Proses Pembentukan Tambang

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang kaya akan bahan tambang. Beraneka bahan tambang yang tersedia di Indonesia, sebagai berikut:


Minyak bumi dan gas bumi merupakan sumber energi utama yang saat ini banyak dipakai untuk keperluan industri, transportasi, dan rumah tangga.

Adapun daerah persebaran minyak bumi di Indonesia, sebagai berikut.

a. Sumatera
Pereula dan Lhokseumawe (Aceh), Sungai Panking dan Dumai (Riau), Plaju, Sungai Gerong dan Muara Enim (Sumatera Selatan)

b. Jawa
Jati Barang Majalengka (Jawa Barat), Wonokromo, Delta (Jawa Timur), Cepu, Cilacap (Jawa Tengah)

c. Kalimantan
Pulau Tarakan, Balikpapan, Pulau Bunyu dan Sungai Mahakam (Kalimantan Timur), Rantau, Tanjung, dan Amuntai (Kalimantan Selatan)

d. Maluku
Pulau Seram dan Tenggara

e. Papua
Klamono, Sorong, dan Babo

Lihat materi lengkap DISINI

Batu bara adalah batuan sedimen yang terbentuk dari sisa tumbuhan yang telah mati dan mengendap selama jutaan tahun yang lalu.

Unsur-unsur penyusun batu bara dalah karbon, hidrogen, dan oksigen. Energi yang dihasilkan batu bara bisa digunakan untuk pembangkit listrik, untuk keperluan rumah tangga (memasak), pembakaran pada industri batu bara atau genting, semen, batu kapur, bijih besi, dan baja, industri kimia, dan lain-lain.

Pertambangan batu bara di Kalimantan terdapat di Kalimantan Timur (Lembah Sungai Berau dan Samarinda), Sumatera Barat (Ombilin dan Sawahlunto), dan Sumatera Selatan (Bukit Asam dan Tanjung Enim).

Lihat materi lengkap DISINI

Bauksit adalah sumber bijih utama untuk menghasilkan alumunium. Bauksit bermanfaat untuk industri keramik, logam, kimia, dan metalurgi.

Bauksit ditambang di daerah Riau (Pulau Bintan) dan Kalimantan Barat (Singkawang).

Lihat materi lengkap DISINI

Pasir besi dimanfaatkan untuk industri logam besi dan industri semen.

Aktivitas penambangna pasir besi sebagai potensi sumber daya tambang di Indonesia dapat ditemukan di Cilacap (Jawa Tengah), Sumatera, Lombok, Yogyakarta, Gunung Tegak (Lampung), Pegunungan Verbeek (Sulawesi Selatan), dan Pulau Sebuku (Kalimantan Selatan).

Lihat materi lengkap DISINI

Emas umumnya dimanfaatkan untuk perhiasan.

Emas ditambang di Jawa Barat (Cikotok dan Pongkor), Papua (Freeport, Timika), Kalimantan Barat (Sambas), Aceh (Meulaboh), Sulawesi Utara (Bolaang Mongondow, Minahasa), Riau (Logos), dan Bengkulu (Rejang Lebong).

Lihat materi lengkap DISINI

Timah dimanfaatkan sebagai bahan baku logam pelapis, solder, cendera mata, dan lain-lain.

Aktivitas penambangan timah sebagai potensi sumber daya tambang di Indonesia terdapat di Sungai Liat (Pulau Bangka), Manggara (Pulau Belitung), dan Dabo (Pulau Singkep) serta Pulau Karimun.

Lihat materi lengkap DISINI

Tembaga banyak dimanfaatkan dalam peralatan listrik, industri konstruksi, pesawat terbang, kapal lau, atap, pipa ledeng, dekorasi rumah, mesin-mesin pertanian, pengatur suhu ruangan, dan lain-lain. Aktivitas penambangan tembaga terdapat di Papua oleh PT. Freeport.

Lihat materi lengkap DISINI

Nikel adalah bahan paduan logam yang banyak digunakan pada industri logam. Nikel sebagai potensi sumber daya tambang di Indonesia ditambang di daerah Soroako, Sulawesi Tenggara

Daerah lain yang memiliki potensi nikel adalah Papua dan Maluku.

Lihat materi lengkap DISINI

Aspal digunakan sebagai bahan utama pembuatan jalan. Aspal sebagai potensi sumber daya tambang di Indonesia ditambang di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara.

Lihat materi lengkap DISINI

Mangan banyak digunakan untuk proses pembuatan besi baja, pembuatan baterai kering, keramik, gelas, dan sebagainya. Mangan sebagai sumber daya tambang di Indonesia yang dtambang di daerah Tasikmalaya (Jawa Barat), Kiripan (Yogyakarta), dan Martapura (Kalimantan Selatan).

Lihat materi lengkap DISINI

Belerang sebagai potensi sumber daya tambang di Indonesia banyak ditemukan di Gunung Welirang, Jawa Timur dan Gunung Patuha, Jawa Barat.

Lihat materi lengkap DISINI

Marmer terbentuk dari proses malihan batu gamping atau batu kapur. Suhu dan tekanan bekerja pada batu gamping karena adanya tenaga endogen atau tenaga dari dalam bumi.

Marmer banyak digunakan untuk seni pahat, patung, meja, dinding, lantairumah, dan lain-lain.

Marmer sebagai potensi sumber daya tambang di Indonesia ditambang di Tulungagung (Jawa Timur), Lampung, dan Makassar.

Lihat materi lengkap DISINI

Yodium digunakan sebagai bahan baku utama untuk laruran obat dalam alkohol, kesehatan, herbisida, industri desinfektan, serta digunakan dalam garam agar lebih sehat.

Yodium sebagai potensi sumber daya tambang di Indonesia ditambang di Semarang (Jawa Tengah) dan Mojokerto (Jawa Timur)

Lihat materi lengkap DISINI

iklan tengah