. Bergabung dengan penjajah

d. Bersatu seluruh bangsa indonesia


Jawaban: 

d. Bersatu seluruh bangsa indonesia



5. Arti penting sumpah pemuda bagi bangsa Indonesia di antaranya adalah sebagai berikut, kecuali

a. Menjadi alat pemersatu para pemuda

b. Bergabung dengan penjajah

c. Menambah semangat untuk mengusir penjajah

d. Menyatukan seluruh pemuda menjadi satu bangsa


Jawaban: 

b. Bergabung dengan penjajah



6. Pentingnya menjaga persatuan bangsa di antaranya adalah sebagai berikut, kecuali

a. Indonesia bangga menjadi antek negara lain

b. Negara Indonesia tetap terjaga

c. Terhindar dari perpecahan bangsa

d. Terhindar dari kerusuhan dan peperangan antar daerah


Jawaban: 

a. Indonesia bangga menjadi antek negara lain



7. Semangat Sumpah Pemuda perlu kita jaga. Tujuannya adalah ....

a. Agar persatuan dan kesatuan bangsa dapat terjaga

b. Agar kita bisa menjajah bangsa lain

c. Agar bangsa Indonesia bisa menakuti dunia

d. Agar negara Indonesia menjadi negara adikuasa


Jawaban: 

a. Agar persatuan dan kesatuan bangsa dapat terjaga



8. Contoh sikap yang baik dalam membina persatuan di lingkungan sekolah adalah ....

a. Berkelahi dengan teman

b. Mengejek teman yang bodoh

c. Berteman dengan siapa saja

d. Pilih-pilih teman sedaerah saja


Jawaban: 

c. Berteman dengan siapa saja



9. Pihak-pihak yang wajib menjaga kerukunan dan persatuan di sekolah adalah ....

a. Siswa

b. Guru

c. Kepala Sekolah

d. Semua warga sekolah


Jawaban: 

d. Semua warga sekolah



10. Berikut ini yang tidak termasuk isi sumpah pemuda adalah ....

a. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia

b. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

c. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbudaya yang satu, budaya Indonesia.

d. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.


Jawaban: 

c. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbudaya yang satu, budaya Indonesia. 

iklan tengah